Lemak ini Dianggap Tidak Penting Tapi Sangat Penting

Lemak ini Dianggap Tidak Penting Tapi Sangat Penting

Terkadang lemak dianggap tidak penting, tetapi ternyata sangat penting bagi tubuh kita. Sobat ZonaSehat, Diantara anda semua mungkin ada yang ketika makan selalu menghindari lemak, atau anda sedang diet, sehingga anda menjauhi lemak. Tetapi sebenarnya, lemak juga dibutuhkan oleh tubuh kita. Untuk seorang vegan, biasanya mereka memiliki berbagai macam alasan. Ada yang ingin menjaga kesehatan, mungkin karena alergi, karena alasan agama/spiritual, atau mungkin kasihan dengan binatangnya.

Sebenarnya vegetarian baik, asalkan mempelajari betul apa yang dikonsumsi. Biasanya kalau dengan alasan kesehatan, mereka mempelajari apa yang harus diganti dari makanan yang hilang. Jadi misalkan terbiasa makan daging dan makan ikan, tiba-tiba memutuskan untuk menjadi vegan atau vegetarian. Otomatis zat-zat gizi dan kandungan yang terdapat di dalam daging atau ikan tadi harus bisa digantikan di makanan-makanan nabati. Contohnya seperti asam amino, asam lemak, serta zat-zat gizi lainnya seperti kalsium dan lain-lain. Khusus untuk saat ini saya akan membahas lemak. Dan lemak yang saya maksud kali ini adalah asam lemak esensial.

Apa itu asam lemak esensial? Asam lemak esensial ini merupakan lemak yang dibutuhan oleh tubuh kita. Bahkan, setiap sel kita membutuhkan asam lemak esensial untuk proses regenerasi ataupun untuk proses pembuatan sel yang baru. Secara garis besar, asam lemak esensial ini dibagi menjadi dua.

Omega-6.

Untuk omega-6, sebenarnya tubuh kita khususnya di Indonesia dengan pola makan yang modern, kita tidak kekurangan omega-6. Bahkan, kita kelebihan omega-6. Atau bisa dikatakan rasio perbandingan omega-6 dengan omega-3 kita itu sangat tidak sebanding. Jauh sekali. Kalau dilihat dari literatur yang saya baca, harusnya kadar omega-6 berbanding dengan omega-3 adalah 2 : 1 atau ada yang mengatakan 2,5 : 1. Bahkan ada yang mengatakan 8 : 5. Entah yang mana yang benar, kurang lebih sekitar 2 : 1. Namun yang terjadi dengan pola makan kita yang modern, dengan pola makan Amerika/American Style Diet, akhirnya pola makan seperti itu menyebabkan rasio ini meningkat sangat jauh. Yaitu sekitar 20 : 1. Jadi, ada literatur yang mengatakan seperti itu.

omega-3

Omega-3 merupakan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jadi apabila kita bahas secara struktur, maka rantainya ini ganda, yaitu asam lemak yang tak jenuh. Tetapi, saya tidak akan membahasnya lebih detail lagi. Kita langsung bahas apa fungsinya bagi tubuh kita. Jadi, disini saya telah merangkum menjadi beberapa manfaat.

  • Menjaga kesehatan Jantung dan Pembulu Darah

American Heart Association atau kita singkat dengan AHA mendorong masyarakat, terutama di Amerika untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi omega-3. Jadi, anda bisa mendapatkan berbagai sumber makanan yang mengandung omega-3. Omega-3 ini sendiri sebenarnya ada 4 jenis. Omega-3 tadi bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung kita. Caranya bagaimana? Omega-3 ini berperan dalam menurunkan kadar trigliserida, yaitu lemak jahat. Kemudian menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL. Asam lemak yang jahat akan diturunkan, dan HDL yang baik akan dinaikkan jika anda mengkonsumsi cukup omega-3.

omega-3 juga berperan dalam plak penyumbatan pembuluh darah. Kemudian berperan juga dalam mencegah penggumpalan. Penggumpalan ini dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah. Dan ada satu hal lagi. Dalam hal menjaga kesehatan jantung, omega-3 ini juga berperan dalam hal menjaga kesehatan arteri kita. Serta membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jadi itu tadi manfaat yang pertama, yaitu menjaga kesehatan jantung.

  • Dapat Digunakan Untuk Mengurangi Peradangan

Kalau tubuh kita banyak mengalami peradangan, maka hal ini merupakan suatu akar dari suatu masalah atau penyakit. Jadi, banyak sekali penyakit-penyakit yang bermula dari peradangan. Maka dari itu omega-3 merupakan faktor penting untuk mengurangi peradangan.

  • Mencegah dan Mengelola Autoimmune

Banyak dari mereka yang menggunakan omega-3 untuk mengobati eksim. Kemudian psioriasis dan penyakit-penyakit autoimmune yang lainnya. Terutama untuk mengurangi peradangannya.

  • Mendukung Tulang dan Sendi yang Sehat

Terutama para wanita yang berusia di atas 50-60 tahun biasanya banyak yang mengalami osteoporosis. Jadi, omega-3 ini membantu usus kita untuk menyerap kalsium. Selain itu, omega-3 merupakan asam lemak esensial yang dapat digunakan untuk melarutkan vitamin D yang tentu saja dapat membantu penyerapan kalsium. Apa saja vitamin-vitamin yang larut dalam lemak? Yaitu A, D, E, dan K. ADEK, salah satunya adalah D, vitamin tersebut berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium.

  • Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Untuk anda yang mengalami masalah susah tidur Coba perhatikan makanan anda. Apakah asupan omega-3 sudah cukup atau belum. Terutama pada anak-anak. Sedangkan pada orang dewasa, mungkin anda banyak pikiran, dan banyak kerjaan di kantor. Tetapi anak-anak yang susah tidur, coba anda lebih perhatikan untuk makanannya.

  • Bermanfaat Untuk Perkembangan Bayi dan Anak

Asam lemak esensial ini berfungsi untuk membantu transmisi impuls syaraf dan sangat penting untuk perkembangan dan fungsi otak. Jadi apabila kekurangan asam lemak esensial, maka dapat menyebabkan gangguan dalam mempelajari sesuatu dan mengingat informasi. Karena itulah jika anda melihat iklan-iklan di televisi ataupun social media, banyak yang menjual omega-3 dikaitkan dengan tumbuh kembang otak si bayi atau tumbuh kembang otak si anak. Kalau masih bayi, anda jangan menambahkan suplemen omega-3. Jadi, cukup dari ASI. ASI pada ibu sendiri mengandung omega-3 yang baik untuk perkembangan tumbuh kembang otak si anak tadi. Jadi untuk anda yang punya baby, punya anak yang masih berusia di bawah 6 bulan, Anda harus memberikan ASI eksklusif. Jadi, ASI eksklusif itu wajib.

  • Mengurangi Nyeri Pada Saat Menstruasi

Hal ini dialami oleh para wanita yang sudah memasuki masa menstruasi. Jadi apabila mens itu terasa sangat nyeri, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena anda kekurangan asam lemak omega-3.

  • Mendukung Kesehatan Kulit, Rambut, dan Mencegah Penuaan Dini

Apabila kulit sering gatal, eksim, dan terdapat ruam merah, atau rambut tipis, dan mudah rontok? Mungkin makanan anda kurang omega-3.

apa yang terjadi jika tubuh kekurangan omega-3

Penjelasan diatas adalah contoh manfaat dari omega-3. Lalu, apa yang terjadi jika tubuh kekurangan omega-3? Sebenarnya, tubuh kita ini masih bisa beradaptasi jika kita kekurangan atau kelebihan sedikit baik itu zat omega-3 atau zat-zat gizi lainnya. Namun jika kita kekurangan dalam jangka panjang, maka tubuh kita akan memberikan ‘sinyal’. Sinyal itu berupa gejala-gejala yang kita alami. Jadi, disini saya merangkum ada beberapa gejala kekurangan omega-3. Meskipun hal ini tidak berbahaya atau merpuakan penyakit yang serius,

  • Gangguan Dalam Belajar dan Konsentrasi

Bisa jadi kekurangan perhatian, kemudian konsentrasinya buruk, dan daya ingat yang buruk. Ini merupakan salah satu gejala anda kekurangan omega-3.

  • Perubahan yang Berhubungan Dengan Suasana Hati

Misalnya anda gampang marah, anda gampang depresi, kemudian anda gampang cemas. Jadi intinya, semua berkaitan dengan suasana hati.

  • Perubahan Warna Kulit, Rambut dan Kuku

kulit akan terasa lebih kering, kemudian bersisik, kuku mudah patah, dan rambut juga mudah rontok.

  • Sering Buang Air Kecil

Gejala ini juga bisa dialami oleh mereka yang diabetes. Jadi, coba tes kadar gula darah anda. Kalau normal, mungkin anda mengalami kekurangan omega-3.

Baca juga : Efek Samping dan Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan

Itu tadi adalah gejala-gejala dari berbagai literatur tentang apa yang terjadi jika tubuh kita kekurangan omega-3. Dalam kehidupan sehari-hari, dari makanan yang kita makan sebenarnya ada empat jenis omega-3. Yaitu EPA, DHA, ALA dan ETA

EPA atau eicosapentaenoic acid. EPA ini merupakan 20 karbon fatty acid atau kita sebut 20 karbon asam lemak yang ditemukan pada minyak ikan, kemudian minyak ganggang dan krill oil atau minyak krill.

DHA atau docosahexaenoic acid. DHA ini merupakan 22 karbon yang ditemukan juga pada minyak ikan, krill oil dan minyak ganggang. Untuk EPA dan DHA, anda bisa memperolehnya dari minyak ikan. Kalau anda Biasa membeli suplemen.

ALA atau Alpha Linolenic Acid. Yaitu sumber omega-3 nabati yang bisa kita temukan pada tumbuhan sayuran hijau, kemudian pada biji rami, biji cia dan minyak canola. ALA juga dikenal sebagai rantai pendek omega-3.

ETA atau eicosatetraenoic acid. ETA merupakan asam lemak omega-3 yang kurang dikenal.

4 jenis omega-3 diatas biasanya ditemukan di roe oil, dan kerang hijau. Untuk vegan atau vegetarian, mungkin anda susah mencari sumber makanan yang mengandung omega-3. Namun salah satunya seperti yang sudah sebutkan diatas, seperti cia seed dan flaxseed oil.

Untuk jenis suplemen, ada satu jenis suplemen. Merknya adalah Udo’s Choice. Kalau lihat komposisinya, suplemen ini terdiri dari minyak biji rami, minyak bunga matahari, biji wijen, minyak kelapa murni, minyak biji primrose, lecitin, minyak sekam padi, dan minyak sekam oat. Jadi, kandungannya adalah 369 dengan perbandingan 2:1:1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *