Ngantuk Saat Siang Hari dan Menganggu Aktivitas? Coba Lakukan Cara Ini

cara menghilangkan kebiasaan ngantuk

Setiap orang pasti memiliki waktu untuk mengantuk, masing-masing orang tentu berbeda. Mengantuk pada pagi hari, siang atau sore hari. Namun pernahkah anda mengantuk berat pada siang hari dan sampai mengganggu aktivitas anda saat bekerja? Rasa mengantuk yang berulang hingga ingin tidur berkali-kali dinamakan dengan hypersomia.

Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan

  • Mengatur Waktu Tidur Dengan Konsisten

Orang yang memiliki masalah kantuk di siang hari disarankan untuk mengatur jadwal tidurnya dengan baik. kenapa? Karena hal ini bertujuan agar tidur dan bangun di waktu yang sama, sehingga waktu tidur menjadi lebih cukup.

  • Menetapkan Waktu Makan dan Konsumsi Makanan Sehat

Selain menetapkan jadwal tidur, ternyata anda harus menetapkan jadwal makan anda. Selanjutnya pastikan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan tubuh, dan sebaiknya melakukan sarapan sehat serta makan siang pada waktu yang sesuai. Anda juga sebaiknya mengatur jam makan malam anda, pastikan makan malam 2 atau 3 jam sebelum tidur malam.

  • Olahraga Secara Teratur

Memang olahraga yang teratur selama 30 menit setiap hari dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Diantaranya yaitu dapat membuat mudah tidur dengan nyenyak. Olahraga juga memberikan lebih banyak energi ketika siang hari, hal ini tentu tidak akan membuat mengantuk pada siang hari

  • Relaksasi Sebelum Tidur

Rutinitas relaksasi sebelum tidur dapat membantu tidur lebih cepat serta berkualitas. Cobalah untuk melakukan meditasi dengan mendengarkan musik yang menenangkan atau membaca buku.

Baca juga : Lemak ini Dianggap Tidak Penting Tapi Sangat Penting

  • Tidur yang Cukup

Apakah anda seseorang yang tidur hanya 4 atau 5 jam setiap harinya? Orang dewasa ternyata membutuhkan tidur selama 7 hingga 9 jam setiap harinya dan sedangkan remaja membutuhkan waktu 9 jam penuh. Dengen kebutuhan tidur terpenuhi, maka akan membuat tubuh kita menjadi lebih segar untuk keesokan harinya dan dapat kembali beraktifitas secara bugar serta tidak mudah megantuk pada siang hari.

  • Konsultasikan Dengan Dokter

Jika sering mengantuk di siang hari secara terus menerus, ini bisa menjadi tanda bahwa anda mengalami gangguan tidur. Gangguan tidur yang dibiarkan terlalu lama tanpa perawatan akan membuat lebih sering mengantuk di siang hari. Selain itu, masalah ngantuk juga terjadi karena anda mengalami gangguan tertentu seperti stres pasca trauma, kecemasan hingga depresi.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi rasa kantuk di siang hari, jangan ragu untuk memberikan pertanyaan kepada saya di kolom komentar, sehingga saya dapat memberikan jawaban secara langsung terkait dengan masalah yang anda hadapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *