Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

khasiat ketumbar untuk saraf

Ketumbar adalah tanaman yang bijinya biasa digunakan sebagai obat, biji ketumbar adalah salah satu rempah herbal yang sangat populer dan kaya akan nutrisi serta baik untuk kesehatan. Dalam dunia kuliner, ketumbar digunakan sebagai bumbu makanan dan dapat mencegah keracunan makanan. Biji ketumbar juga kaya akan nutrisi, serat tinggi, dan juga mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti antioksidan, Vitamin B, C, potasium, tembaga. magnesium, mangan, seng, besi dan kalsium.

Ibu menyusui juga membutuhkan ketumbar sebagai penguat ASI, selain itu ketumbar juga dapat digunakan sebagai zat penyedap untuk obat-obatan dan pewangi untuk parfum dan sabun, ketumbar juga memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan.

7 Khasiat Ketumbar

  • Perawatan Kulit

Zat aktif dalam biji ketumbar dikenal dapat menjaga kesehatan kulit dengan menetralkan efek radikal bebas dan mengurangi tingkat stres oksidatif yang dapat mencegah gejala eksim, psoriasis, dan rosacea.

  • Perawatan Rambut

Komposisi mineral yang kaya dari biji ketumbar selain protein dan lemak yang sehat, ternyata juga mampu meningkatkan kekuatan dan pertumbuhan rambut, efek ini bekerja ketika biji ketumbar dikonsumsi atau dioleskan sebagai salep maupun sampo.

  • Menyembuhkan Diabetes

Serat makanan dalam biji ketumbar dapat membantu Anda mengontrol pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh, jadi biji ketumbar sangat baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

  • Membantu Masalah Pencernaan

Serat makanan dan antioksidan yang penting dalam biji ketumbar juga mampu mengoptimalkan fungsi pencernaan, meningkatkan penyerapan nutrisi, mencegah sembelit serta diare.

Baca juga : Masalah Kesehatan Akibat Kurang Makan

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penelitian menemukan bahwa dengan mengonsumsi biji ketumbar secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol LDL, mampu mencegah osteoklerosis, serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berbeda dengan kebanyakan rempah-rempah lain, biji ketumbar mengandung vitamin C yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan pertahanan tubuh terhadap infeksi patogen dan infeksi luar.

  • Menurunkan Berat Badan

Biji ketumbar kaya akan serat dan dapat mempercepat metabolisme tubuh, kandungan vitamin B dalam biji ini adalah zat yang baik untuk diet dan mengurangi berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *