Khasiat Minyak Zaitun untuk Kecantikan dan Perawatan Wajah

Buah Zaitun yang Belum Dipetik dari Pohon

Minyak zaitun dikenal sebagai bahan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Minyak ini bisa dikonsumsi dengan mencampurkan bersama bahan makanan lain sebagai pengganti minyak goreng. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengobati berbagai jenis penyakit sebagai obat oles eksternal. Khasiat minyak zaitun ini sudah dipercaya turun temurun sebagai obat herbal yang aman, alami, dan tidak memiliki efek samping berbahaya bagi tubuh kita.

Minyak zaitun terbuat dari buah zaitun yang merupakan sejenis pohon perdu hijau berukuran kecil. Pohon zaitun memiliki daun berbentuk runcing dengan bunga berbentuk lonceng. Sedangkan buah zaitun sendiri terlihat menyerupai buah anggur dengan kulit agak tebal yang melapisi bagian dalam buah yang berupa daging dan biji kecil. Buah zaitun memiliki warna hijau kekuningan dan ada pula yang berwarna ungu, persis seperti anggur. Minyak zaitun sendiri dibuat dengan proses ekstrasi buah zaitun. Biasanya pabrik pengolahan buah zaitun akan memproses buah dalam jumlah banyak, dimasukkan ke mesin penggiling untuk mendapatkan minyak zaitun. Setelah melewati proses penyaringan, minyak zaitun pun sudah bisa digunakan atau dikonsumsi.

Aneka Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

Seperti yang sudah disebutkan tadi, buah zaitun dikenal sebagai salah satu ramuan tradisional yang dipercaya turun temurun. Hal tersebut dikarenakan minyak zaitun kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut informasi lengkap tentang khasiat minyak zaitun bagi kesehatan!

  1. Mengobati Kolesterol

Anti oksidan yang terkandung di dalam buah zaitun terbukti bisa mengurangi kadar kolesterol buruk (LDL) di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, minyak zaitun juga akan menjaga kestabilan kadar kolesterol baik (HDL). Tidak heran jika penderita kolesterol disarankan untuk mengganti minyak goreng yang digunakan dengan minyak zaitun yang kaya akan nutrisi dan tidak mengandung lemak yang tinggi.

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Tak hanya kaya akan anti oksidan, buah zaitun juga mengandung polifenol yang berperan penting dalam mencegah berbagai jenis penyakit jantung. Untuk mendapatkan khasiat olive oil, Anda hanya perlu mengkonsumsi minyak zaitun 4 sendok setiap hari secara rutin.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita darah tinggi, minyak zaitun bisa menjadi solusi untuk menurunkan tensi darah. Pernah mendengar diet Mediterania? Ini merupakan salah satu metode diet yang memanfaatkan kandungan buah zaitun. Gunakan minyak zaitun di setiap masakan agar Anda bisa merasakan khasiat yang efektif.

  1. Menghindari Obesitas

Mereka yang sedang berjuang menurunkan berat badan bisa memasukkan minyak zaitun dalam menu makanan mereka. Anti oksidan bisa membantu mengolah lemak tubuh dengan lebih baik dan bisa membantu Anda menjaga berat badan.

  1. Mencegah Kanker

Pola makan sehat merupakan salah satu penyebab munculnya sel kanker di dalam tubuh. Untuk menghindari mutasi sel kanker, ganti minyak goreng Anda dengan minyak zaitun yang tidak memiliki efek samping bagi kesehatan.

Selain 5 manfaat minyak zaitun bagi kesehatan yang disebutkan di atas, buah zaitun juga bisa membantu dalam penyembuhan berbagai penyakit berbahaya seperti Diabetes, Kanker Ovarium, Osteoarthritis, dan lain sebagainya.

Khasiat Minyak Zaitun untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

Yang menjadi pertanyaan, apakah minyak zaitun bagus untuk wajah? Oh, tentu saja. Selain bisa memberi manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh kita minyak zaitun juga memberikan khasiat lain bagi kulit. Berikut manfaat extra virgin olive oil untuk kulit wajah!

  1. Menghilangkan Bekas Jerawat

Ada banyak metode yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam di kulit kita. Praktisi kesehatan profesional kerap menggunakan metode cosmetic filters, laser resurfacing, terapi cahaya, dan metode lain untuk mengangkat sel kulit mati. Namun jika Anda ingin melakukan perawatan yang lebih murah, Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke area kulit yang rusak. Sebelumnya, Anda bisa mengompres wajah dengan air hangat agar pori-pori membuka. Diamkan minyak zaitun selama beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

  1. Melembabkan Kulit

Wanita kerap menggunakan kosmetik pelembab wajah sebagai pilihan untuk merawat kulit. Perlu diketahui bahwa kosmetik pelembab wajah kerap mengandung beberapa zat kimia yang bisa memberikan dampak buruk pada kulit dalam jangka waktu lama.

Gunakan minyak zaitun sebagai pelembab wajah yang alami, murah, dan tentu saja tidak memiliki efek samping meski digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Oleskan minyak zaitun ke seluruh bagian sebagai pelembab. Gunakan secara rutin setiap malam atau siang hari saat kulit mulai terasa kering.

  1. Menghapus Riasan di Wajah

Ingin membersihkan make up dengan bahan yang alami? Minyak zaitun bisa jadi solusinya. Tak hanya berfungsi untuk mengangkat make up yang terserap di lapisan kulit bagian atas saja, minyak zaitun juga membantu menutrisi kulit yang tertutup make up sepanjang hari. Untuk hasil yang lebih baik, bilas dengan handuk yang sudah direndam dengan air hangat.

  1. Scrub Herbal

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan kulit wajah. Anda bisa mengganti produk scrub wajah dengan ramuan buatan sendiri yang dicampur dengan minyak zaitun. Anda memiliki banyak pilihan untuk membuat scrub alami menggunakan kopi bubuk, garam laut, beras, hingga bubuk kunyit yang dipadukan dengan minyak zaitun sebagai bahan dasar. Kini, Anda tak perlu menghabiskan banyak uang untuk facial di klinik kecantikan karena Anda bisa merawat kulit wajah sendiri di rumah.

  1. Anti-ageing

Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit yang kencang alami. Nah, kandungan linoleic acid pada extract virgin olive oil mampu menjaga kadar air pada wajah untuk mencegah keriput di usia dini. Kandungan Polifenol akan berperan untuk melindungi sel kulit dari ancaman kerusakan. Dengan kata lain, minyak zaitun akan mencegah penuaan sekaligus menjaga elastisitas kulit secara alami.

Baca juga : Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit Wanita

Kelima manfaat tersebut bisa Anda dapatkan jika melakukan perawatan dengan menggunakan minyak zaitun secara rutin. Tentu saja, efek yang dirasakan tidak bisa langsung terlihat. Hal ini berbeda dengan perawatan kulit di klinik kecantikan yang bisa langsung dirasakan efeknya setelah 3 hingga 5 kali perawatan. Namun dalam jangka waktu yang lama, perawatan kulit alami jauh lebih baik daripada penggunaan berbagai jenis kosmetik wajah.

Dan yang paling penting, Anda harus menggunakan minyak zaitun asli untuk wajah jika ingin merasakan khasiat alaminya. Ada beberapa jenis minyak zaitun yang dibedakan berdasarkan proses ekstraksi. Disarankan untuk memilih jenis extra virgin olive oil yang diproses hanya melalui perasan tanpa proses tambahan lain. Perasan pertama inilah yang kaya akan manfaat dan hanya memiliki 1% kadar keasaman. Dengan kata lain, extra virgin olive oil masih sangat alami dan murni sehingga khasiatnya bisa langsung dirasakan oleh tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *