Menu Makan untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan Alami

Tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Tak hanya wanita saja, pria pun akan lebih percaya diri jika memiliki bentuk tubuh yang ideal dan atletis. Akan tetapi, tidak semua orang lahir dengan bentuk tubuh yang ideal. Beberapa orang harus berjuang keras untuk mendapatkan bentuk tubuh yang mereka inginkan. Selain faktor keturunan yang bisa mempengaruhi bentuk tubuh, gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur merupakan faktor utama yang membuat Anda sulit memiliki tubuh yang sehat. Anda harus bisa menjaga pola makan untuk diet agar berat badan tubuh tetap terjaga.

Menu Makanan Sehat untuk Diet Ampuh

Mindset Diet Sehat

Diet kerap dijadikan sebagai solusi oleh banyak orang yang ingin mendapatkan bentuk tubuh dan berat badan ideal. Mereka rela melakukan apa saja guna mendapat apa yang mereka inginkan. Namun sayangnya, bukan bentuk tubuh ideal yang didapatkan melainkan rasa kecewa karena salah dalam melakukan diet. Banyak orang beranggapan bahwa diet hanya untuk mengurangi porsi makan saja. Tentu saja persepsi ini salah besar dan tidak akan memberikan hasil yang signifikan. Sebelum memulai diet, ada baiknya untuk mengetahui mindset yang tepat agar bisa melakukan diet sehat.

Ingat, diet bukanlah mengurangi porsi makan. Diet yang benar dilakukan untuk mengurangi asupan lemak dan memberi tubuh asupan vitamin dan nutrisi bermanfaat lain secara cukup. Jika dilakukan dengan tepat, Anda tak perlu merasa tersiksa atau bahkan kelaparan. Diet juga bukan berarti mengurangi jatah makan dari 3 kali sehari menjadi 1 atau 2 kali sehari saja. Anda harus tetap makan sehari minimal 3 kali dengan teratur. Hanya saja, menu makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan dengan tepat. Dan jangan lupa, saat Anda telah berkomitmen melakukan diet maka Anda juga harus bisa menjaga pola hidup sehat. Hindari kegiatan yang tidak bermanfaat seperti begadang, mengkonsumsi alkohol, merokok, dan hal negatif lain yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Tips Diet Sehat untuk Tubuh Ideal

Tips Diet Sehat yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Setelah mengetahui mindset diet yang benar, kini mari kita membahas lebih dalam tentang tips diet sehat yang ampuh. Jika Anda mengikuti tips di bawah ini, maka Anda tak sekadar bisa menurunkan berat badan tetapi juga bisa menjaga kesehatan tubuh. Apa saja yang harus Anda lakukan untuk mendapat berat badan ideal?

  1. Ganti Menu Makanan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengganti menu makanan. Jika selama ini Anda mengkonsumsi berbagai jenis makanan tanpa memperhatikan kandungan gizi pada makanan tersebut, maka kini Anda harus benar-benar menjaga asupan nutrisi yang diperlukan tubuh. Cara yang paling tepat adalah dengan mengevaluasi apa yang Anda makan. Jika perlu, catat menu makanan yang dikonsumsi selama 1 minggu ke depan. Dengan demikian Anda akan tahu jenis makanan seperti apa yang rutin dikonsumsi. Lakukan evaluasi dan eliminasi jenis makanan yang sering dikonsumsi tapi tidak memberikan gizi bagi tubuh. Setelah itu, rancang menu makanan sehat untuk diet selama 1 minggu berikutnya dengan memprioritaskan jumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Pastikan menu makanan yang dikonsumsi mencakupi protein, vitamin, dan juga mengandung serat. Di saat bersamaan, kurangi jenis makanan yang mengandung lemak tinggi. Mengganti pola makan tentu tidak semudah yang dibayangkan karena tubuh perlu adaptasi. Anda hanya perlu konsisten untuk membuat kebiasaan makan yang baru dan lebih sehat.

  1. Kurangi Pemanis

Setelah merumuskan menu makanan yang sehat, kini Anda harus berusaha keras untuk menghindari makanan manis. Kandungan glukosa pada gula bisa membuat diet Anda gagal total. Gula yang tidak diserap tubuh dengan sempurna justru akan membuat kerja jantung semakin berat. Jika kerja jantung terhambat, maka sistem peredaran darah akan mengalami gangguan. Selain itu, gula juga sudah terbukti sebagai zat yang menyebabkan berat badan berlebih yang berujung pada obesitas.

Menariknya, selama ini banyak orang yang menganggap bahwa mereka telah mengurangi makanan manis. Akan tetapi, kita sering lupa bahwa nasi sebenarnya mengandung gula dalam bentuk karbohidrat yang cukup banyak. Jadi, selain mengurangi gula pada minuman atau makanan olahan, Anda juga harus mengurangi nasi yang juga merupakan sumber gula alami.

  1. Minum Air yang Cukup

Selain memastikan tubuh mendapatkan nutrisi dan gizi yang cukup, Anda juga harus bisa memenuhi cairan tubuh sesuai dengan standar yang ditetapkan. Selama ini praktisi kesehatan setuju bahwa kita diharuskan mengkonsumsi minimal 2 liter air dalam sehari. Air berperan penting dalam proses pencernaan karena sisa makanan yang tidak diserap oleh tubuh akan dikeluarkan melalui air seni.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan efek kenyang selama diet, Anda bisa mengkonsumsi 2 gelas air sebelum kanan dan meminum 2 gelas lagi setelah selesai makan. Dengan demikian, nutrisi dan kebutuhan air di dalam tubuh tetap terjaga setiap hari.

  1. Olahraga

Jika mengkonsumsi makanan sehat akan membantu mencukupi kebutuhan gizi, maka olahraga akan membantu Anda untuk membakar lemak dan karbohidrat di dalam tubuh dengan lebih cepat. Olahraga bukanlah opsi, melainkan sebuah keharusan guna memaksimalkan diet yang sedang dilakukan. Lemak yang tidak dicerna secara sempurna di dalam tubuh bisa dikeluarkan melalui keringat karena olahraga merupakan sebuah mekanisme pembakaran lemak di dalam tubuh kita.

Olahraga untuk menunjang diet pun tidak terlalu rumit. Anda tidak perlu menghabiskan waktu di gym, yang perlu Anda lakukan hanya rutinitas mengeluarkan keringat secara rutin. Anda bisa melakukan jogging selama 30 menit, melakukan push up, back up, squat dengan jumlah yang meningkat setiap hari, atau sekedar stretching di rumah secara rutin.

Dengan memperhatikan 4 tips diet tersebut, Anda bisa mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal secara alami dan tidak perlu merasakan efek samping yang menyiksa.

4 Makanan Sehat Untuk Diet

Kini, saatnya Anda mengetahui makanan sehat untuk diet guna menurunkan berat badan. Pastikan salah satu makanan di bawah ini selalu ada di setiap menu makanan Anda setiap hari untuk mendapatkan hasil diet yang efektif.

  1. Ikan Laut

Ikan mengandung protein yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, ikan juga mengandung lemak Omega 3 yang berguna bagi perkembangan otak.

  1. Oatmeal

Anda bisa mulai mengganti nasi dengan oatmeal yang kaya akan serat dan tetap mengenyangkan. Selama ini kita tergantung dengan nasi sebagai makanan pokok. Oatmeal disarankan sebagai menu sarapan untuk diet terbaik karena mampu menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh.

  1. Brokoli

Sayuran mirip bunga kol berwarna hijau pekat ini kaya akan vitamin, serta, dan juga mineral alami. Brokoli juga rendah kalori. Jika Oatmeal bisa dijadikan menu sarapan, brokoli merupakan makan malam untuk diet yang tepat.

  1. Plum

Plum kaya akan vitamin C, namun rendah lemak dan karbohidrat. Cara makan buah plum untuk dietpun bervariasi, Anda bisa memakannya secara langsung, dikeringkan, mengolahnya menjadi jus, atau sebagai pelengkap oatmeal.

Pastikan Anda mengkonsumsi keempat makanan sehat tersebut untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Jangan lupa, ubah mindset Anda soal diet dan praktekkan tips diet sehat alami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *