Mengenal Penyakit Ambeien, Penyebab dan Obat Alami Ambeien

Gejala Ambeien yang Harus Diwaspadai

Ambeien ialah salah satu penyakit yang umum diderita. Penyakit ambeien terjadi saat pembuluh darah vena yang ada di sekitar anus mengalami peradangan atau pembengkakan. Kondisi ini umum pula disebut sebagai hemorrhoid atau ambeien. Kemunculannya dapat terjadi di dalam rektum, yaitu saluran yang menghubungkan anus dengan usus besar atau di anus itu sendiri. Penyebab utamanya adalah keseringan mengejan saat buang air besar. Penyakit ini tidak berbahaya serta tidak menular. Kondisi ini dapat terjadi terutama pada orang yang berusia di atas 50 tahun, baik laki-laki maupun perempuan. Bahkan, ambeien seringkali dapat sembuh dengan sendirinya maupun disembuhkan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran.

Gejala dan Penyebab Ambeien

Walau tidak berbahaya dan tidak menular, ambeien jelas dapat mengganggu penderitanya. Kita harus paham gejala-gejalanya, faktor yang menyebabkan terjadinya ambeien hingga cara-cara pengobatan yang sesuai. Berikut adalah beberapa gejala ambeien yang muncul:

  1. Gatal serta iritasi di daerah rektum
  2. Buang air besar dengan warna merah terang karena bercampur darah namun tidak terasa nyeri
  3. Muncul rasa nyeri dan juga tidak nyaman
  4. Terjadi pembengkakan pada sekitar anus
  5. Benjolan sensitif dan nyeri pada daerah di dekat anus
  6. Kemungkinan besar masih ada gejala lain yang tidak disebutkan di atas. Jika kita khawatir akan adanya ambeien karena mengalami satu atau lebih gejalanya, segera hubungi dokter.

Kita sebaiknya segera menghubungi dokter apabila sudah terlihat ciri ciri ambeien sebagai berikut:

  1. Terasa sangat nyeri bahkan setelah meminum obat ambeien
  2. Buang air besar disertai darah dan berwarna hitam seperti tar
  3. Merasa pusing dan kepala seperti berputar-putar

Lalu, apa saja sebenarnya penyebab ambeien ini? Ternyata ada beberapa faktor khusus yang memungkinkan terjadinya ambeien. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Penyebab utamanya ialah pembengkakan pada pembuluh darah vena yang disebabkan meningkatnya tekanan pada rektum bagian bawah
  2. Mengejan saat BAB akan meningkatkan faktor resiko terjadinya ambeien
  3. Duduk terlalu lama juga dapat mengakibatkan ambeien
  4. Diare maupun sembelit kronis berpotensi pada kemunculan penyakit ambeien
  5. Obesitas alias kelebihan berat badan sangat mungkin memicu ambeien
  6. Wanita hamil juga banyak yang mengalami ambeien
  7. Kurangnya asupan makanan yang kaya akan serat

Baca juga : 5 Cara Membedakan Gejala Tipes dan DBD dengan Tepat

Pengobatan Ambeien Secara Medis

Dalam beberapa kasus, ambeien akan dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, beberapa gejala pada penyakit ini akan membutuhkan terapi khusus. Berikut adalah beberapa cara mengobati ambeien yang umum dilakukan, mulai dari perawatan di rumah hingga prosedur bedah.

  1. Makanan Penambah Serat

Konsumsi makanan kaya akan serat serta makanan khusus penambah serat akan dapat dilakukan sebagai salah satu langkah pengobatan ambeien. Pasalnya, salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit ini ialah kurangnya asupan makanan yang mengandung serat. Termasuk di antaranya adalah methylcellulose serta psyllium yang akan membantu proses pengeluaran feses serta mengatasi sembelit.

  1. Obat Ambeien

Obat khusus untuk ambeien ini bisa berbentuk krim maupun obat supositori yang akan membantu dalam meredakan gejala-gejalanya, seperti nyeri hingga gatal.

  1. Operasi Pengangkatan Ambeien

Operasi khusus yang dilakukan untuk mengangkat ambeien disebut hemoroidektomi. Cara ini terbilang paling efektif karena akan mengangkat kelebihan jaringan yang menyebabkan terjadinya pendarahan. Operasi ini dapat dilakukan menggunakan bius lokal dan obat penenang, bius umum ataupun bius spinal. Kebanyakan orang memang akan mengalami sakit pasca operasi. Untuk mengatasinya bisa dikonsumsi obat penghilang rasa sakit. Waktu pemulihan kira-kira adalah 2 minggu, namun untuk bisa beraktivitas normal kembali dibutuhkan waktu antara 3 hingga 6 minggu.

  1. Prosedur Medis Selain Operasi

Selain operasi hemoroidektomi di atas, masih ada empat prosedur medis lain yang bisa dijadikan alternatif. Mereka adalah:

  • Trombektomi ambeien eksternal, di mana dokter akan melakukan sayatan serta drainase sederhana apabila gumpalan darah terbentuk dalam ambeien eksternal. Prosedur ini terutama efektif dilakukan dalam jangka waktu 72 jam pasca perkembangan gumpalan darah tersebut.
  • Ligasi pita karet, di mana dokter akan mengikat satu ataupun dua pita karet ukuran kecil di sekitar ambeien internal guna memotong aliran darah. Tanpa adanya aliran darah, ambeien akan terlepas sendirinya seminggu setelah prosedur ini dijalankan. Cara ini efektif bagi orang-orang yang tidak perlu pembiusan. Pasien bisa beraktivitas normal pada keesokan harinya. Walau demikian, mungkin akan muncul rasa nyeri dan tidak nyaman dalam 2 hingga 4 hari pasca dilakukannya prosedur.
  • Suntikan atau skleroterapi juga dapat dilakukan. Larutan kimia khusus disuntikkan dalam jaringan ambeien agar bisa mengecil. Suntikan ini bisa menghilangkan rasa sakit karena ujung syaraf akan mati rasa di lokasi penyuntikan tersebut. Ukuran ambeien akan susut setelah satu setengah bulan.
  • Terakhir, dapat pula digunakan teknik koagulasi dengan sinar laser maupun inframerah agar membakar jaringan ambeien. Prosedur ini akan memotong aliran darah. Akan tetapi, prosedur ini masih memungkinkan ambeien untuk kembali kambuh. Selain itu, akan muncul sedikit rasa tidak nyaman dalam prosesnya.

Lidah Buaya untuk Obat Ambeien Alami

Pengobatan Ambeien Secara Alami

Selain menggunakan metode medis, kita juga bisa memanfaatkan obat ambeien alami yang bisa didapatkan dengan mudah di sekitar. Kita bisa mencoba sebagai alternatif apabila pengobatan medis masih belum memungkinkan.

  1. Cuka Apel

Cuka apel bisa jadi obat alami bagi ambeien yang bisa digunakan secara mudah. Rendam kapas dalam cairan sari cuka apel, lalu oleskan perlahan ke bagian yang terkena ambeien. Ulangi hingga peradangan menghilang serta rasa sakitnya reda. Bisa juga dilakukan dengan cara campurkan cuka apel dalam air ketika membilas bagian anus saat mandi.

  1. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya terutama terkenal karena kandungan zat anti peradangannya. Gelnya sejuk sehingga akan menjadi obat ambeien yang ampuh, terutama dalam melemaskan serta menenangkan peradangan di pembuluh darah. Arakuinon dalam lidah buaya juga akan membantu mengencangkan dinding saluran pencernaan sehingga mendorong isi usus agar keluar dalam bentuk lebih lunak. Feses akan lebih mudah bergerak dan penyumbatan yang menyebabkan ambeien bisa dicegah.

  1. Bawang Putih

Fungsi bawang putih dalam mengobati ambeien ialah meningkatkan sirkulasi darah, melindungi pembuluh darah serta menghancurkan bakteri jahat dalam usus. Oleskan langsung pada daerah yang sakit atau dimakan mentah.

  1. Kulit Pohon Ek

Kulit kayu ek putih terutama kaya akan sifat tonik, antiseptik serta hemostatik yang akan mengurangi gejala penyakit ambeien. Kalsium dan tanin di dalamnya juga tinggi sehingga akan memperkuat kapiler usus serta menjaga jaringan lunak. Penggunaan kulit kayu ek juga akan meredakan gatal maupun iritasi. Rebus atau kukus kulit pohon ek putih lalu gunakan cairannya sebagai obat oles di daerah anus.

Bagi Anda yang sedang berjuang melawan penyakit ini, disarankan untuk langsung berkonsultasi dengan dokter guna mencegah penyakit semakin parah. Jangan lupa, barengi dengan mengkonsumsi obat ambeien alami untuk masa penyembuhan yang lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *