Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

Daun Kelor berguna Bagi Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

Pohon kelor merupakan jenis tumbuhan perdu yang banyak ditemukan di negara dengan iklim tropis. Di beberapa tempat lain, pohon kelor juga disebut dengan nama lain seperti Limaran atau Moringa. Kelor sendiri adalah jenis tanaman yang penyebarannya begitu cepat dan memiliki umur yang panjang sehingga sering digunakan sebagai bahan pangan dan obat-obatan tradisional. Ya, ada banyak manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang bisa kita rasakan jika mengkonsumsi bagian daun. Sedangkan untuk biji tumbuhan kelor juga bisa dimanfaatkan sebagai penjernih air skala kecil. Masukkan beberapa biji kelor ke dalam sumur agar air tetap jernih alami tanpa tercemar obat-obatan kimia.

Berbicara tentang fungsi daun kelor, biasanya dikonsumsi dengan cara dimasak menjadi sup atau direbus dengan air untuk diminum secara rutin. Cara memasak daun kelor untuk obat sebenarnya sama seperti membuat sup pada umumnya, hanya saja bahan dasar yang berupa daun kelor memiliki jumlah yang lebih banyak daripada sayuran yang lain. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui khasiat daun kelor untuk kesehatan tubuh kita, yuk simak ulasan di bawah ini!

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

  1. Melancarkan Pencernaan

Jika Anda sering mengalami sakit maagh, mengkonsumsi daun kelor secara rutin bisa membantu melancarkan pencernaan sehingga maagh bisa hilang dengan sendirinya. Daun kelor memiliki senyawa yang berguna sebagai anti inflamasi sehingga bisa mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Anda bisa merebus daun kelor dan meminum air rebusan tersebut.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi bisa membahayakan kesehatan karena bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Sedangkan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, seseorang harus mendapatkan makanan bergizi yang mengandung lemak nabati guna mengurangi lemak yang ditimbun di dalam tubuh. Daun kelor masuk dalam kategori makanan yang dapat menyediakan zat nabati yang berguna bagi kesehatan tubuh.

  1. Menurunkan Gula Darah

Tak hanya menurunkan kolesterol, daun kelor juga berfungsi untuk menurunkan kadar gula di dalam darah manusia. Hal ini diperkuat dengan kebiasaan orang India yang sering mengkonsumsi daun kelor, baik yang sudah diolah menjadi teh, sayuran, atau yang sudah diekstrak. Mereka percaya bahwa mengkonsumsi daun kelor secara rutin bisa meningkatkan sekresi insulin sehingga daun kelor sering dianggap sebagai obat herbal untuk menurunkan gula darah.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Siapa sangka jika daun kelor juga bisa menjaga kesehatan mata kita? Ya, daun kelor mengandung cukup banyak vitamin A yang berguna bagi kesehatan maka kita. Selama ini kita sering menganggap bahwa vitamin A hanya diperoleh dari makanan yang berwarna merah seperti wortel, tomat, atau pepaya.

  1. Melawan Radikal Bebas

Tubuh membutuhkan antioksidan, yakni sejenis senyawa yang berguna sebagai pertahanan tubuh dalam menangkal radikal bebas. Tingginya radikal bebas bisa memicu beberapa jenis penyakit kronis, seperti jantung dan diabetes. Oleh karena itu, mengkonsumsi daun kelor secara rutin bisa membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang berpotensi menurunkan sistem pertahanan tubuh dan membawa penyakit berbahaya. Mengkonsumsi daun kelor berbagai olahan terbukti bisa meningkatkan kadar antioksidan di dalam darah.

Baca juga : Gejala Penyakit Kista dan Cara Mengatasi Penyakit Kista

Khasiat Daun Kelor bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Tak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita, khasiat air rebusan daun kelor juga secara spesifik berguna bagi kesehatan wanita yang sedang mengandung ataupun sedang menyusui. Namun perlu diketahui bahwa hanya bagian daun saja yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil atau busui. Untuk bagian akar, bunga, ataupun biji tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu.

  • Sumber Zat besi

Wanita hamil membutuhkan banyak zat besi agar tidak kekurangan darah dan mengancam kehamilan. Mengkonsumsi daun kelor secara rutin berguna sebagai sumber zat besi alami sehingga kebutuhan gizi ibu dan janin bisa dipenuhi.

  • Baik untuk Penglihatan Bayi dan Ibu

Selama menyusui, bayi mendapatkan nutrisi melalui makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu. Berkat kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada daun kelor, maka baik ibu ataupun si kecil akan mendapatkan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

  • Melancarkan ASI

Meski proses melahirkan sudah selesai, sang ibu masih harus melalui fase menyusui yang terkadang bisa membuat stress jika ASI tidak keluar. Saat masalah ini terjadi, mengkonsumsi daun kelor dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI sehingga makanan utama bayi tetap terpenuhi.

  • Menambah Kalsium

Kalsium sangat diperlukan oleh wanita sejak awal kehamilan hingga pasca melahirkan. Saat proses pembentukan janin, akan banyak kalsium ibu yang diserap oleh si kecil. Begitu pula saat setelah melahirkan, beberapa tulang yang merenggang membutuhkan kalsium untuk mengembalikan kekuatannya. Di sinilah peran daun kelor pada wanita, yakni sebagai sumber kalsium alternatif. Riset menunjukkan bahwa daun kelor mengandung 4 kali lebih banyak kalsium daripada produk dairy seperti susu ataupun yogurt.

  • Mengatasi Mual

Seperti yang sudah diulas pada poin di atas, daun kelor berguna dalam memperlancar sistem pencernaan manusia. Dalam kasus ibu hamil, morning sickness merupakan sebuah fase yang sangat menyiksa di semester pertama kehamilan. Mual bisa membuat ibu kehilangan gizi yang diperlukan selama hamil karena nafsu makan yang berkurang drastis. Jika Anda menderita morning sickness di fase awal kehamilan, maka daun kelor bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah yang satu ini.

Melihat banyaknya manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh dan ibu hamil, sekarang kita mengetahui sumber nutrisi alternatif yang bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *