Menahan Buang Air Kecil Apakah Berbahaya?

cara mengatasi sakit perut karena menahan kencing

Buang air kecil merupakan hal alami yang pasti akan dialami dalam beberapa kali dalam sehari. Mungkin beberapa dari anda ada yang pernah menahan buang air kecil. Ini memang kerap kali dilakukan ketika berada dalam waktu dan situasi tertentu.

Berapa banyak kandung kemih dapat menampung urine? Untuk orang dewasa, kandung kemih dapat menampung hingga 16 ons atau sekitar 2 cangkir urine. Sedangkan bagi anak dibawah usia 2 tahun, kandung kemih dapat menampung hingga 4 ons.

Menahan buang air kecil bisa saja berbahaya, namun bisa juga tidak berbahaya jika seseorang memiliki kandung kemih yang sehat. Maka sesekali menahan buang air kecil bukan merupakan hal yang berbahaya, namun jika memiliki beberapa masalah kesehatan maka hal ini tentu bisa membahayakan tubuh. Sering menahan buang air kecil untuk waktu yang lama dapat meningkatkan resiko beberapa penyakit, seperti pembesaran prostat, gangguan ginjal, retensi urine, hingga infeksi saluran kemih.

Bagi beberapa wanita, keinginan buang air kecil akan meningkat setelah memiliki anak. Keadaan ini berdasarkan hasil dari perubahan yang terjadi selama persalinan termasuk melemahnya otot dan stimulasi saraf. Selain itu, ada beberapa resiko lain yang mungkin akan dialami oleh para wanita yang terlalu sering menahan buang air kecil untuk waktu yang lama.

Akibat Menahan Buang Air Kecil

  • Timbulnya Rasa Sakit

Anda yang lebih sering menahan buang air kecil akan merasakan sakit di sekitar kandung kemih atau ginjal, hal ini dapat dirasakan ketika menahan buang air kecil atau ketika anda mulai mengeluarkan urine. Keadaan ini juga dapat menyebabkan kram pada panggul.

  • Kandung Kemih Meregang

Dalam jangka panjang, menahan buang air kecil dapat membuat kandung kemih meregang. Hal ini dapat menyulitkan kandung kemih untuk berkontaksi yang berakibat terhadap buang air kecil yang tidak normal.

Baca juga : Manfaat Diet Ketogenik dan Tips Diet Keto untuk Pemula

  • Batu Ginjal

Mungkin anda pernah mendengar kasus ini, bahwa menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu ginjal. Terlebih bagi mereka yang memiliki urin dengan kandungan mineral yang tinggi.

  • Infeksi Saluran Kemih

Dalam beberapa kasus, menahan buang air kecil dapat membuat bakteri berkembang biak, sehingga menyebabkan infeksi saluran kemih. Terlebih bagi seseorang yang pernah memiliki riwayat infeksi saluran kemih sebelumnya. Infeksi saluran kemih ini meliputi beberapa gejala diantaranya perasaan terbakar saat buang air kecil, nyeri panggul bagian bawah, urin berbau kuat, urin berwarna gelap hingga urin bercampur darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *