Manfaat dari Makan Secara Perlahan bagi Tubuh

pola hidup rasulullah sehari hari

Mungkin banyak dari anda yang terbiasa makan dengan cepat, hal ini biasanya dilakukan karena sudah menjadi kebiasaan atau mungkin karena memiliki waktu makan yang sangat sedikit. Penelitian menunjukkan bahwa makan dengan cara lebih lambat bisa membantu tubuh untuk merasa lebih kenyang dan bisa menurunkan berat badan. Orang yang lebih sering makan dengan cepat cenderung memiliki berat badan yang lebih berat dibandingkan dengan orang yang makan dengan lambat, Mereka yang makan dengan cepat juga akan lebih beresiko mengalami obesitas sebanyak 115%.

Manfaat lain dari makan dengan lambat yaitu membantu anda untuk makan lebih sedikit karena asupan kalori dan nafsu makan sudah sebagian besar dikendalikan oleh hormon. Biasanya setelah makan, usus akan menekan hormon ghrelin untuk mengendalikan rasa lapar. Hormon ini menyampaikan pesan ke otak, sehingga dapat membuat anda merasa kenyang dan akhirnya berhenti makan, serta mengurangi nafsu makan anda.

Makan terlalu cepat ternyata dapat juga menyebabkan makan secara berlebihan, hal ini terjadi karena otak tidak memiliki waktu yang cukup untuk menerima sinyal bahwa anda sudah kenyang. Makan lebih lama juga membuat anda mengunyah lebih baik, mengunyah secara perlahan dapat membantu mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan, sehingga asupan kalori bisa menurun sebanyak 9,5% ketika seseorang mengunyah lebih banyak.

Manfaat lain yang bisa dirasakan dengan cara makan perlahan yaitu membantu meningkatkan pencernaan, membantu menyerap nutrisi lebih baik, membuat anda menjadi lebih tenang, serta bisa membantu mengurangi stres. Bagi anda yang ingin mulai kebiasaan makan secara perlahan, ada beberapa tips yang bisa coba anda lakukan.

Rahasia untuk Kenyang Lebih Lama

  • Hindari Makan Ketika Dalam Keadaan Sangat Lapar

Bagi anda yang sering menunda makan tentu hal ini akan membuat merasakan lapar yang sangat besar, makan dalam keadaan sangat lapar dapat membuat anda lebih cepat mengunyah karena rasa lapar berlebihan yang tidak bisa anda tahan. Pastikan anda mengkonsumsi makanan beberapa saat sebelum merasa sangat lapar, cobalah untuk menghitung waktu dengan mencatat atau menjadwalkan waktu makan setiap harinya.

Baca juga : Dampak Kerja Shift Bagi Pola Tidur dan Kesehatan

  • Konsumsi Makanan yang Membutuhkan Waktu Lama untuk Dikunyah

Ketika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, maka anda akan lebih lama mengunyah makanan tersebut. Seperti contohnya sayur, kacang-kacangan dan buah-buahan.

  • Banyak Berlatih untuk Terbiasa Makan Secara Perlahan

Cobalah untuk berlatih dan membiasakan diri dengan makan secara perlahan setiap harinya. Karena ketika anda sudah mencoba untuk makan secara perlahan, maka akan lebih terbiasa dan manfaat lainnya yaitu dapat membuat anda menjadi tidak nyaman apabila tidak makan secara perlahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *