Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Darah Tinggi

Makanan untuk Penderita Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan sebuah kondisi medis kronis karena tekanan darah pada arteri mengalami peningkatan. Hal tersebut membuat jantung harus bekerja lebih keras dari kondisi normal untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Fakta juga menunjukkan bahwa sekitar 90% kasus tekanan darah tinggi primer disebabkan karena hal yang tidak jelas. Sehingga tidak heran jika banyak pasien yang terlambat ditangani akibat penyebab medis yang tidak pasti. Darah tinggi juga meningkatkan resiko terkena serangan jantung, stroke, hingga penyakit ginjal kronis. Oleh karena itu Anda harus tahu cara menurunkan tekanan darah tinggi dan berapa tekanan darah yang normal pada manusia agar bisa melakukan penanganan sejak dini saat tekanan darah meningkat tiba-tiba.

Namun jika Anda sudah terlanjur memiliki riwayat tekanan darah tinggi, maka harus ada tindakan khusus untuk memastikan tekanan darah tetap normal sehingga bisa meminimalisir resiko terkena penyakit berbahaya lain. Salah satunya adalah dengan memilih obat alami darah tinggi dan pantangannya juga harus dihindari sehingga Anda tetap sehat dan jantung bisa bekerja dengan normal. Biasanya dokter akan memberikan resep obat untuk penyakit darah tinggi kepada pasien yang sudah positif mengalami kondisi medis ini. Obat tersebut akan membantu menstabilkan tekanan darah sehingga kesehatan pasien bisa dijaga. Anda pun harus menuruti perintah dokter terkait dosis dan waktu mengkonsumsi obat.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga tekanan darah dalam kondisi normal adalah dengan memilih makanan sehat untuk darah tinggi. Zat yang terkandung dalam beberapa makanan tertentu bisa membantu menurunkan darah tinggi sehingga jantung tetap normal. Beberapa makanan penurun darah tinggi paling cepat antara lain:

  1. Yogurt dan Produk Dairy

Kurangnya kalsium di dalam tubuh merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh. Itu artinya, tekanan darah akan tetap normal jika kebutuhan kalsium tubuh terpenuhi. Cara paling enak untuk mendapatkan kalsium yang cukup adalah dengan mengkonsumsi yogurt. Dalam 170 gram yogurt mengandung setidaknya 300 mg kalsium, yakni hampir sepertiga kebutuhan kalsium normal. Produk dairy lain seperti susu skim juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan bisa membantu menurunkan tekanan darah. Asalkan rendah lemak, Anda boleh mengkonsumsi susu skim setiap hari.

  1. Pisang

Buah pisang bisa dikatakan sebagai buah sejuta umat karena bisa ditemukan di mana saja. Selain itu pisang juga sangat terjangkau oleh semua kalangan. Kandungan kalium juga berguna dalam menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi di dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi pisang setiap pagi dengan memakan secara langsung atau justru mencampurkannya dengan yogurt agar lebih nikmat disantap.

  1. Buah Beri

Hampir semua jenis beri memiliki kandungan senyawa flavonoid yang berguna dalam mencegah tekanan darah tinggi. Buah dengan rasa asam manis ini memang sulit dicari di Indonesia, mungkin hanya strawberry saja yang bisa ditemukan di supermarket. Tapi setidaknya buah beri bisa menjadi alternatif lain jika Anda bosan dengan pilihan makanan penurun darah tinggi yang itu-itu saja.

  1. Ikan Laut

Ikan laut jenis tertentu, seperti Trout, mengandung vitamin D yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Ikan jenis lain seperti Salmon juga mengandung omega 3 yang tinggi dan disarankan untuk disantap setidaknya sekali dalam seminggu. Namun perlu diperhatikan bahwa ikan yang dikonsumsi tersebut tidak ditambah dengan garam karena senyawa yang terkandung pada garam justru bisa meningkatkan resiko darah tinggi.

  1. Minyak Zaitun

Ganti minyak goreng biasa Anda dengan minyak yang lebih sehat dan rendah lemak. Minyak zaitun jauh lebih sehat daripada minyak goreng biasa karena mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Selain itu, minyak zaitun bisa menurunkan tekanan darah sekaligus menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Disarankan untuk memilih Extra Virgin Olive Oil yang lebih murni sehingga masih banyak kandungan gizi dan mineralnya.

Baca juga : Ciri Orang yang Introvert dan Bagaimana Cara Menghadapinya

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Darah Tinggi

Tak hanya memilih makanan sehat untuk menurunkan tekanan darah saja, penderita hipertensi juga disarankan untuk menghindari beberapa jenis makanan yang bisa memicu hipertensi. Beberapa makanan yang harus dihindari, antara lain:

  1. Garam

Penderita hipertensi dilarang mengkonsumsi terlalu banyak garam atau makanan lain yang mengandung natrium tinggi, apapun bentuknya. Jika Anda sering mengkonsumsi makanan asin, sebaiknya mulai ditinggalkan demi kesehatan.

  1. Gula

Selain makanan yang banyak mengandung garam, makanan yang mengandung terlalu banyak gula juga harus dihindari. Makanan dan minuman yang sangat manis bisa meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga bisa memicu komplikasi lain, terutama diabetes. Gabungan dua penyakit ini amat sangat mematikan!

  1. Makanan Berlemak

Makanan berlemak seperti gorengan, daging merah, jeroan, mentega, dan makanan olahan lain memang enak. Namun penderita hipertensi dilarang mengkonsumsi makanan berlemak guna menjaga tekanan darah tetap normal dan stabil.

  1. Alkohol

Terakhir, minuman yang mengandug alkohol juga harus dihindari agar jantung tetap sehat. Alkohol tidak hanya memperberat kerja jantung, tetapi organ lain seperti hati dan ginjal.

Meski divonis mengidap hipertensi, Anda masih memiliki kesempatan untuk tetap hidup sehat selama berhati-hati dalam memilih jenis makanan dan minuman yang sering dikonsumsi. Sedangkan bagi Anda yang masih sehat, sebaiknya juga memulai untuk mengkonsumsi makanan dan minuman sehat guna menghindari berbagai jenis penyakit mematikan yang diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Dengan demikian Anda tak perlu khawatir dengan kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *