Manfaat Minum Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan

diet air putih turun berapa kilo

Memiliki berat dan bentuk tubuh ideal tentu menjadi dambaan banyak orang, berbagai cara sengaja dilakukan untuk mengurangi berat badan, dari mulai olahraga, mengurangi makan, hingga menempuh jalur operasi. Selain beberapa cara tersebut, anda juga bisa menurunkan berat badan dengan cara lain yang lebih mudah, anda bisa menurunkan berat badan hanya dengan minum air putih.

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa minum air dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, selain itu dengan minum air yang cukup maka tubuh akan terhidrasi dengan baik, ini salah satu faktor yang berperan membantu menurunkan berat badan.

Air Minum untuk Penurun Nafsu Makan Alami

Minum air sebelum makan bisa mengurani nafsu makan. Ketika perut terasa kenyang maka syaraf akan mengirim sinyal ke otak untuk berhenti makan, hal ini terjadi karena air dapat mengurangi ruang di perut anda, sehingga anda dapat merasa kenyang setelah minum air sebelum anda makan. Dalam sebuah studi pada tahun 2014, 50 wanita yang kelebihan berat badan minum air sebanyak 500 ml sebelum sarapan, makan siang dan makan malam selama 8 minggu berturut–turut, dan didapatkan bahwa para peserta mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh dan indeks massa tubuh. Minum air lebih banyak juga dapat mengurangi asupan kalori, sehingga dapat menurunkan berat badan. Karena secara umum air tidak mengandung kalori, dengan begitu, ketika anda mengkonsumsi air lebih banyak maka asupan kalori menjadi lebih berkurang.

Air Membantu Melarutkan Zat Sisa dan Racun Dalam Tubuh

ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka akan menyulitkan untuk membuang zat sisa dari dalam tubuh sebagai urin atau feses. Air membantu ginjal untuk menyaring racun dan zat sisa, serta membantu tubuh menyerap nutrisi penting dan elektrolit. Dehidrasi juga menyebabkan tinja menjadi lebih keras dan menimbulkan penyakit sembelit. Selain itu, air juga membantu tubuh untuk pulih dari masalah pencernaan, misalnya seperti diare dan gangguan pencernaan.

Baca juga : Kecanduan Belanja Bukan Hanya Gaya Hidup yang Tinggi, Tetapi juga Masalah Kejiwaan

Air Membantu Tubuh untuk Membakar Lemak

Tanpa air, tubuh tidak bisa melakukan metabolisme lemak atau karbohidrat. Minum air yang cukup sangat penting untuk membantu membakar lemak dari makanan, minuman, serta lemak yang tersimpan dalam tubuh. Anda juga perlu mengetahui seberapa banyak air yang harus diminum setiap harinya. Untuk ukuran minum air, setiap orang memiliki perbedaan. Hal ini berkaitan dengan beberapa faktor, diantaranya tingkat aktivitas, usia, suhu. ukuran tubuh atau berat badan, paparan sinar matahari, hingga kondisi kesehatan.

Untuk kondisi seseorang yang sedang berolahraga dan berkeringat, tentu akan lebih banyak membutuhkan air minum dibandingkan dengan seseorang yang sedang tidak bergerak secara aktif. National Academy of Medicine di Amerika Serikat merekomendasikan untuk  konsumsi air pada wanita dewasa sebanyak 2700ml dan untuk laki-laki dewasa sebanyak 3700ml setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *