Masker untuk Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami

Pilih Cara Alami untuk Memanjangkan Rambut

Rambut merupakan mahkota manusia. Tak hanya bagi wanita saja, rambut juga merupakan ‘mahkota’ yang sangat berharga bagi pria. Semua pasti setuju jika tatanan rambut akan mempengaruhi penampilan kita. Jika kita memiliki rambut yang pas dengan bentuk wajah, niscaya kita akan lebih percaya diri dalam kehidupan sehari-hari. Bagi mereka yang ingin memiliki rambut panjang, biasanya mereka rela untuk melakukan berbagai cara memanjangkan rambut dengan cepat secara tradisional. Cara tradisional masih banyak dipilih karena lebih aman dan tidak memiliki efek samping. Memang kini sudah banyak beredar obat penumbuh atau membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Tapi penggunaan obat tidak disarankan karena bisa menimbulkan resiko lain.

Masker untuk Memanjangkan Rambut secara Tradisional

Cara memanjangkan rambut secara tradisional tetap dipilih karena perawatannya mudah untuk dilakukan. Selain itu, cara tradisional juga lebih murah dengan mengandalkan beberapa bahan alami yang ada di sekitar kita. Bagi Anda yang ingin mencoba cara tradisional memanjangkan rambut pria ataupun wanita bisa menggunakan masker rambut di bawah ini.

  1. Masker Kentang

Kentang yang diblender halus ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi rambut, salah satunya membantu memanjangkan rambut secara alami. Anda bisa memilih 2 kentang besar lalu diblender halus. Tambahkan sedikit madu asli dan kuning telur, oleskan pada kulit kepala dan seluruh bagian rambut. Setelah 30 menit, cuci rambut hingga bersih.

  1. Masker Jahe

Jahe bisa memperlancar sirkulasi darah dan merangsang folikel rambut untuk menyerap nutrisi lebih cepat. Selain itu, jahe juga bisa menyeimbangkan pH kulit kepala. Anda bisa menggunakan jahe parut yang dicampur santan dan tetesan lemon dalam mangkuk kecil. Celupkan sisir pada mangkuk dan ratakan ke seluruh rambut.

  1. Minyak Jarak

Buah dari pohon jarak sudah sejak lama diketahui memberikan banyak manfaat. Bahkan jika diolah menjadi minyak, produk ini bisa digunakan untuk memanjangkan rambut. Anda bisa membuat minyak jarak sendiri atau membeli produk asli di toko herbal. Usapkan minyak ini sedikit demi sedikit di kulit kepala, biarkan semalaman, dan cuci bersih rambut Anda keesokan harinya.

  1. Minyak Kemiri

Kemiri dikenal sebagai salah satu rempah khas Indonesia. Anda bisa membakar/sangrai kemiri hingga mengeluarkan minyak. Gunakan minyak kemiri seminggu sekali sebelum keramas untuk memberikan nutrisi tambahan pada rambut. Selain memanjangkan rambut, minyak kemiri bisa membuat rambut hitam lebat dan berkilau.

Hasil penggunaan masker rambut yang terbuat dari bahan alami akan memberikan efek yang berbeda bagi setiap orang. Tidak ada jaminan pasti karena kondisi dan tekstur rambut setiap orang berbeda-beda.

Baca juga : Penyebab dan Obat Asam Urat Tradisional yang Ampuh

Tips Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Meski demikian, Anda masih bisa mencoba beberapa metode di bawah ini untuk memanjangkan rambut secara alami dan cepat tanpa efek samping.

  1. Jangan Keramas Setiap Hari

Penggunaan produk shampoo kerap menghilangkan minyak alami di kulit kepala. Akibatnya, rambut akan kering dan mudah rontok. Untuk menjaga kesehatan rambut, keramas secara rutin 2 atau 3 hari sekali agar kelembapan alami rambut tetap terjaga.

  1. Merapikan Rambut

Meski Anda ingin rambut panjang, namun rambut tetap harus dirapikan. Apalagi jika rambut Anda mulai tumbuh bercabang. Anda harus memotong rambut meski tidak terlalu pendek untuk mencegah rambut rusak tumbuh tidak teratur.

  1. Hindari Pemakaian Hairdryer dan Hairspray

Menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut dan hairspray dalam jangka waktu lama untuk menata rambut bisa mengurangi kekuatan dan kealamian rambut. Rambut akan rusak dan mudah rontok. Jadi keringkan secara alami dan jangan gunakan produk yang merusak rambut Anda.

  1. Jaga Asupan Makanan

Selain faktor dari luar, Anda pun harus memperhatikan faktor dari dalam tubuh dari nutrisi yang dikonsumsi. Sama seperti anggota tubuh lain, rambut membutuhkan nutrisi yang berguna dalam periode pertumbuhannya. Perbanyak makan sayur yang mengandung vitamin B dan kacang-kacangan yang kaya protein.

Terlepas dari panjang atau tidaknya rambut Anda, menjaga kesehatan rambut jauh lebih penting dari segalanya. Dengan memiliki rambut yang sehat, maka Anda akan terhindar dari masalah rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *