Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan Tubuh dan Kaum Pria

Bawang Putih Memiliki Khasiat untuk Kesehatan Tubuh

Bawang merah dan bawang putih merupakan jenis rempah yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan di Indonesia. Hampir semua kuliner khas nusantara menggunakan bawang merah ataupun bawang putih sebagai salah satu bahan bumbu. Tidak heran jika tanaman jenis umbi ini sudah melekat dengan identitas bangsa kita. Bahkan saat kita kecil, cerita fiktif tentang bawang merah dan bawang putih pun sering kita dengar sebagai pengantar tidur. Selain itu, khasiat bawang merah dan bawang putih untuk kesehatan juga membuat tanaman ini mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia.

Baik bawang merah ataupun bawang putih memang memiliki kandungan zat yang hampir sama. Keduanya mengandung kalori, karbohidrat, protein, serat, dan berbagai jenis vitamin meski jumlahnya tidak terlalu banyak. Jadi dengan mengkonsumsi bawan merah dan bawang putih sebagai bumbu masakan secara tidak langsung bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan. Namun jika Anda ingin mendapatkan khasiat yang lebih banyak dari kedua tanaman ini, ada baiknya untuk mengkonsumsinya mentah-mentah agar nutrisinya tidak hilang saat proses memasak dan khasiatnya bisa dirasakan secara maksimal.

Khasiat Bawang Putih Mentah bagi Kesehatan

Dalam artikel kali ini, kami akan lebih banyak membahas tentang bawang putih dan manfaatnya. Berikut beberapa manfaat bawang putih mentah untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan.

  1. Menurunkan Resiko Kanker

Kanker dikenal sebagai penyakit yang belum ada obatnya. Hal tersebut memang benar karena sel kanker bisa bermutasi secara cepat dan menghambat fungsi organ tubuh kita. Tapi dengan rutin mengkonsumsi bawang putih mentah, terbukti ada penurunan resiko beberapa jenis kanker yang mengancam kesehatan. Kandungan sulfur aktif bisa mencegah pembentukan sel kanker sekaligus menghambat penyebaran penyakit ini di dalam tubuh.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bawang putih sudah lama dikenal sebagai ramuan tradisional untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Mengkonsumsi 2 siung kecil bawang putih bisa menurunkan kolesterol dalam kurun waktu dua bulan. Kandungan Allicin pada bawang putih akan menghambat enzim yang bertugas untuk membentuk kolesterol di dalam tubuh.

  1. Menurunkan Resiko Hipertensi

Menjaga pola makan yang sehat merupakan kunci agar tidak terkena penyakit darah tinggi. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk rutin mengkonsumsi bawang putih agar tekanan darah bisa dikontrol. Peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi bawang putih memiliki efek yang hampir sama dengan mengkonsumsi obat atenolol. Kandungan Polisulfida dipercaya bisa memperlebar pembuluh darah sehingga tekanan darah selalu normal terjaga.

  1. Mengatasi Jerawat

Tak hanya dikonsumsi secara mentah saja, bawang putih mentah pun bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Bawang putih memiliki senyawa anti bakteri yang bisa menjaga kesehatan kulit sekaligus meredakan peradangan dan pembengkakan akibat jerawat. Anda bisa mencampurkan bawang putih uleg ke dalam masker alami untuk wajah yang berjerawat.

  1. Melawan Flu

Bawang putih juga dikenal sebagai obat tradisional yang bisa menjaga kesehatan tubuh. Lagi-lagi, senyawa aktif allicin terbukti mampu membunuh kuman penyebab penyakit flu yang sering menyebabkan batuk, pilek, hingga radang tenggorokan.

  1. Mencegah Alzheimer dan Kerusakan Sistem Sarah Lain

Turunan karbohidrat pada bawang putih ternyata bisa melindungi sel otak. Hal tersebut baik saat kita memasuki usia senja dimana sel otak mulai menurun. Mereka yang rutin mengkonsumsi bawang putih bisa terhindar dari penyakit neurologis seperti Alzheimer ataupun dimensia yang sering terjadi pada orang dewasa usia lanjut.

  1. Detok Alami untuk Tubuh

Bagi para pekerja pabrik yang sering terpapar logam beresiko mengalami kerusakan organ tubuh tertentu. Menariknya, studi menunjukkan bawhwa kandungan sulfur yang terkandung di dalam bawang putih ternyata bisa mencegah kerusakan organ akibat sering terpapar logam berbahaya. Bawang putih juga bisa mengurangi gejala keracunan sehingga tepat jika disebut sebagai bawang putih bisa digunakan untuk detoksifikasi tubuh yang alami dan murah.

Baca juga : Ciri Ciri, Gejala, dan Cara Mencegah Usus Buntu Kambuh

Khasiat Bawang Putih bagi Vitalitas Pria

Tak hanya berguna bagi kesehatan tubuh secara umum saja, bawang putih juga dipercaya sebagai obat herbal yang berguna dalam menjaga kejantanan kaum pria. Berikut beberapa manfaat bawang putih bagi pria!

  1. Mencegah Disfungsi Ereksi

Peredaran darah yang kurang lancar bisa menjadi masalah yang mengganggu kejantanan kaum pria. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya tentang khasiat bawang putih untuk mencegah hipertensi, aliran darah yang lancar bisa mencegah disfungsi ereksi pria.

  1. Meningkatkan Produksi Hormon Testosteron

Rutin mengkonsumsi bawang putih juga bisa mendongkrak produksi hormon ini. Bagi para atlet, hormon ini berguna saat melakukan aktivitas olahraga berat. Selain itu, hormon testosteron juga bisa meningkatkan performa vitalitas dan stamina.

  1. Menyehatkan Prostat

Seiring bertambahnya usia, pria beresiko mengalami pembengkakan pada prostat. Resiko tersebut bisa dihindari jika Anda rutin mengkonsumsi bawang merah dan bawang putih. Keduanya bsa menurunkan BPH atau Benign Prostatic Hyperplasia, dan pria yang rajin mengkonsumsi bawang putih memiliki resiko 28% lebih rendah untuk tidak terkena masalah prostat di masa tua.

Bagi Anda yang ingin menggunakan bawang putih sebagai obat tradisional, cara konsumsi bawang putih bisa dilakukan dengan memakannya mentah-mentah atuapun menyeduhnya dengan air hangat untuk selanjutnya diminum. Khasiat air seduhan bawang putih akan bekerja lebih efektif jika bawang putih sedikit dihancurkan dengan diuleg ataupun digeprek kasar. Jika Anda tidak terlalu suka dengan rasa ataupun aromanya, Anda bisa menambahkan jahe yang digeprek sehingga aromanya menjadi lebih wangi. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *