Masalah Kesehatan Akibat Kurang Makan

kekurangan makanan dan minuman akan mengakibatkan

Asupan makanan yang cukup adalah suatu hal yang harus diperhatikan setiap hari, karena kurang asupan makanan bisa menimbulkan dampak negatif dan masalah bagi tubuh, seperti masalah mental, fisik, dan emosional, dengan itu kita harus pastikan bahwa tubuh sedang tidak kekurangan asupan makanan. Ketika tubuh kekurangan asupan makanan, tubuh akan memberi sinyal atau tanda-tanda tertentu.

Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Makanan

  • Rambut Mudah Rontok

Kerontokan rambut adalah hal yang normal, tetapi jika anda menyadari bahwa jumlah rambut rontok semakin meningkat, ini adalah tanda bahwa  tubuh kurang mengkonsumsi makanan. Untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan rambut, tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup, diantaranya pastikan tubuh mendapat kalori, protein, dan biotin yang cukup setiap hari.

  • Jadwal Tidur Terganggu

Ketika tubuh kekurangan asupan makanan, maka penyebab ini akan memengaruhi jadwal tidur, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa diet ketat dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk. Jika Anda bangun dari tidur di tengah malam karena kelaparan, ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan asupan makanan.

  • Tubuh Terasa Dingin

Jika tubuh terasa dingin terus-menerus, ini juga pertanda bahwa tubuh membutuhkan asupan makanan. Keadaan ini bisa terjadi karena tubuh membutuhkan kalori tertentu untuk menghasilkan panas dan menjaga suhu tubuh agar tetap sehat, sehingga anda harus mempertimbangkan jumlah asupan makanan atau kalori setiap hari, karena semakin tubuh kekurangan kalori maka memungkinan untuk tubuh menjadi semakin dingin.

  • Sulit Hamil Bagi Wanita

Ini terjadi karena hipotalamus dan kelenjar hipofisis yang terletak di otak berkolaborasi untuk menjaga keseimbangan hormon, termasuk kesehatan reproduksi. Ketika asupan kalori dan lemak pada tubuh terlalu rendah maka sinyal pada tubuh bisa terganggu, keadaan ini akan memengaruhi jumlah hormon yang dilepaskan. Karena itu, ketika hormon reproduksi tidak seimbang maka akan membuat wanita sulit hamil. Tanda ini biasanya juga menyebabkan seseorang mengalami amenore hipotalamus atau tidak mengalami menstruasi selama 3 bulan bahkan lebih. Bagi anda yang ingin cepat mendapat keturunan, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dan kalori yang cukup.

Baca juga : Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening, Gejala, dan Pengobatannya

  • Tubuh Terasa Lemas

Kalori adalah unit energi yang dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan energi, ketika tubuh tidak mendapatkan kalori yang cukup maka akan membuat anda merasa lemas. Asupan kalori yang kurang dari 1000 gram per hari dapat memperlambat laju metabolisme tubuh, dan pada akhirnya akan membuat tubuh anda mudah merasa lemah, bahkan hanya berjalan selama beberapa menit dapat membuat tubuh seketika terasa lelah jika asupan kalori terlalu rendah.

  • Konstipasi atau Sulit Buang Air Besar

Jarang atau sulit untuk buang air besar dapat terjadi jika tubuh mengalami kekurangan kalori, keadaan ini terjadi karena ketika tubuh mengkonsumsi lebih sedikit makanan, maka dengan itu akan menyebabkan kotoran dalam tubuh jauh lebih sedikit pada saluran pencernaan, dan ini sering terjadi pada seseorang dengan diet ketat atau sangat membatasi asupan makanannya. Jadi ketika tubuh mulai merasakan gejala ini, anda lebih baik mengingat seberapa banyak atau seberapa sering anda makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *