Mengenal Penyakit Hernia: Penyebab, Jenis Hernia, dan Cara Pengobatannya

Penyebab penyakit hernia

Artikel Kesehatan – Pernahkah Anda mendengar nama penyakit Hernia? Penyakit ini juga dikenal dengan sebutan turun berok di kalangan masyarakat. Penyakit Hernia merupakan sebuah kondisi dimana organ yang ada di dalam tubuh menekan jaringan otot atau jaringan ikat yang lemah sehingga menimbulkan benjolan di bawah kulit. Penyebab penyakit hernia adalah jaringan ikat yang ada pada tubuh manusia yang sebenarnya cukup kuat untuk menahan organ tubuh di dalamnya. Akan tetapi, pada beberapa orang jaringan ini melemah sehingga tidak bisa menahan organ lain dan akhirnya menjadi penyakit hernia.

Faktor Penyebab Hernia

Selain masalah otot bawaan, hernia juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini:

  • Terlalu sering mengangkat beban yang berat hingga membuat otot bagian perut tertahan
  • Konstipasi yang kerap membuat pasien harus mengejan ekstra keras saat BAB
  • Pada wanita hamil, pertumbuhan janin memberikan tekanan pada dinding perut bagian dalam
  • Adanya penumpukan cairan yang berlebihan di dalam perut
  • Peningkatan berat badan yang terjadi secara drastis
  • Batuk menahun atau bersin yang berlangsung lama

Pada dasarnya, segala hal yang bisa membuat otot perut tertekan secara terus menerus bisa melemahkan jaringan ikat yang ada di sekitar perut dan panggul. Dalam jangka waktu yang lama jaringan ikat melemah sehingga organ tubuh pun menonjol keluar.

Contoh Hernia Gejala dan Obatnya

Selama ini banyak yang menganggap bahwa hanya pria saja yang bisa terkena hernia. Padahal wanita juga memiliki resiko untuk terkena penyakit ini. Sebelum mengetahui perbedaan penyakit hernia pada pria dan wanita, ada baiknya untuk mengenal jenis-jenis Hernia.

  • Hernia Inguinalis

Ini merupakan kondisi saat jaringan lemak atau sebagian usus di dalam rongga perut mendorong ke selangkangan. Pria punya resiko paling tinggi terkena penyakit ini.

  • Hernia Femoralis

Hernia jenis ini terjadi karena jaringan lemak atau sebagian usus mencuat ke paha atas bagian dalam. Inilah jenis penyakit hernia yang paling sering terjadi pada wanita, terutama mereka yang obesitas.

  • Hernia Umbilikus

Kasus ini terjadi saat jaringan lemak mendorong ke dinding perut, tepatnya di bagian pusar. Ini merupakan jenis penyakit hernia yang sering terjadi pada bayi atau anak di bawah usia 6 bulan karena tali pusar tidak menutup dengan sempurna.

  • Hernia Hiatus

Terjadi karena bagian lambung mencuat ke dalam rongga dada. Kasus ini sering terjadi pada lansia yang telah berusia lebih dari 50 tahun.

  • Hernia Insisional

Penyakit ini terjadi akibat sebagian usus atau jaringan lemak mencuat karena bekas luka operasi di daerah panggul atau perut.

  • Hernia Diafragma

Ini merupakan jenis yang terjadi pada bayi yang lahir secara tidak sempurna karena organ lambung masuk ke rongga dada melalui celah diafragma.

Masih ada beberapa jenis hernia lain yang kurang lebih sama, hanya saja letak terjadinya penyakit tersebut berada di bagian tubuh yang lain. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mengetahui jenis yang tepat.

Baca juga : Tips Mengatasi Penyakit Campak pada Anak dan Orang Dewasa

Pengobatan Penyakit Hernia

Pengobatan penyakit hernia dilakukan sesuai dengan jenis penyakit yang menyerang tubuh pasien. Penderita hernia juga disarankan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup dan tidak mengangkat beban yang berat untuk mencegah terjadinya pelemahan pada jaringan otot. Jika Anda juga baru saja melakukan operasi bedah, jaga baik-baik bekas operasi agar organ di dalam tubuh tidak menekan dan menonjol keluar.

Untuk jenis hernia Umbilikalis yang terjadi pada bayi biasanya tidak menimbulkan gejala berbahaya dan tali pusar bisa menutup sendiri di usia 1 atau 2 tahun. Orang tua hanya perlu menjaga kebersihan perut agar tidak terjadi infeksi pada pusar.

Sedangkan pada kasus lain, dokter perlu melakukan observasi untuk melihat jenis hernia yang terjadi sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan, termasuk operasi. Pada kasus hernia Inguinalis, operasi bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penahanan bagian organ yang kerap menimbulkan nyeri. Apapun yang terjadi, segera konsultasi dengan dokter karena sejauh ini belum ada obat tradisional yang terbukti ampuh mengobati hernia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *