Manfaat Diet Ketogenik dan Tips Diet Keto untuk Pemula

Diet Keto Harus Dilakukan dengan Benar

Baik pria ataupun wanita pasti ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal. Namun gaya hidup yang diadopsi justru sering menghancurkan impian kita dalam memiliki bentuk tubuh yang sesuai dengan keinginan. Makan yang tidak teratur, istirahat yang terbatas, hingga waktu olahraga yang sangat minim membuat tubuh sulit diatur agar mencapai bentuk yang ideal. Namun kini Anda tak perlu khawatir karena dengan memperbaiki gaya hidup, terutama pola makan, maka impian untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal bisa terlaksanakan. Salah satu cara terbaik untuk membentuk tubuh adalah dengan memilih diet ketogenik untuk menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap sehat.

Diet ketogenik adalah sebuah metode diet yang memiliki prinsip yang radikal. Jika biasanya kita disarankan untuk menghindari makanan yang berlemak, diet keto justru mengharuskan kita untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan mengurangi porsi makanan yang mengandung karbohidrat. Standar yang ditetapkan untuk diet keto memiliki pola makan berupa 75% konsumsi makanan yang mendandung lemak, 20% makanan yang mengandung protein, dan hanya diperbolehkan mengkonsumsi 5% makanan yang mengandung karbohidrat. Cara ini dipercaya bisa membentuk tubuh dengan lebih cepat tanpa perlu repot melakukan olahraga yang terlalu berat.

Dalam perspektif medis, diet keto bertujuan untuk membakar lemak dan mengubahnya sebagai sumber energi. Hal tersebut akan membantu tubuh membakar lebih banyak lemak sehingga cadangan lemak akan dibuang secara alami. Sebagai akibatnya, berat badan bisa turun secara efektif dan gumpalan lemak di area tubuh akan hilang dengan sendirinya. Sayangnya, masih banyak pro dan kontra diet keto yang masih diperbincangkan hingga saat ini. Namun kuncinya, selama Anda mengikuti tahapan diet keto yang disarankan maka sedikit resiko buruk yang mungkin terjadi.

Manfaat Diet Keto

Terlepas dari berbagai kontroversi yang menyelimuti diet ketogenik, mari kita melihat dalam sudut pandang positif dengan mengambil manfaat diet keto bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat diet keto bagi kesehatan kita.

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Jika dilakukan dengan benar, diet keto yang dilakukan bisa memperbanyak asupan lemak sehat sehingga bisa meminimalisir resiko gangguan sistem kerja jantung kita. Diet keto akan menurunkan kadar insulit sehingga kolesterol di dalam tubuh bisa diminimalisir. Sebagai akibatnya, resiko terkena hipertensi pun semakin kecil.

  1. Meringankan Gejala Epilepsi Anak

Diet keto juga bisa dilakukan oleh anak dengan kondisi tertentu, seperti pada penderita epilepsi contohnya. Bila dilakukan dengan benar, diet keto efektif dalam meringankan gejala epilepsi yang tidak bisa disembuhkan menggunakan obat biasa. Namun diet keto pada anak kecil harus mendapatkan pengawasan dari ahli gizi.

  1. Mengontrol Gula Darah pada Diabetes Tipe 2

Dengan mengkonsumsi lemak yang sehat, seperti lemak dari ikan salmon, kacang, dan buah alpukat, maka tubuh mendapatkan asupan yang diperlukan. Di sisi lain, minimnya karbohidrat yang dikonsumsi juga bisa menurunkan kadar gula darah sehingga penderita diabetes tipe 2 bisa menjaga kadar gula dalam keadaan normal dan stabil.

  1. Meminimalisir Resiko Alzheimer

Diet keto memungkinkan Anda untuk terhindar dari berbagai jenis penyakit sistem saraf seperti Alzheimer, Parkinson, hingga gangguan tidur atau insomnia. Keton yang dihasilkan tubuh akan mengubah lemak menjadi energi sehingga melindungi sel otak dari kerusakan.

Cara Melakukan Diet Ketogenik yang Benar

Setelah mengetahui 4 manfaat diet ketogenik bagi kesehatan tubuh manusia, sekarang mari kita mengupas tuntas tentang cara menerapkan diet ketogenik yang benar. Prinsip pertama yang harus diketahui adalah dengan memilih makanan yang harus dikonsumsi dan makanan yang dihindari saat diet ketogenik. Berikut daftar lengkapnya!

  • Makanan yang Disarankan

Jenis makanan yang disarankan untuk diet keto adalah makanan berlemak dan mengandung protein, seperti daging, ikan berlemak, telur keju yang belum diolah, buah alpukat dan strawberry, sayuran minim karbohidrat, produk susu, dan dark chocolate 90%.

  • Makanan yang Dihindari

Makanan yang wajib dihindari adalah bahan yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti nasi, produk gandum, umbi-umbian, makanan dan minuman manis dengan perasa, makanan yang digoreng dengan minyak sayur, serta minuman yang mengandung alkohol.

Anda harus bisa menerapkan pola makan yang sehat dan sesuai dengan porsi dan presentasi kandungan gizi yang disarankan oleh metode diet ketogenik. Hindari dan pilih makanan yang disarankan dalam diet ini untuk mendapatkan hasil yang ideal.

Baca juga : Penyebab Penyakit Hepatitis, Jenis Hepatitis, dan Gejala Awal Hepatitis

Menu Diet Keto Untuk Pemula

Sebagai orang yang baru pertama kali mencoba diet ketogenik, wajar jika Anda bingung dalam menentukan menu diet keto untuk pemula. Berikut beberapa gambaran menu yang bisa dipilih untuk dikonsumsi setiap hari.

Menu 1

  • Sarapan

Anda bisa memilih kopi hitam tanpa pemanis. Untuk mengurangi rasa pahit kopi, Anda bisa mencampurkan minyak kelapa, vanila, coklat, atau kayu manis.

  • Makan Siang

Dada ayam panggan dengan mentega yang diolah sesuai selera.

  • Makan Malam

Daging sapi yang disajikan dengan tomat, keju, atau mentega.

Menu 2

  • Sarapan

Satu gelas milkshake atau susu full fat

  • Makan Siang

Salad sayur dengan potongan ikan laut, udang, minyak zaitun, atau keju parut.

  • Makan Malam

Daging yang diolah sesuai selera. Jika diperlukan, pilih camilan seperti alpukat, apel, atau kacang yang kaya protein.

Itulah contoh menu diet keto untuk pemula yang ingin mencoba menurunkan berat badan dengan metode ini. Perlu diketahui bahwa diet keto disarankan untuk dilakukan 2 hingga 3 minggu saja. Batas maksimal yang disarankan yakni 12 bulan. Hentikan diet keto jika kondisi kesehatan justru menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *