Mengenal Gejala dan Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker Getah Bening Harus Disadari Sejak Awal

Kelenjar Getah Bening merupakan bagian sistem kekebalan tubuh manusia. Kelenjar ini terbungkus oleh kapsul yang berisi kumpulan sel yang akan menjadi sistem pertahanan tubuh. Kelenjar ini juga adalah tempat untuk menyaring protein asing di dalam tubuh dengan jumlah sekitar 600 kelenjar. Kelenjar getah bening akan menghasilkan sel pertahanan tubuh jika ada mikroba ataupun zat asing yang muncul dalam tubuh manusia. Jadi jika kelenjar getah bening ini terserang penyakit, seperti kanker misalnya, maka akan muncul gangguan sistem kesehatan tubuh yang bisa berakibat fatal. Kita harus mewaspadai gejala kelenjar getah bening yang terganggu sel kanker agar ada tindakan khusus untuk mencegah berkembangnya sel berbahaya tersebut.

Kanker kelenjar getah bening sendiri merupakan salah satu penyakit yang cukup serius. Dalam dunia medis, penyakit ini juga dikenal dengan istilah kanker limfoma, yakni kanker darah yang terjadi pada sistem limfatik di dalam tubuh sehingga kelenjar getah bening mengalami pembengkakan. Benkolan pada kelenjar getah bening ini akan dimulai saat sel darah putih bekerja dalam melawan penyakit yang melakukan mutasi genetik. Perkembangan sel yang tidak terkontrol di dalam tubuh membuat kelenjar getah bening memproduksi sel darah putih lebih banyak. Seperti yang sudah disebut sebelumnya, bahwa kelenjar getah bening berjumlah sekitar 600 di seluruh tubuh kita. Jadi jika sel kanker mulai menyerang, ada beberapa gejala yang mungkin terjadi tergantung dimana sel kanker itu tumbuh dan menyerang kelenjar getah bening.

Ciri Ciri Penyakit Kanker Getah Bening

Jika sel kanker menyerang kelenjar getah bening di leher, maka akan muncul beberapa masalah kesehatan di area tersebut. Untuk penyebab kanker kelenjar getah bening di leher bervariasi, bisa karena infeksi virus atau bakteri yang menyerang gigi, gusi, ataupun tenggorokan. Namun secara umum, berikut di bawah ini merupakan ciri ciri penyakit kanker getah bening yang sering terjadi.

  1. Penurunan Berat Badan

Gejala yang paling sering terjadi adalah penurunan berat badan yang sangat drastis. Limfoma yang terindikasi terkena sel kanker memang bisa memicu turunnya berat badan karena tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk melawan mutasi sel kanker yang menyerang sistem kekebalan tubuh kita.

  1. Mudah Lelah

Gejala lain yang muncul saat kelenjar getah bening terserang sel kanker adalah perasaan mudah lelah. Sebenarnya ini merupakan gejala yang sangat umum dan sering tidak disadari oleh pasien. Jadi jika tiba-tiba Anda sering merasa lelah meski tidak memiliki aktivitas berat yang dilakukan, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter karena rasa lelah juga menjadi petanda bahwa tubuh sedang tidak sehat.

  1. Demam dan Menggigil

Menurunnya daya tahan tubuh terhadap serangan virus penyakit akan membuat peradangan. Sebagai akibatnya, suhu tubuh akan meningkat seiring bekerjanya daya tahan tubuh. Pasien biasanya akan demam yang disertai dengan menggigil kedinginan di malam hari. Tanda lain yang sering muncul adalah keringat dingin di malam hari saat demam terjadi.

  1. Pembengkakan di Area Tertentu

Meski memiliki sekitar 600 kelenjar getah bening, namun hanya ada beberapa kelenjar limfoma yang bisa dirasakan secara langsung, yakni di bagian leher, area ketiak, dan selangkangan. Saat kelenjar getah bening bekerja melawan penyakit tertentu, biasanya akan muncul pembengkakan di kedua atau salah satu area tersebut. Benjolan tersebut terasa sakit jika ditekan dan sering disertai dengan ruam merah.

  1. Ruam Merah yang Gatal

Gejala tumor kelenjar getah bening yang lain adalah munculnya ruam pada kulit yang gatal. Ruam tersebut biasanya diiringi dengan rasa panas dan gatal yang tidak tertahankan. Selain itu, muncul pula benjolan kecil di area kulit yang sakit. Kondisi tersebut kerap terjadi oleh pasien penderita kanker Limfoma Hodging.

Semua gejala tersebut sering tidak disadari oleh pasien sehingga penanganan penyakit kelenjar getah bening tidak langsung dilakukan. Jika hal ini terjadi, maka bisa berakibat fatal karena sel kanker sudah meluas ke organ lain di dalam tubuh.

Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening

Biasanya metode pengobatan yang dilakukan pada pasien penderita penyakit ini disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan tingkat keparahan yang sudah terjadi. Prosedur pengobatan kanker getah bening, antara lain:

  • Pemberian Antibiotik

Antibiotik digunakan di tahap awal penyakit kanker getah bening. Antibiotik akan membantu menghentikan persebaran virus dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Dokter akan memberikan antibiotik tertentu agar kondisi pasien tidak drop sebelum akhirnya dilakukukan prosedur pengobatan lain.

  • Perawatan Kanker

Perawatan dalam mengatasi kanker akan dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan. Biasanya pasien akan dirawat dengan melakukan terapi radiasi, kemoterapi, atau bahkan prosedur operasi untuk menyelamatkan pasien.

Kanker getah bening diklasifikasikan pada beberapa kategori tergantung stadium. Jadi pasien masih bisa diselamatkan jika gejala kanker getah bening diketahui sejak stadium awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *