Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit Wanita

Kunyit Berkhasiat untuk Menjaga Kulit Wanita

Kunyit atau orang Jawa biasanya menyebut dengan kunir merupakan jenis tanaman rempah dan tanaman obat yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Sejak zaman kolonial, tanaman ini juga mulai menyebar ke wilayah Eropa, Afrika, hingga benua Australia karena khasiatnya yang berguna bagi kesehatan sekaligus sebagai penyedap masakan. Dengan melihat sejarah kunyit di masa lampau, tidak heran jika manfaat kunyit untuk kesehatan telah diamini selama ratusan tahun sebagai salah satu obat herbal alami yang bisa menyembuhkan berbagai jenis macam penyakit. Tak hanya itu saja, dalam perkembangannya pun kunyit ternyata memiliki segudang manfaat karena bisa dijadikan sebagai ramuan kecantikan.

Hal tersebut tidak lepas dari kandungan kunyit yang ternyata mudah diserap oleh tubuh. Rimpang kunyit misalnya memiliki kandungan kurkumin dan minyak atsiri yang cukup tinggi. Kurkumin juga merupakan zat yang membuat rempah ini berwarna oranye atau kuning. Selain itu, kunyit juga mengandung magnesium dan senyawa mineral lain yang berguna bagi tubuh. Setiap senyawa yang ada pada kunyit memiliki peran dan khasiat yang berbeda bagi organ tubuh manusia. Dalam pemanfaatannya kunyit kerap diolah sebagai jamu, obat luar, ataupun direbus dengan rempah lain sebagai campuran obat.

Setelah mengetahui kandungan mineral pada kunyit, mari kita membedah rempah ini lebih dalam dengan mengetahui khasiat kunyit untuk kesehatan tubuh manusia. Apa saja?

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

  1. Penghilang Rasa Sakit

Senyawa yang terkandung pada kunyit memiliki sifat analgesik, yakni bisa membantu menghilangkan rasa sakit. Sifat analgesik pada kunyit juga dipercaya jauh lebih baik daripada aspirin sehingga kunyit sering direkomendasikan untuk mengobati peradangan di dalam tubuh kita. Salah satunya adalah mengobati radang usus dengan kunyit serta melindungi paru paru pada penderita asma karena kunyit bisa meminimalisir radang pada saluran bronkus yang menyebabkan penyempitan saluran udara.

  1. Mengurangi Mual

Mual sering diidentikkan dengan gangguan pencernaan meski sejatinya ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab mual, seperti stress, infeksi pencernaan, hingga dehidrasi. Jika mual terjadi akibat adanya infeksi pada pencernaan, maka kunyit akan membantu mengurangi rasa mual jika dikonsumsi dalam bentuk jamu. Kandungan senyawa phytochemical ini bisa menjadi antioksidan pada tubuh yang akan berperang melawan racun pada saluran pencernaan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Ada banyak cara dalam mengolah kunyit untuk membantu menjaga kesehatan, salah satunya adalah dengan mengolahnya sebagai jamu. Manfaat jamu kunyit asam jawa misalnya telah dipercaya sebagai ramuan untuk menurunkan berat badan secara alami. Kurkumin yang terkandung bisa membantu merespon radang pada sel tubuh, termasuk lemak, pankreas, dan juga sel otot sehingga berat badan cenderung lebih stabil.

  1. Obat Alergi Kulit

Saat anak mengalami alergi atau infeksi pada kulit yang menyebabkan gatal-gatal, maka Anda bisa menggunakan kunyit sebagai obat topikal pengganti salep. Ini merupakan sebuah rahasia umum bahwa kunyit sering digunakan untuk mengobati gatal dengan cara menumbuknya hingga halus dan mengoles pada bagian kulit yang alergi.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Tubuh memiliki hormon bernama Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF) yang bekerja dengan cara membentuk koneksi baru pada otak manusia. Kunyit berperan dalam meningkatkan kadar BDNF sehingga tidak terjadi gangguan pada sistem saraf. Dengan kata lain, kunyit bisa membantu mengurangi resiko penyakit yang berhubungan pada otak kita.

Kunyit Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

8 Manfaat Kunyit untuk Wajah dan Kecantikan

Selain bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ada banyak manfaat kunyit untuk wajah dan kecantikan bagi wanita. Anda bisa mengolah kunyit sebagai masker alami yang bermanfaat dalam merawat kulit wajah. Tak tanggung-tanggung, setidaknya ada 8 manfaat kunyi bagi kecantikan wajah!

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Regenerasi kulit berlangsung setiap hari dan penumpukan sel kulit mati bisa menimbulkan jerawat. Anda bisa menggunakan masker kunyit untuk wajah guna mengangkat sel kulit mati serta menghilangkan bekas luka. Tentu saja ramuan ini 100% aman dan tidak menimbulkan efek samping.

  1. Anti Pigmentasi

Kunyit memiliki kandungan antiseptik dan anti inflamasi yang berguna dalam menangani pigmentasi pada kulit wajah. Anda bisa menggunakan masker kunyit secara rutin untuk kulit bagian bawah mata yang rentan mengalami pigmentasi. Lakukan pijatan halus di area ini secara rutin.

  1. Mencegah Keriput

Penuaan dini bisa terjadi pada siapa saja dan tidak perlu menunggu usia tua. Faktor eksternal dan internal sangat berpengaruh terhadap munculnya keriput pada kulit wajah. Untuk mencegah keriput atau lipatan pada kulit wajah, Anda bisa memanfaatkan kunyit sebagai masker setidaknya 3 kali seminggu. Dengan demikian, tekstu wajah akan tetap terjaga dan pori-pori kulit ternutrisi zat yang bermanfaat.

  1. Menghilangkan Jerawat dan Menyamarkan Bekasnya

Jerawat merupakan salah satu jenis masalah kulit yang paling umum. Zat antiseptik pada kunyit akan membantu penyembuhan luka atau bintil pada jerawat. Tak hanya menghilangkan jerawat saja, kunyit juga berperan dalam menghilangkan noda bekas jerawat akibat sel kulit mati.

  1. Mengatasi Hirsutisme

Hirsutisme merupakan kondisi saat rambut wajah muncul tak terkendali akibat adanya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Ini merupakan kasus yang jarang terjadi karena presentasinya sangat kecil. Penggunaan masker kunyit bisa membantu menghilangkan rambut pada wajah yang terlalu lebat dan mengganggu penampilan.

Baca juga : Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

  1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Sinar Ultraviolet pada sinar matahari merupakan salah satu faktor penyebab kanker kulit. Untuk membantu mencegah hilangnya elastisitas kulit akibat terlalu sering terpapar sinar Ultraviolet, Anda bisa menggunakan masker kunyit untuk meminimalisir terjadinya penyakit kanker kulit. Selain itu, masker kunyit juga bisa menghilangkan bintik cokelat atau garis pada kulit akibat sering terpapar sinar matahari.

  1. Menghiangkan Stretch Mark

Bagi ibu yang baru melahirkan, strecth mark merupakan salah satu masalah kulit yang cukup merepotkan. Namun Anda tak perlu khawatir karena kurkumin pada kunyit bisa mengubah sifat fisik membran sel sehingga strecth mark akan hilang dan bentuk kulit akan kembali seperti semula. Gunakan masker kunyit sebelum mandi secara rutin bisa menyamarkan noda strect mark.

  1. Menghaluskan Tumit dan Siku

Kulit di area tumit sering mengalami pengerasan dan pecah-pecah. Bagian suku pun sering terasa menghitam, keras, dan kasar. Anda bisa menumbuk kunyit hingga halus dan menggunakan pasta tersebut sebagai obat oles untuk mengurangi kaki pecah-pecah dan menghaluskan kulit yang kasar di bagian siku.

Demikian informasi tentang manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Untuk mendapatkan khasiat yang sempurna, disarankan untuk menggunakan kunyit asli sebagai ramuan tradisional untuk mengatasi masalah kesehatan maupun masalah kulit. Suplemen, salep, ataupun obat yang mengandung kunyit tidak sepenuhnya efektif karena adanya campuran dengan zat lain. Selain itu, penggunaan ramuan kunyit yang alami juga bisa meminimalisir efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *