Mengenal Sistem Pencernaan Manusia, Fungsinya, dan Cara Menjaganya

Makan dan minum merupakan kebutuhan pokok dalam hidup manusia. Bahkan fakta kesehatan menyatakan bahwa manusia hanya bisa bertahan tanpa makan selama 3 minggu. Tapi sayangnya manusia hanya bisa bertahan maksimal 7 hari tanpa minum. Tidak heran jika makan dan minum merupakan kegiatan wajib yang rutin dilakukan setiap hari untuk menjaga kelangsungan hidup. Namun pernahkah Anda berpikir bagaimana sistem pencernaan pada manusia bekerja? Pada dasarnya setiap organ di dalam tubuh kita memiliki fungsi masing-masing, termasuk saluran pencernaan yang bertugas dalam mencerna makanan, menyerap nutrisi dan menyaring racun, serta mengeluarkan sisa makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Anatomi sistem pencernaan manusia terdiri dari dua kelompok, yakni organ saluran pencernaan dan organ pencernaan pelengkap. Organ saluran pencernaan merupakan seluruh organ dalam rangkaian masuknya makanan hingga proses pembuangan. Masing-masing organ dalam sistem pencernaan memiliki tugas dan fungsinya. Organ tersebut terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. Sedangkan organ pencernaan pelengkap merupakan bagian tubuh yang bertugas menyempurnakan proses pencernaan makanan seperti gigi dan lidah, empedu, air liur, hati, dan pankreas. Untuk memahami lebih lanjut tentang proses pencernaan makanan, berikut beberapa organ pencernaan manusia dan fungsinya dalam proses mencerna makanan.

Organ Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya

Organ Pencernaan Manusia beserta Fungsinya

  1. Mulut

Proses pencernaan makanan dimulai dari mulut dimana seluruh bagian mulut akan memecah makanan menjadi bagian kecil. Lidah berfungsi untuk merasakan makanan yang dikunyah oleh gigi. Setelah selesai dikunyah, makanan akan masuk ke dalam kerongkongan untuk memasuki fase selanjutnya.

  1. Kerongkongan

Bagian antara mulut dan kerongkongan terdapat klep Epiglotis yang bertugas menutup batang tenggorokan agar makanan tidak masuk ke saluran udara dan membuat kita tersedak. Kerongkongan merupakan jalan bagi makanan untuk menuju lambung. Kontraksi pada kerongkongan akan mendorong makanan turun ke lambung. Gerakan ini disebut sebagai gerak Peristaltik. Di ujung kerongkongan, terdapat cincin otot yang menjaga makanan tetap berada di lambung dan tidak naik ke kerongkongan.

  1. Lambung

Lambung berada tepat di bagian atas perut kita diantara rongga tulang rusuk. Organ yang terlihat seperi huruf J ini hanya berukuran dua kepal tangan. Tiga fungsi utama dari lambung adalah menyimpan makanan dan cairan yang merupakan makanan dan minuman, mencampur makanan dan cairan pencernaan berupa enzim, serta memasukan makanan yang sudah dicerna ke dalam usus kecil.

Enzim akan bekerja sama dengan otot perut dalam memecah makanan menjadi bagian yang lebih halus. Proses tersebut bertujuan untuk mengubah bentuk makanan menjadi semi padat sebelum akhirnya disalurkan ke usus halus. Lambung membutuhkan waktu hingga 4 jam untuk mencerna makanan.

  1. Usus Halus

Setelah dibentuk oleh lambung dalam bentuk semi padat, makanan masuk ke usus halus yang berada di bagian bawah lambung. Proses selanjutnya adalah penyerapan nutrisi yang terkandung di dalam makanan.

  1. Usus Besar

Proses pencernaan selanjutnya memasuki bagian usus besar yang memiliki ukuran 6 meter dan membentuk huruf U terbalik yang melingkar dari bagian kanan bawah tubuh dan berakhir di sisi kiri bawah. Makanan yang telah melalui usus halus masuk ke dalam usus besar melalui kantung sekum. Selanjutnya makanan masuk ke dalam kolon untuk menyerap garam dan cairan. Pada akhirnya, makanan masuk ke dalam rektum agar limbah yang tidak dibutuhkan oleh tubuh berkumpul sebelum akhirnya dibuang melalui anus.

Dalam tahap ini, seluruh rangkaian proses pencernaan makanan telah memasuki tahap akhir. Sisa makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan dibuang dalam bentuk semi padat, tergantung dengan banyaknya cairan dan jenis makanan yang kita konsumsi.

Melihat bagaimana rangkaian sistem pencernaan manusia bekerja, satu masalah kecil pada organ tubuh pencernaan bisa mengakibatkan gangguan pencernaan yang berujung pada hilangnya keseimbangan kesehatan dan munculnya penyakit. Oleh karena itu kita diharuskan menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan selamat. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersih dan sehat menjadi cara terbaik untuk menjaga organ pencernaan kita. Jangan lupa, pilih makanan kaya serat agar kerja sistem pencernaan tidak terlalu berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *