Khasiat Buah Semangka bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Semangka Bermanfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Semangka merupakan buah yang disukai banyak orang karena rasanya yang manis. Buah yang masih masuk dalam kategori labu-labuan dan suku ketimun ini juga terkenal karena ukurannya yang besar. Isi buahnya berwarna merah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Dan tentu saja buah ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kita bisa mengkonsumsi semangka secara langsung atau mengolahnya menjadi segelas jus segar, tergantung selera masing-masing. Anda bahkan bisa menyajikan potongan buah semangka dingin untuk menghilangkan dahaga. Berbicara tentang semangka, mari kita membedah lebih dalam tentang kandungan gizi semangka dan mengetahui manfaatnya.

Manfaat Semangka bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan vitamin buah semangka terdiri dari vitamin C, vitamin A, Vitamin B1, B5 serta B6, dan mineral lain seperti Kalium dan Magnesium. Vitamin tersebut membuat semangka dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan.

  1. Baik untuk Jantung

Semangka mengandung likopen yang tinggi. Likopen merupakan antioksidan yang berguna bagi kesehatan jantung kita. Semangka juga mengandung citruline dan arginine yang bisa menjaga sirkulasi darah dari dan ke jantung.

  1. Mengatasi Nyeri Otot

Jika otot terasa pegal, maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi jus semangka. Atlet yang mengkumsumsi setidaknya 16 ons jus semangka cenderung terhindar dari cedera otot saat olahraga.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kalium pada buah semangka bisa membantu ginjal dalam menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Semanga juga bisa mengurangi kadar asam sehingga mencegah pembentukan batu ginjal yang berbahaya.

  1. Menurunkan Resiko Stroke

Karetenoid membantu mencegah pengerasan dinding pembuluh darah arteri dan vena sehingga aliran darah tetap lancar. Selain itu kalium juga mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi. Dengan demikian kita bisa terhindar dari penyakit stroke jika rutin mengkonsumsi buah ini.

  1. Menjaga Kejantanan Pria

Semangka juga dikenal bisa menjaga vitalitas pria. Bahkan penelitian dari Science Daily menyebut bahwa semangka bisa mengurangi dan mengobati impotensi. Dengan kata lain semangka merupakan obat mujarab yang dibutuhkan pria tanpa khawatir akan efek sampingnya.

Manfaat Semangka bagi Kecantikan Kulit

Setelah mengetahui tentang manfaat buah semangka untuk kesehatan, mari kita mengenal lebih jauh tentang manfaat semangka untuk kecantikan dan perawatan kulit wanita. Apa saja?

  1. Anti Penuaan Dini

Vitamin A, C, dan likopen bisa menangkal radikal bebas yang membuat kulit keriput. Jika Anda sering terpapar sinar matahari secara langsung, mengkonsumsi dan menggunakan semangka sebagai masker bisa membantu mencegah penuaan dini.

  1. Menjaga Kelembapan Kulit

Kandungan air yang tinggi membuat semangka cocok dibuat sebagai masker wajah alami. Air yang terkandung pada buah ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit agar tidak kering dan bersisik.

  1. Mengurangi Minyak Wajah

Wanita yang memiliki tipe kulit berminyak bisa menggunakan semangka sebagai perawatan kulit alami yang rutin. Kandungan vitamin A pada semangka bisa merawat pori-pori dan meminimalisir produksi minyak di wajah. Anda bisa menggunakan masker semangka untuk perawatan mingguan.

Nah, ternyata ada banyak manfaat buah semangka bagi kesehatan dan kecantikan kulit kita. Pastikan bahwa buah semangka kini menjadi salah satu asupan penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Semangka merupakan buah musiman yang ada di waktu tertentu saja. Jadi, penuhi kebutuhan gizi dan mineral tubuh dengan mengkonsumsi buah semangka secara wajar dan tidak berlebihan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *