Khasiat Masker Lidah Buaya bagi Kecantikan Kulit Wajah

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang terkenal memiliki daging yang mengandung banyak air. Ada banyak kasiat lidah buaya yang bisa digunakan sebagai ramuan tradisional untuk menyuburkan rambut, menyembuhkan luka terbakar, serta berbagai perawatan kulit lainnya. Jika dibedakan berdasarkan jenisnya, tanaman yang banyak ditemukan di daerah gurun Afrika ini memiliki beberapa varian. Setidaknya ada 5 jenis lidah buaya, dari yang ukurannya paling besar hingga paling mungil. Di Indonesia sendiri, jenis lidah buaya Aloe Perryi paling banyak ditemukan.

Lidah Buaya Punya Banyak Manfaat untuk Wajah

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Meski dikenal memiliki beragam khasiat untuk kesehatan tubuh, tanaman dengan batang penuh duri ini banyak dimanfaatkan untuk kecantikan. Kami merangkum 5 manfaat lidah buaya untuk wajah dan kecantikan tubuh.

  1. Pelembap Kulit

Daging lidah buaya memiliki kandungan air yang tinggi dan berbentuk seperti gel. Anda bisa mengoleskan daging lidah buaya jika memiliki kulit yang kering, bersisik, atau tidak elastis. Dengan rutin mengoleskan daging lidah buaya, maka kulit akan lebih elastis dan tidak kering.

  1. Mencerahkan Wajah

Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan bersinar. Lidah buaya pun bisa digunakan untuk membantu menjaga kulit agar tidak kusam dan kasar. Daging lidah buaya banyak mengandung vitamin A dan E yang bisa membuat kulit lebih cerah alami. Perawatan rutin dianggap bisa membuat wajah tidak lusuh dan kusam.

  1. Mengobati Jerawat

Selain kaya akan vitamin A dan E, daging lidah buaya juga mengandung zat anti mikroba dan anti bakteri yang berperan dalam mencegah terjadinya infeksi pada luka kulit terbuka. Selain bisa menjadi obat luka terbakar, daging lidah buaya juga membantu mengobati jerawat di wajah. Kandungan saponin dan astringent bisa menyerap lemak berlebih di pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat.

  1. Menghilangkan Bintik Hitam

Flek hitam sering muncul akibat adanya sel kulit mati. Kini Anda tak perlu khawatir lagi untuk menghilangkan bintik hitam pada wajah karena daging lidah buaya bisa menjadi solusi terbaik untuk mengembalikan warna kulit yang asli.

  1. Anti Ageing

Salah satu masalah kulit yang paling ditakuti wanita adalah kulit keriput akibat penuaan dini. Menariknya, senyawa aktif pada lidah buaya bisa menjaga elastisitas kulit sehingga meminimalisir munculnya lipatan keriput pada wajah. Bahkan beberapa brand kosmetik ternama juga menggunakan ekstrak lidah buaya sebagai anti ageing untuk mencegah penuaan dini.

Cara Membuat Masker Lidah Buaya

Dengan melihat semua khasiat lidah buaya bagi kecantikan kulit wajah, tidak heran jika banyak orang yang memilih untuk menggunakan masker lidah buaya sebagai perawatan kulit rutin. Jika Anda tertarik menggunakan masker ini, berikut cara membuat masker lidah buaya yang benar.

  • Ambil satu batang lidah buaya
  • Curi bersih dengan air dan kupas kulitnya
  • Potong kecil atau hancurkan daging lidah buaya pada mangkuk kecil
  • Anda bisa menambahkan kunyit, lemon, minyak zaitun, atau tidak menggunakan tambahan apapun juga tidak masalah

Mudah, kan? Kini Anda bisa menggunakan masker lidah buaya secara rutin sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun ada banyak produk kecantikan yang mengandung esktrak lidah buaya sebagai bahan baku, alangkah baiknya untuk menggunakan masker lidah buaya alami yang dibuat sendiri guna menghindari bahan kimia campuran yang terdapat pada kosmetik. Dengan demikian Anda bisa terhindar dari resiko terkena iritasi kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *