Mau Makan Banyak Tapi Berat Badan Tidak Naik? Konsumsi 7 Makanan Ini

cara ekstrim menurunkan berat badan

Untuk seseorang yang sedang diet atau berusaha mengurangi berat badan, salah satu metode umum yaitu mengurangi konsumsi makanan. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis makanan yang tidak akan menambah berat badan Anda? Seleksi makanan saat melakukan diet adalah hal penting untuk dilakukan. Jika Anda memilih makanan yang tepat, maka anda akan kenyang lebih cepat bahkan jumlah kalori yang dikonsumsi rendah.

Beberapa jenis makanan yang akan membuat anda kenyang lebih cepat seperti makanan yang mengandung banyak air dan  makanan yang mengandung protein tinggi. Protein akan membuat tubuh kenyang lebih cepat daripada makanan yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat.

Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama

  • Ikan

Ikan yang kaya akan Omega 3 dapat meningkatkan rasa kenyang, terlebih bagi seseorang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi ikan akan lebih membuat lebih kenyang daripada mengkonsumsi ayam atau sapi.

  • Apel

Buah-buahan adalah salah satu makanan yang harus dikonsumsi setiap hari, terutama untuk anda yang sedang menjalankan program diet. Apel mengandung pektin, ini adalah serat yang akan larut yang secara alami dan dapat menunda metabolisme. Karena itu, apel dapat membuat tubuh kenyang lebih lama, apel juga mengandung 85% air yang dapat membuat Anda kenyang lebih cepat tanpa banyak konsumsi kalori. Dengan mengonsumsi apel maka anda bisa mengurangi rasa lapar.

  • Sayuran

Sayuran adalah salah satu makanan yang mengandung banyak nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh, beberapa jenis sayuran juga mengandung banyak air dan serat untuk membantu tubuh merasa lebih kenyang. Sebelum makan, terlebih dahulu anda bisa mengonsumsi beberapa sayuran seperti salad yang disana sudah mengandung beberapa jenis sayuran. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi salad sebelum makan akan membantu tubuh merasa kenyang sebelum makan.

  • Oatmeal

Beberapa orang mengonsumsi oatmeal sebagai sarapan, oatmeal membuat tubuh kenyang lebih cepat karena kandungan seratnya yang tinggi. Oatmeal juga merupakan sumber serat larut yang baik, yang membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Oatmeal juga sangat baik untuk menekan nafsu makan, meningkatkan sensasi penuh atau rasa kenyang, dan mengurangi asupan kalori sepanjang hari.

Baca juga : Cara Menaikkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

  • Kentang Rebus

Kentang mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi penting lainnya. Kentang juga mengandung pati resisten yang merupakan serat larut untuk membantu tubuh merasa lebih kenyang.

  • Telur

Telur adalah salah satu makanan sehat yang mengandung nutrisi penting bagi tubuh, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa orang yang makan telur saat sarapan akan merasa lebih kenyang dan akan lebih sedkit mengkonsumsi kalori.

  • Jeruk

Sama seperti halnya apel, buah jeruk mengandung pektin tinggi yang dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan sensasi penuh atau rasa kenyang, jeruk juga mengandung kadar air yang tinggi, setidaknya jeruk mengandung air sebanyak 87%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *