Mual Saat Hamil? Yuk, Coba 5 Makanan Pencegah Mual Ini!

Mual Saat Hamil

Hamil merupakan sebuah momen yang amat dinantikan oleh pasangan yang baru saja menikah. Setelah dinyatakan sah dalam bahtera rumah tangga, target setiap pasangan adalah memiliki momongan. Tentu saja masa kehamilan akan menjadi sebuah berkah tersendiri bagi setiap pasangan. Akan tetapi, masa kehamilan tak seindah apa yang Anda bayangkan. Bagi wanita, trisemester pertama merupakan sebuah masa yang cukup berat.

Dalam masa adaptasi tersebut, perasaan tidak enak badan, mual, gelisah dan cepat merasa lelah, hingga perubahan mood yang tak terkontrol kerap menjadi masalah. Apalagi morning sickness yang rutin menyapa setiap pagi dan menghilangkan nafsu makan. Hal tersebut bisa berdampak buruk bagi calon janin karena ibu harus mendapatkan asupan makanan yang cukup dan menyehatkan demi kesehatan ibu dan anak.

Pilihan Makanan Mengatasi Mual saat Hamil Muda

Mau tidak mau sang ibu harus bisa mengatasi mual saat hamil demi tercukupinya nutrisi yang dibutuhkan. Jika tidak memiliki selera makan yang baik, ada beberapa makanan pencegah mual saat hamil yang bisa dikonsumsi secara rutin demi menjaga selera makan. Apa saja?

  1. Yogurt

Selain rasa yang enak, Yogurt juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin. Yogurt mengandung banyak kalsium dan protein yang membantu perkembangan awal janin. Bakteri baik yang terkandung di dalamnya juga berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan.

  1. Pisang

Kandungan pH yang tidak terlalu banyak membuat Pisang tidak mengganggu selera makan ibu. Selain itu, kandungan Asam Folat juga berperan penting dalam perkembangan saraf dan otak, serta tulang belakang calon bayi. Dan yang terpenting, Pisang cukup mengenyangkan sehingga bisa menjadi pengganti makanan pokok yang terkadang membuat mual.

  1. Oatmeal

Terbuat dari gandum alami, Oatmeal mengandung serat yang memberikan segudang manfaat. Tak hanya menjaga pencernaan ibu, konsumsi Oatmeal secara rutin pada masa awal kehamilan akan menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu hamil yang kerap terkikis dan diserap oleh janin.

  1. Aneka Sup

Rasa hangat dari sup akan membuat perut terasa lebih nyaman saat sedang berperang melawan morning sickness. Selain itu, aneka sup seperti sup jagung, sup kacang merah, sup ikan ataupun ayam, dan aneka kombinasi sup lainnya berguna untuk mencukupi kebutuhan vitamin untuk ibu hamil.

  1. Daging Putih

Jika daging merah justru akan merangsang rasa mual, daging putih dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan protein selama masa kehamilan. Daging putih tanpa kulit juga mengandung sedikit lemak yang bisa menurunkan resiko kolesterol.

Baca juga : Khasiat Jus Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh Kita

Demikian beberapa pilihan makanan untuk mengatasi mual saat hamil trisemester pertama. Perlu diingat bahwa bagaimanapun kondisi mual yang dirasakan, sang ibu harus bisa mencukupi nutrisi yang dibutuhkan. Bukan hanya demi kebaikan sang ibu, nutrisi juga diperlukan dalam masa perkembangan janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *