Manfaat Jahe Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

Dari berbagai jenis tanaman rimpang yang ada di dunia, jahe merupakan jenis yang paling populer. Tanaman jahe dan manfaatnya berguna sebagai salah satu bumbu penyedap alami untuk berbagai jenis masakan dan juga minuman. Selain itu, jahe juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Sama seperti jenis tanaman rimpang lain yang memiliki ciri khas tersendiri, jahe memiliki aroma yang khas dan rasa yang sedikit pedas. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa yang bernama zingeron yang memunculkan rasa sedikit pedas dan bau yang menusuk. Jahe juga memiliki kandungan lain yang berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Tanaman ini diperkirakan berasal dari India meski sejarah juga mencatat bahwa jahe juga ditemukan di Tiongkok. Persebarannya pun semakin meluas di Asia Tenggara semasa era kolonial dimana banyak pedagang dari luar yang datang ke Indonesia mulai memperkenalkan jahe. Berkat letak geografis Indonesia yang ada di garis khatulistiwa, tanaman ini berkembang pesat di seluruh nusantara. Bahkan saking banyaknya tanaman jahe di Indonesia membuat bangsa Portugis mengambil jahe di Indonesia dan memasarkannya di benua Eropa. Sejak saat itulah tanaman rimpang ini semakin dikenal di seluruh dunia.

Jahe Bisa Dimanfaatkan untuk Perawatan Wajah

Dalam pengolahannya jahe sering digunakan sebagai penyedap rasa dan aroma. Banyak yang menggunakan jahe untuk menghilangkan rasa dan bau amis pada seafood. Jahe juga sering diolah menjadi minuman hangat dan campuran ramuan herbal lain untuk menutup rasa pahit.

Kandungan Jahe dan Manfaatnya

Selain senyawa Zingeron yang sangat dominan dan membuat jahe memiliki rasa dan aroma yang khas, tanaman ini juga memiliki kandungan mineral lain yang bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Jahe mengandung kalori mencapai 80kcal, protein sebanyak 1,82g, Vitamin B3, Zat Besi, Fosfor, Potassium, dan juga Kalsium dalam jumlah yang sedikit. Kandungan jahe pun memiliki beberapa manfaat di bawah ini:

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

Sebagai salah satu jenis makanan diaphoretic, jahe bisa membantu produksi keringat di dalam tubuh. Hal ini sangat dibutuhkan oleh orang yang sedang mengalami demam atau flu karena dengan keluarnya keringat maka rasa sakit bisa sedikit lebih ringan. Selain itu, keringat yang keluar merupakan hasil dari detoksifikasi dan mekanisme tubuh dalam mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan. Bahkan keringat bisa melindungi tubuh dari berbagai bakteri jahat dan jamur kulit.

  1. Anti Peradangan

Zat yang terkandung pada jahe juga bersifat anti inflamatori atau anti peradangan. Ini membuat jahe menjadi ramuan yang cocok bagi penderita osteoarthritis dan rematik yang disebabkan karena adanya peradangan pada sendi-sendi tubuh. Rutin mengkonsumsi jahe tidak hanya mengurangi rasa sakit tapi juga bisa meminimalisir pembengkakan pada bagian yang sakit.

  1. Mengurangi Mual

Mual bisa terjadi sebagai akibat dari adanya masalah pencernaan dan merupakan tanda awal kehamilan. Rasa mual akan sangat menyiksa karena penderitanya kehilangan selera makan dan rasa tidak nyaman di bagian perut. Meminum segelas wedang jahe hangat akan membuat pencernaan menjadi lebih nyaman. Selain itu, aroma khas dari jahe juga bisa menjadi relaksasi tersendiri karena bisa menenangkan jiwa.

  1. Memperlancar Saluran Pernapasan

Jahe sudah lama dikenal sebagai salah satu ramuan herbal alami untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan phenolic pada jahe bisa meredakan iritasi akibat GERD, mencegah kontraksi pada perut, menstimulasi air liur, dan membantu proses pencernaan sari makanan. Tak hanya itu saja, jahe juga bisa membantu mengeluarkan gas berlebih pada pencernaan sehingga perut tidak kembung.

  1. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Penelitian juga membuktikan bahwa jahe bisa mengurangi gejala nyeri saat menstruasi. Khasiat ini disamakan dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat bertugas mengatasi nyeri. Wanita bisa mengkonsumsi ekstrak jahe saat awal periode menstruasi tiba untuk meredakan nyeri perut.

Jahe Memiliki Segudang Manfaat Kesehatan

Manfaat Jahe untuk Wajah dan Kecantikan

Melihat zat yang terkandung pada tanaman ini, tidak heran jika jahe kerap disebut sebagai tanaman ajaib karena bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ada pula manfaat jahe untuk kesehatan dan wajah yang bisa membantu wanita dalam merawat kecantikan kulit. Berikut daftar khasiat jahe untuk wajah:

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Saat ada luka ringan di bagian kulit ataupun wajah, Anda tak perlu khawatir karena bisa memanfaatkan jahe untuk menyembuhkan luka. Jangan sembarangan menggunakan obat yang justru bisa mengakibatkan infeksi. Berkat sifat anti inflamasi yang dimilikinya, jahe cocok menjadi pilihan untuk menyembuhkan luka ringan di area kulit wajah.

  1. Mengontrol Minyak Wajah

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak bisa memanfaatkan jahe untuk mengurangi produksi minyak wajah. Meski dibutuhkan kulit, tapi jumlah minyak yang berlebihan justru bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Perawatan menggunakan jahe ternyata bisa membantu mengurangi minyak yang berlebihan sehingga kulit tetap kering dan tidak kusam.

  1. Memperlambat Penuaan Dini

Keriput merupakan masalah utama wanita yang telah berusia 40 tahun. Masalah ini memang tidak bisa dihilangkan begitu saja, tetapi setidaknya Anda bisa melakukan langkah pencegahan agar tidak terjadi penuaan dini. Senyawa pada jahe bisa menjaga kulit tetap sehat dan bebas dari radikal bebas. Dengan demikian kulit tetap bersih, sehat, dan bebas dari zat berbahaya yang bisa menyebabkan penuaan dini.

  1. Mengatasi Sunburn

Saat terlalu lama di bawah terik matahari, kulit biasanya akan berubah warna menjadi kemerahan. Perubahan warna tersebut juga biasanya dibarengi dengan rasa perih dan sensasi seperti terbakar. Anda bisa menggunakan jahe sebagai alternatif bahan alami untuk mengatasi masalah ini.

  1. Mencerahkan Kulit

Manfaat jahe bagi kecantikan yang lain adalah untuk mencerahkan kulit. Jahe bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di area wajah. Hal tersebut juga akan memberikan dampak positif, yakni kulit menjadi lebih cerah alami. Bahkan perawatan yang rutin dilakukan bisa membuat kulit menjadi putih bersih.

Mengolah Jahe untuk Perawatan Wajah

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengolah jahe sebagai salah satu alternatif untuk merawat kecantikan kulit wajah. Cara ini bisa dipilih sesuai dengan tingkat kemudahan sehingga Anda tak perlu repot melakukan perawatan wajah dengan jahe.

  1. Masker Jahe

Anda bisa mengolah jahe sebagai masker dengan menghaluskannya. Anda pun bebas menambahkan bahan almai lain sebagai pelengkap masker jahe. Aplikasikan masker ke wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas hingga bersih.

  1. Bubuk Jahe

Bubuk jahe kini sudah tersedia dan bisa digunakan sebagai masker. Pastikan Anda memilih bubuk jahe tanpa campuran gula. Tentu saja cara ini lebih praktis karena Anda tak perlu repot menghaluskan jahe.

  1. Air Jahe

Air rebusan jahe juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sunburn dan menyamarkan kantong mata. Jika merebus jahe dalam jumlah banyak, Anda bisa menyisakannya sedikit untuk perawatan kulit wajah.

Apapun cara yang Anda pilih, pastikan Anda menggunakan jahe yang asli dan alami tanpa campuran apapun agar bisa merasakan manfaatnya secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *