Khasiat Jus Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh Kita

Buah bit merupakan salah satu jenis umbi yang sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan konsumsi. Buah ini sendiri memiliki ciri dengan daun berwarna hijau, batang berwarna merah keunguan, dan akar yang juga disebut buah berbentuk bulat dengan warna senada dengan batangnya. Buah bit dikonsumsi pertama kali oleh penduduk Afrika hingga akhirnya tanaman tersebar ke seluruh dunia. Bangsa Eropa sendiri menggunakan buah bit sebagai salah satu sumber pemanis alami dan pewarna makanan. Bahkan dalam perkembangannya, buah bit mulai digunakan sebagai bahan ekstraksi yang digunakan sebagai obat karena ada banyak khasiat buah bit untuk kesehatan.

Buah Bit Bermanfaat untuk Kesehatan

Kandungan Buah Bit dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Tanaman yang memiliki warna khas cerah ini mengandung berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan buah bit antara lain zat besi, vitamin C, asam folat, sodium, dan juga magnesium. Selain itu, buah bit rendah lemak dan kalori sehingga aman bagi penderita kolesterol. Anda bisa mengolah buah bit sebagai jus dan merasakan khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Peneliti percaya bahwa ada manfaat buah bit untuk kanker, khususnya dalam melindungi tubuh dan mencegah mutasi sel kanker. Bahkan berdasarkan hasil uji lab, ekstrak buah bit bisa menekan pertumbuhan sel kanker berkat kandungan betasianin dan juga antioksidan yang tinggi pada buah bit.

  1. Menjaga Saluran Pencernaan

Buah bit mengandung serat dan antioksidan ini juga baik untuk kesehatan pencernaan. Nutrisi yang terkandung pada buah bit bisa mencegah terjadinya kerusakan pada dinding saluran usus dan mencegah kanker tumbuh pada saluran pencernaan. Selain itu, buah bit juga baik dikonsumsi oleh penderita konstipasi.

  1. Detoksifikasi Alami

Tubuh manusia sebenarnya memiliki mekanisme untuk detoksifikasi. Namun dalam kondisi tertentu, tubuh membutuhkan bantuan nutrisi alami untuk memperlancar proses pengeluaran racun di dalam tubuh. Buah bit berfungsi untuk mendorong racun keluar dari tubuh dan membantu kerja ginjal dan hati. Rutin mengkonsumsi buah bit dipercaya bisa membantu proses detoksifikasi berjalan lebih baik.

  1. Mencegah Anemia

Ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi sel darah merah bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi jika anemia terjadi secara terus menerus maka bisa merusak kerja jantung, otak, pembuluh darah, dan berpotensi mengundang penyakit kronis. Di sisi lain, kandungan zat besi yang cukup tinggi pada buah bit bisa membantu tubuh menyeimbangkan sel darah merah. Dengan demikian Anda bisa terhindar dari anemia.

  1. Mencegah Hipertensi

Kandungan nitrat pada buah bit bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa mengkonsumsi buah bit secara langsung atau mengolahnya menjadi jus. Kandungan gula yang rendah juga baik bagi penderita diabetes yang memiliki komplikasi hipertensi.

  1. Menjaga Imun Tubuh

Antioksidan merupakan senyawa yang membantu tubuh dalam menetralkan radikal bebas yang bisa mengancam sistem kekebalan tubuh. Antioksidan juga berfungsi mencegah stress dan kerusakan jaringan tubuh kita. Buah bit sendiri memiliki kandungan fitonutrien dan antioksidan yang tinggi sehingga bisa membantu menangkal radikal bebas. Selain itu, kandungan Betalanin yang menjaga kesehatan kulit juga mampu mencegah perkembangan kanker kulit.

Melihat betapa banyaknya khasiat buah bit bagi kesehatan tubuh kita, tidak ada salahnya untuk mulai memasukan buah bit dalam menu makanan harian Anda. Apalagi buah bit bisa digunakan sebagai bahan campuran makanan, dibuat jus, atau sebagai pelengkap camilan sehat yang bisa dibuat di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *