Mengenal Jenis Kolesterol, Penyebab Kolesterol Tinggi, dan Pola Makan yang Tepat

Kolesterol Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Kita

Kolesterol merupakan satu diantara banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Meski selama ini kita mengidentifikasikan kolesterol sebagai salah satu zat yang menimbulkan penyakit, tapi jika dalam kadar yang pas maka kolesterol akan berguna bagi tubuh kita. Bahkan tubuh kita juga memproduksi kolesterol secara alami meski dalam jumlah yang sedikit. Oleh karena itulah kita membutuhkan tambahan asupan kolesterol yang didapat dari makanan yang kita konsumsi. Kolesterol sendiri berguna untuk membuat hormon yang diperlukan oleh tubuh, vitamin D, serta membantu asam empedu untuk mencerna lemak dari makanan. Jadi perspektif orang terhadap kolesterol selama ini tidak sepenuhnya benar.

Jika tubuh Anda memiliki banyak kolesterol maka Anda harus tahu bagaimana cara menurunkan kolesterol agar seimbang. Anda bisa mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh dengan melakukan cek bernama tes profil lipid. Idealnya Anda disarankan untuk melakukan cek kolesterol setiap 5 tahun sekali guna memastikan berapa jumlah kolesterol di dalam tubuh Anda. Dengan demikian, Anda akan tahu apakah Anda butuh lebih banyak kolesterol atau justru diharuskan untuk melakukan diet untuk menurunkan kolesterol. Kadar kolesterol yang baik adalah kurang dari 200 mg/dl. Jika kadar kolesterol Anda di atas angka tersebut, maka itu termasuk dalam kadar kolesterol tinggi.

Kolesterol Jahat dan Kolesterol Baik di Dalam Tubuh

Kolesterol sendiri memiliki bentuk seperti lilin meski kenyataannya itu adalah seonggok lemak. Pada dasarnya, ada dua jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh kita. Kolesterol ini akan beredar ke seluruh tubuh melalui aliran darah dalam bentuk Lipoprotein. Susunan lipoprotein itu sendiri terbuat dari lemak di bagian dalam dan protein di bagian luar.

  • Low Density Lipoprotein (LDL)

Ini merupakan nama lain dari kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita. Melihat kegunaan dari Low Density Lipoprotein (LDL), kolesterol ini berperan untuk mengedarkan kolesterol ke seluruh sel tubuh karena memang sel-sel di dalam tubuh kita butuh kolesterol sebagai salah satu bahan bakunya. Namun jenis kolesterol ini pun dikaitkan dengan peningkatan resiko aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah karena adanya gumpalan kolesterol yang menumpuk di salah satu pembuluh. Sebagai akibatnya, akan ada gangguan pada salah satu anggota tubuh kita. Biasanya penderita akan terkena serangan jantung ataupun stroke.

  • High Density Lipoprotein (HDL)

Jika ada lemak jahat, maka tubuh juga memiliki lemak baik yang bernama HDL. Fungsi utama dari HDL adalah membawa balik kolesterol yang ada di lapisan sel tubuh ke dalam organ hati untuk dipecah dan dibuang dari tubuh melalui kotoran. Jika tubuh kita memiliki komposisi LDL dan HDL yang seimbang, maka tidak ada gangguan kesehatan yang bisa muncul akibat penumpukan kolesterol. HDL sendiri mengandung lebih banyak protein bahkan mencapai sekitar 50% dengan hanya 20% saja kolesterol. Akibatnya, HDL tidak mudah menempel pada pembuluh darah sehingga tidak menimbulkan sumbatan.

Demikian fakta yang perlu diketahui tentang fungsi dan juga jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh kita. Selama kita memiliki jumlah HDL yang lebih banyak daripada LDL, maka kesehatan akan tetap terjaga dan kita bisa terhindar dari penyakit kronis yang mematikan.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Minimnya kesadaran tentang betapa pentingnya melakukan cek kolesterol membuat orang tidak sadar terhadap ancaman zat ini. Ini karena ada banyak gejala kolesterol tinggi yang tidak diketahui hingga akhirnya mengganggu salah satu organ tubuh kita. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita mengetahui faktor yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi di dalam tubuh.

  1. Makanan

Makanan merupakan faktor utama penyebab kolesterol tinggi. Apalagi jika kita sering mengkonsumsi makanan yang digoreng, berlemak, dan juga fast food yang banyak mengandung lemak jenuh dan juga lemak trans yang bisa meningkatkan kadar LDL di dalam tubuh.

  1. Obesitas

Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas juga memiliki resiko yang sangat besar terkena dampak dari kolesterol tinggi. Lemak yang tidak dipecah secara sempurna bisa menggumpal di beberapa bagian tubuh. Tak hanya itu saja, gumpalan tersebut akan berbahaya jika menyumbat salah satu pembuluh darah kita.

  1. Usia

Semakin tua seseorang maka semakin tinggi pula kadar LDL di dalam tubuhnya. Ini dipengaruhi dengan menurunnya fungsi dan juga metabolisme tubuh manusia. Jadi tidak heran jika ada banyak lansia yang memiliki kadar LDL tinggi dan terkena penyakit yang disebabkan oleh kolesterol.

  1. Kurang Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk membakar lemak dan kalori di dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga bisa meningkatkan HDL dan mengurangi LDL. Rutin olahraga tiga kali seminggu sudah cukup untuk mengendurkan otot, memperlancar pembuluh darah, serta mengurangi lemak secara alami.

  1. Keturunan

Faktor genetik juga memiliki peran terhadap munculnya penyakit yang diakibatkan kolesterol tinggi. Jika orang tua Anda memiliki riwayat kolesterol, maka ada kemungkinan besar Anda juga bisa mengalami hal yang sama.

Makanan Penurun Kolesterol yang Tepat

Makanan Penurun Kolesterol

Selain mengkonsumsi obat herbal kolesterol, Anda juga memiliki cara untuk menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam tubuh dengan beberapa pilihan makanan penurun kolesterol. Kami telah merangkum daftar makanan yang cocok untuk penderita kolesterol tinggi.

  • Kacang-Kacangan

Hampir semua jenis kacang-kacangan memiliki kandungan serat yang tinggi dan mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Serat tersebut berguna bagi kesehatan untuk mengendalikan kadar kolesterol. Kacang merah paling direkomendasikan untuk mengurangi trigliserida yang berkaitan dengan penyakit jantung.

  • Oatmeal

Ganti nasi biasa Anda dengan oatmeal yang juga kaya akan serat. Makanan ini merupakan pengganti nasi yang tepat karena mengenyangkan. Selain itu, serat larut pada oatmeal juga mudah dicerna oleh tubuh sehingga tidak menyebabkan obesitar.

  • Buah yang Asam

Buang yang punya rasa asam memang jarang disukai. Namun ternyata buah jenis ini sangat baik bagi tubuh karena senyawa pektin yang bisa menangkal kolesterol jahat. Serat tersebut mudah larut dalam tubuh dan tidak menyumbat pembuluh darah.

Baca juga : Penyebab Penyakit Bipolar dan Cara Menyembuhkan Bipolar Disorder

  • Ikan Salmon

Salmon maupun minyak ikan salmon merupakan asupan wajib untuk mengendalikan kadar kolesterol tubuh. Kandungan asam lemak Omega 3 bisa menurunkan kadar LDL dalam darah. Anda bisa mengganti pilihan daging dengan ikan salmon yang kaya protein baik.

  • Alpukat

Makanan terakhir yang bisa membantu menurunkan kolesterol adalah alpukat. Buah dari Meksiko ini memiliki protein yang baik bagi tubuh dan kaya akan asam folat. Anda bisa mengkonsumsi buah ini secara langsung atau mengolahnya menjadi jus.

Tak hanya rajin mengkonsumsi makanan penurun kolesterol saja, Anda pun sebaiknya mulai mengubah gaya hidup. Kurangi kebiasaan buruk seperti merokok, begadang, dan mengkonsumsi makanan yang digoreng. Perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar kolesterol tetap terjaga. Dan yang paling penting, mulailah merencanakan olahraga rutin setiap minggu untuk membakar lemak lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *