Mengenal Manfaat dan Efek Samping Daun Afrika untuk Kesehatan

Vernonia Amygdalina merupakan nama latin dari tanaman daun Afrika yang masih satu keluarga dengan tanaman Kenikir. Tanaman ini memiliki bunga yang indah dan berwarna cerah, biasanya berwarna kuning, putih, atau bahkan ungu dengan bentuk bunga yang berbeda di setiap jenisnya. Sesuai dengan namanya, ini merupakan tanaman herbal yang populer di tanah Afrika. Bahkan di Nigeria tanaman ini sering digunakan sebagai salah satu tanaman obat. Tidak heran jika khasiat daun Afrika tersohor ke berbagai negara.

Daun Afrika Memiliki Manfaat dan Efek Samping Bagi Kesehatan-min

Daun Afrika dan Manfaatnya

Beberapa penelitian menyebut bahwatanaman ini memiliki sumber protein, serta, dan juga lemak yang cukup tinggi. Ditambah dengan beberapa jenis mineral dan nutrisi lain, daun Afrika dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh bisa kita dapatkan.

  1. Antioksidan

Tanaman ini dipercaya mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit. Antioksidan juga berguna untuk menjaga tubuh dari paparan radikal bebas dan mengurangi resiko penyakit berbahaya.

  1. Obat Malaria

Meskipun kalah populer dengan obat malaria tradisional yang lain, daun Afrika juga dipercaya bisa mengobati penyakit ini. Akan tetapi Anda tidak bisa sepenuhnya menjadi obat tunggal malaria karena penyakit ini tetap butuh perawatan medis.

  1. Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Kanker sendiri termasuk jenis penyakit yang belum ditemukan obatnya. Namun esktrak daun Afrika bisa menurunkan kadar estrogen yang berlebihan sehingga mengurangi resiko kanker payudara. Selain itu, kandungan nutrisi daun Afrika juga mengurangi resiko kanker di organ tubuh lain.

  1. Mencegah Gagal Jantung

Daun Afrika juga mengandung linolenic acid yang merupakan sejenis Omega 3 yang tidak diproduksi oleh tubuh. Konsumsi yang cukup bisa membantu tubuh mendapatkan Omega 3 yang berguna menjaga kesehatan sistem syaraf dan otak kita.

  1. Mengobati Jerawat

Ada manfaat daun afrika untuk kecantikan yang bisa kita raih, yakni mengobati jerawat sekaligus menghilangkan bekas luka. Anda bisa mengolahnya menjadi masker dan menggunakannya secara rutin di area kulit yang berjerawat.

Efek Samping Daun Afrika

Meski tanaman ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan, tapi perlu diperhatikan pula aturan dan efek samping minum daun Afrika. Selama ini masih sedikit bukti ilmiah yang mendukung khasiat daun Afrika. Berikut beberapa efek samping yang harus dipertimbangkan jika rajin meminum daun Afrika.

  1. Gatal Kulit

Efek samping yang timbul jika menggunakan daun Afrika adalah munculnya gatal kulit, apalagi bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Alergi seperti ini bisa saja muncul pada beberapa orang. Jika terjadi rasa gatal setelah penggunaan daun Afrika, segera hentikan perawatan dengan tanaman ini.

  1. Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Ibu hamil memiliki kekebalan tubuh yang rentan terhadap penyakit. Bahkan perubahan menu makanan bisa memberikan pengaruh terhadap kesehatan ibu dan janin. Jika Anda sedang hamil, jangan pertaruhkan kesehatan Anda dengan memilih obat herbal. Turuti rekomendasi dokter yang menangani proses kehamilan Anda.

  1. Berkurangnya Kadar Gula Darah

Daun Afrika memang bisa membantu menurunkan gula darah. Tapi jika dikonsumsi oleh orang normal dan dalam dosis tidak wajar, hal ini bisa berpotensi mengurangi kadar gula darah dan menimbulkan penyakit hipoglikemia.

Daun Afrika bisa dibilang sebagai pisau bermata dua karena selain memberi manfaat juga bisa memberikan efek samping yang cukup berbahaya. Jika tidak yakin dengan khasiat daun Afrika, pilihlah obat herbal lain yang punya manfaat yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *