Kunyit Putih, Rempah Langka Yang Memiliki Berbagai Khasiat Untuk Tubuh

by Dokter Erika
0 comment

Kunyit Putih, Rempah Langka Yang Memiliki Berbagai Khasiat Untuk Tubuh

Tahukah anda bahwa kunyit putih sendiri bisa anda jadikan sebagai obat tradisional dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Perlu diketahui bahwa tanaman herbal yang satu ini memiliki kandungan minyak atsiri, kurkuminoid, lemak, karbohidrat, protein, vitamin, kalium, kalsium, hingga fosfor. Dan di dalam lendirnya terdapat kandungan anti lipid peroksida. Nah, untuk lebih jelasnya yuk ketahui beberapa khasiat dari kunyit putih untuk tubuh.

Kunyit putih untuk mengobati penyakit maag

Meski dianggap sepele, tetapi nyatanya penyakit yang satu ini bisa mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Biasanya gejala yang dialami adalah perut yang terasa perih, kembung, nyeri di ulu hati, hingga muntah. Saat maag kambuh, maka anda bisa mengobatinya menggunakan kunyit putih supaya penyakit ini tidak semakin parah. Bisa terlihat bahwa di dalam kunyit putih terdapat kandungan zat anti radang atau zat anti inflamasi, dengan begitu mempunyai khasiat dalam mengatasi penyakit maag. Rasa yang dimiliki oleh rimpang kunyit putih ini adalah rasa yang agak pahit, bersifat menghangatkan, dan sedikit pedas. Untuk mengolahnya sebagai obat herbal alami, maka caranya sangat mudah, yaitu:

  • Anda hanya perlu mengambil 1 hingga 2 ruas kunyit putih
  • Jika sudah, kemudian cuci hingga benar-benar bersih, selanjutnya dipotong-potong
  • Lalu masukkan ke dalam air sebanyak 500 cc dan rebus hingga tinggal separuhnya saja
  • Nah, selanjutnya anda bisa meminum ramuan ini

Seperti pada pembahasan di atas bahwa rasa dari kunyit putih ini agak pahit, dengan begitu anda bisa menetralisirnya menggunakan madu yang dicampur sebanyak 1 sdm. Madu sendiri bisa bekerja dalam menenangkan lapisan lambung serta memiliki sifat anti bakteri. Bahkan madu pun dapat melindungi lambung anda dari berbagai kuman berbahaya.

Dapat meredakan nyeri haid

Khasiat kunyit putih selanjutnya adalah sebagai obat untuk meredakan haid. Nyeri saat haid memang sering dialami oleh wanita, rasanya pun tidak nyaman. Jika hal ini dibiarkan begitu saja pastinya akan menghambat produktivitas anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, sebaiknya hal ini jangan dibiarkan berlama-lama, anda tentunya dapat menggunakan kunyit putih untuk meredakan nyeri haid. Hal ini dikarenakan rempah yang satu ini mempunyai efek pereda nyeri yang bekerja dengan cara melemaskan kontradiksi rahim. Berikut bagaimana mengolah kunyit putih untuk meredakan nyeri haid.

  • Siapkan kunyit putih yang berukuran minimal 4 cm, lalu 1 buah jahe yang berukuran sama, serta setengah kencur
  • Parutlah rempah-rempah tersebut lalu peras airnya di mangkuk
  • Jika sudah diperas, maka campurkan dengan perasan jeruk nipis secukupnya saja
  • Gunakan campuran tersebut dengan perbandingan 2:1 sebagai seduhan
  • Anda bisa meminumnya ketika ramuan ini masih hangat ketika nyeri haid sedang menyerang

Tentunya ramuan yang telah dibuat di atas bisa meredakan nyeri hebat ketika anda sedang datang haid. Namun ada beberapa ahli yang menjelaskan bahwa tidak disarankan untuk mengonsumsi kunyit putih ini untuk wanita yang memiliki pendarahan hebat ketika datang haid. Dan yang paling penting adalah sebaiknya anda bisa memilih yang alami daripada meminum ramuan yang telah dikemas di toko.

Kunyit putih sebagai obat kankerĀ 

Tidak banyak yang menyangka jika kunyit putih juga bisa dimanfaatkan sebagai obat kanker payudara. Terlebih lagi tidak hanya kanker serviks saja yang menjadi penyakit mematikan untuk kaum wanita, namun juga kanker payudara. Kunyit putih sendiri mempunyai kualitas anti kanker yang pastinya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh manusia. Karena terkadang pengobatan yang dilakukan secara medis saja tidak cukup dalam mengatasi pertumbuhan sel kanker ini. Nah, untuk membuat ramuan dari kunyit putih sebagai obat kanker adalah sebagai berikut.

  • Sediakan 12 g kunyit putih, 6 g keladi tikus, 10 g waru landak, 10 g rumput mutiara, dan 20 g benalu
  • Rebus semua bahan ini sampai mendidih, kecuali kunyit putih
  • Sambil menunggu panasnya hilang, maka anda bisa merebus kunyit putih ini ke dalam air
  • Kemudian minumlah ramuan yang telah dibuat pertama yang berasal dari campuran keladi tikus, waru landak, rumput mutiara, dan benalu sampai habis
  • Jika sudah, maka anda bisa melanjutkannya dengan mengkonsumsi air kunyit putih hingga habis

Meredakan peradangan dan nyeri

Manfaat kunyit putih selanjutnya adalah bisa meredakan peradangan dan nyeri. Kunyit putih sendiri merupakan agen anti-inflamasi yang bermanfaat dalam mengobati peradangan, luka, hingga penyakit kulit lainnya. Dalam pengobatan tradisional Indonesia kunyit putih dimanfaatkan dalam mengobati penyakit radang usus. Kunyit putih memiliki sifat diuretic yang dapat meningkatkan intensitas untuk urinasi, sehingga zat beracun maupun kelebihan cairan di dalam tubuh, terlebih lagi di persendian dapat dibuang lebih banyak. Ketika tidak terjadinya proses peluruhan zat beracun, maka hal ini dapat menyebabkan peradangan, bahkan rasa sakit pada kasus rematik dan radang sendi. Nah, untuk mendapatkan khasiat dari kunyit putih ini, berikut cara pengolahannya.

  • Parutlah kunyit putih sebesar setengah jari, lalu campurkan dengan air minum hangat sebanyak 2 sdm
  • Kemudian aduk campuran tersebut hingga air berubah warna, lalu peras sisa kunyitnya
  • Masukkan hasil perasan ke dalam mangkuk yang berisi air kapur sirih 1 sendok dan 1 kuning telur dari ayam kampung
  • Aduk ramuan ini dan minumlah 1 hingga 2 kali dalam sehari sampai sembuh
  • Namun hindari untuk mengonsumsi ramuan ini setelah sembuh setiap harinya karena bisa membuat iritasi di tenggorokan

Baca juga : 3 Penyebab Pusing Setelah Makan

Kunyit putih untuk mengobati penyakit kista

Tidak hanya berkhasiat dalam mengobati kanker saja, namun kunyit putih juga bisa mengobati kista. Seringkali penyakit kista akan membuat sebagian wanita takut. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ada banyak informasi jika penyakit yang satu ini dapat membuat seseorang kemandulan, sehingga penyembuhan kista ini harus dilakukan melalui prosedur operasi. Apakah benar demikian? Memang hal ini perlu diobati segera secara medis. Selain itu, anda juga dapat membantu proses pengobatannya dengan menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya adalah dengan menggunakan kunyit putih. Nah, bagaimana cara mengolah kunyit putih ini untuk mengobati penyakit kista? Untuk anda yang penasaran, berikut uraiannya untuk anda.

  • Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan mengambil kunyit putih secukupnya saja, cuci hingga bersih, lalu potonglah kunyit putih
  • Jika sudah, anda bisa menjemur kunyit putih hingga benar-benar kering
  • Kemudian rebus bersama dengan tapak liman kering, cakar ayam segar, dan pegangan kering dengan 1 liter air. Biarkan sampai menjadi setengahnya saja.
  • Lalu saring air rebusan ramuan ini dan anda bisa meminum ramuan ini 3 kali dalam sehari.

Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu anda ketahui mengenai khasiat dari kunyit putih. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Comment