Mengenal Green Coffee: Proses Pengolahan, Manfaat, dan Efek Samping

Khasiat Green Coffee untuk Menurunkan Berat Badan

Kopi merupakan jenis biji-bijian yang mendunia karena olahan turunan dari biji ini bisa dinikmati dalam secangkir minuman. Di era modern, kebiasan meminum kopi pun meningkat berkat teknik manual brewing yang memungkinkan kita untuk menikmati kopi dalam berbagai macam cara dan rasa. Alhasil, rata-rata konsumsi kopi di dunia pun meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut ditunjang oleh beberapa penelitian tentang manfaat kopi, salah satunya adalah khasiat green coffee untuk diet dan menurunkan berat badan.

Cara Membuat Green Coffee

Di Indonesia sendiri, nama green coffee masih asing belum familiar. Akan tetapi green coffee cukup terkenal di luar negeri karena dipercaya bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Pada dasarnya, green coffee tidak beda jauh dengan biji kopi yang biasa kita konsumsi. Hanya cara pengolahannya saja yang membuat warna biji kopi berwarna hijau atau hitam. Cara membuat green coffee pun sama dengan cara mengolah biji kopi biasa, hanya saja green coffee tidak melalui proses pemangganan sehingga warnanya tetap hijau.

Proses pengolahan biji ini juga dipercaya mampu menjaga zat antioksidan yang memberikan khasiat bagi kesehatan. Karena tidak dipanggang, zat klorogenik pada green coffee masih cukup tinggi. Zat klorogenik ini yang dianggap bisa menurunkan berat badan secara alami dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Benarkah Green Coffee Efektif untuk Diet?

Berkat kandungan zat klorogenat yang tinggi, kini banyak orang yang mulai tertarik untuk mengkonsumsi green coffee dibandingkan dengan kopi biasa. Cara minum green coffee sebetulnya tidak jauh berbeda dengan kopi biasa, Anda hanya perlu menggiling biji kopi hingga halus dan menyeduh dengan air panas. Ada pula beberapa produk green coffee dalam bentuk suplemen yang mudah dikonsumsi. Namun benarkah green coffee sudah terbukti efektif untuk menurunkan berat badan?

Pertanyaan ini masih diperdebatkan oleh ahli nutrisi dunia. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa green coffee bisa membantu penderita obesitas untuk mengurangi berat badan. Sementara beberapa penelitian lain menyebut bahwa efektifitas green coffee dalam menurunkan berat badan sangat kecil. Dengan kata lain, kita bisa menyimpulkan bahwa green coffee merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan meskipun hasil yang diraih setiap orang bisa berbeda

Baca juga : Tips Mengatasi Radang Tenggorokan secara Alami untuk Anak dan Orang Dewasa

Resiko Efek Samping Minum Green Coffee

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan, green coffee juga memiliki resiko efek samping yang harus dipertimbangkan. Meski tidak berbahaya, namun bagi beberapa orang yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif bisa cukup merepotkan. Anda bisa mengalami gangguan pencernaa, jantung berdebar lebih cepat karena caffein, mual, hingga mengalami gangguan tidur. Konsumsi green coffee dalam batas wajar agar kita bisa mendulang manfaatnya tanpa merugikan kesehatan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *