Khasiat Cuka Apel bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Apel menjadi buah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Bahkan ada sebuah pepatah dalam bahasa inggris yang begitu populer di kalangan masyarakat dunia “an apple a day, keep the doctor away”. Pepatah tersebut menggambarkan betapa besarnya manfaat yang bisa kita dapat dari buah yang satu ini. Apel sendiri bisa dikonsumsi langsung atau mengolahnya menjadi jus yang segar untuk diminum. Alternatif lain, Anda bisa mengolahnya menjadi cuka apel yang menjadi salah satu minuman unik yang terkenal di Eropa dan Amerika Utara. Ada banyak orang yang mengkonsumsi cuka apel untuk merasakan manfaat cuka apel untuk kesehatan mereka. Lalu, bagaimana perspektif medis tentang cuka apel yang sering digunakan untuk kesehatan dan juga kecantikan wajah?

Cuka Apel Memiliki Khasiat bagi Kesehatan Tubuh Kita

Jika ditarik ke belakang, cuka apel sudah dikejal sejak zaman Yunani sebagai salah satu obat herbal yang digunakan oleh tabib pada masa itu. Sama halnya dengan buah dan minyak zaitun, cuka apel sering digunakan sebagai obat untuk dikonsumsi hingga obat topikal berkat kandungan gizi yang tinggi. Proses pembuatan cuka apel sendiri memakan waktu yang cukup lama. Langkah awal adalah dengan menghancurkan buah apel dan menggilingnya hingga air sari apel dikeluarkan semua. Buah apel utuh pun berubah menjadi sebuah ampas setelah semua sarinya diperas dan ditampung dalam sebuah wadah. Lalu ditambahkan pula ragi dan bakteri guna memulai proses fermentasi. Proses tersebut biasanya memakan waktu hingga berminggu-minggu hingga akhirnya masyarakat Yunani kuno bisa mengkonsumsinya.

Di era yang modern seperti ini, tentu saja Anda tidak perlu melewati semua tahap tersebut. Anda bisa membeli produk kemasan yang sudah tersedia di supermarket terdekat. Salah satu merk yang cukup populer di Indonesia adalah cuka apel Tahesta. Ada pula beberapa brand lain yang bisa dipilih sesuai dengan harga dan ukuran kemasan yang diinginkan. Sekarang, mari kita mengenal lebih dekat apa manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Cuka Apel Vinegar

  1. Asupan untuk Diet

Seorang ahli gizi pernah melansir artikel yang menjelaskan manfaat cuka apel. Salah satunya berguna sebagai asupan untuk menunjuang fase diet. Cuka apel dianggap bisa membantu menurunkan berat badan dengan efektif meski penurunan berat tidak dalam jumlah banyak. Meski demikian, praktisi kesehatan juga menyarankan Anda untuk tetap olahraga untuk membakar lemak dan tidak mengandalkan cuka apel semata. Ingat, cuka apel hanya digunakan sebagai pelengkap asupan diet yang Anda lakukan.

  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Banyak penderita diabetes yang disarankan untuk rutin mengkonsumsi cuka apel. Diabetes sendiri terjadi karena adanya ketidakseimbangan gula darah di dalam tubuh. Ini berguna jika tubuh Anda mengalami gangguan dalam proses produksi insulin. Mengkonsumsi cuka apel sebelum makan berat berguna untuk memperlambat pelepasan gula dari makanan ke darah. Ini berguna untuk mencegah terjadinya sugar rush, yakni keadaan dimana kadar gula darah meningkat setelah Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

  1. Menjaga Saluran Pencernaan

Proses pembuatan cuka apel yang melibatkan bakteri ternyata memberikan dampak positif bagi tubuh. Proses fermentasi tersebut menghasilkan senyawa pektin yang mendukuk perkembangan bakteri baik yang dibutuhkan oleh usus dalam proses pencernaan. Dengan demikian, proses pencernaan menjadi lebih lancar karena cuka apel berfungsi seperti antibiotik yang bisa menghancurkan bakteri E.coli ataupun Salmonella pada usus kita. Rutin mengkonsumsi cuka apel membuat Anda terhindar dari penyakit diare ataupun infeksi pencernaan lain.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Tak hanya menjaga kadar gula darah di dalam tubuh, manfaat cuka apel vinegar juga secara tidak langsung bisa menjaga jantung kita tetap sehat. Senyawa pada cuka apel juga akan membantu menghancurkan lemak yang dibawah oleh darah sehingga tidak terjadi penyumbatan pembuluh darah. Hal tersebut membuat resiko penyakit jantung, hipertensi, hingga stroke bisa diminimalisir.

  1. Obat Jerawat

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ada manfaat cuka apel untuk kecantikan kulit wajah yang bisa kita raih. Salah satunya adalah menjadi obat alami untuk jerawat. Mengobati jerawat dengan cuka apel sangat mudah karena Anda hanya perlu mencampurkan cuka dengan air pada perbandingan 1:3, lalu menggunakannya sebagai cairan pembersih pada wajah yang berjerawat. Kandungan asam bersifat antiseptik dan berguna membunuh kuman.

Cara Mengkonsumsi Cuka Apel

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan cuka apel sebagai alternatif obat herbal untuk kesehatan, maka Anda harus tahu cara mengkonsumsi cuka apel yang benar agar tidak menimbulkan efek samping. Konsumsi yang berlebih justru bisa mempengaruhi kesehatan kita, misalnya cuka apel untuk asam lambung yang sebenarnya tidak disarankan jika lambung sensitif. Oleh karena itu cuka apel harus dikonsumsi dengan dosis yang tepat sesuai kebutuhan tubuh.

Anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi cuka apel secara langsung karena sifat asamnya yang bisa mengganggu gigi, mulut, dan kerongkongan. Anda harus mencampurnya dengan air dengan perbandingan 1:10. Itu artinya, 1 sendok makan cuka apel harus dicampur dengan 10 sendok makan air. Batas maksimal yang disarankan harian adalah 2 sendok makan dan harus dicampur dengan air. Alangkah lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter yang menangani Anda sebelum memutuskan untuk menggunakan cuka apel sebagai obat alternatif.

Jika ragu dengan khasiat cuka apel ataupun cara mengkonsumsi cuka apel yang benar, lebih baik tidak dilakukan agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *