Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat jus seledri untuk kecantikan

Seiring berjalannya waktu, popularitas makanan dan minuman sehat semakin meningkat dan dicintai oleh banyak orang, kesadaran untuk hidup sehat lebih tinggi, terutama bagi kaum urban. Baru-baru ini ada minuman sehat yang dicintai oleh milenial, minuman tersebut adalah jus seledri. Anda pasti bertanya-tanya apa manfaat dari jus seledri.

Satu gelas jus seledri hanya mengandung sekitar 40 kalori dan tidak heran minuman ini sangat populer. Selain sehat, seledri juga kaya nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti vitamin A, K dan C, beta karoten, flavonoid, fitonutrien, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium.

Manfaat Kesehatan dari Jus Seledri

  • Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji seledri memiliki karakteristik anti hipertensi, seledri juga mengandung phytochemical yang mampu melemaskan jaringan dinding arteri. Kondisi ini menyebabkan aliran darah lancar dan mampu menurunkan tekanan darah.

  • Melindungi dari Efek Kemoterapi

Komponen aktif seledri dapat mengubah efek obat tertentu, sebuah studi pada hewan di tahun 2009 menemukan bahwa jus seledri memiliki efek perlindungan ketika digunakan dengan obat doxorubicin, Ini adalah obat kemoterapi yang digunakan untuk menyembuhkan kanker. Jus seledri memiliki efek positif saat mengkonsumsinya selama perawatan doxorubicin dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas.

  • Mencegah Penyakit Kronis

Seledri adalah salah satu sumber utama flavonoid, para ilmuwan sedang mempelajari hubungan antara flavonoid dan pencegahan penyakit kronis. Memang ini perlu penelitian lebih lanjut, namun sebuah penelitian pada tahun 2014 menemukan bahwa flavanoid yang diisolasi dari seledri memiliki aktivitas antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Baca juga : Efek Hipertensi Pada Tubuh yang Sering Diabaikan

  • Meminimalkan Stres Oksidatif

Studi lain menemukan bahwa ekstrak flavonoid dari seledri dapat meminimalkan stres oksidatif pada tikus, stres oksidatif biasanya disebabkan oleh insektisida.

  • Memiliki Karakteristik Anti Radang

Flavonoid yang ditemukan pada seledri juga terbukti memiliki karakteristik anti radang. Sebuah studi pada 2012 menemukan efek jus terutama pada flavonoid, dan hasilnya menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi jus merupakan cara efektif untuk mendapatkan flavonoid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *