Obat Batuk Berdahak dan Batuk Kering yang Alami

Kondisi Penderita Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Hidup di negara yang memiliki iklim tropis membuat kita sering terkena flu. Apalagi dengan perubahan cuaca yang cukup ekstrim terkadang membuat daya tahan tubuh kita rentan terserang penyakit. Batuk dan pilek pun seolah menjadi ‘makanan pokok’ bagi warga Indonesia. Meski tidak berbahaya, namun batuk biasa maupun yang disertai dengan pilek bisa mengganggu aktivitas kita. Oleh karena itu, kita harus paham beberapa obat batuk alami agar bisa mengatasi masalah ini saat datang menyerang.

Perlu diketahui bahwa ada dua jenis batuk dimana kedua masalah tersebut memiliki cara penanganan yang berbeda. Jenis yang pertama adalah batuk berdahak atau juga sering disebut dengan batuk produktif karena saat penyakit ini menyerang, tubuh juga memproduksi lendir. Sedangkan jenis yang kedua adalah batuk kering yang sama sekali tidak menghasilkan lendir saat batuk. Meski penyebab kedua batuk ini hampir sama, namun cara penanganan kedua jenis batuk ini berbeda. Jika dilakukan dengan tepat, maka apapun jenis batuk yang Anda alami akan segera hilang seketika.

Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas segala hal yang perlu Anda ketahui tentang batuk berdahak dan batuk kering beserta obat batuk alami untuk anak, bayi, dan juga ibu hamil.

Penyebab Batuk Berdahak dan Komplikasi yang Bisa Terjadi

Secara medis, penyebab utama dari batuk berdahak adalah infeksi yang dikarenakan oleh virus ataupun bakteri yang menyerang saluran pernapasan. Infeksi ini merangsang produksi lendir yang melebihi normal. Secara otomatis tubuh akan menyingkirkan lendir berlebih tersebut dengan batuk. Batuk berdahak pun tidak boleh disepelekan karena masalah ini bisa membawa kita ke penyakit lain yang lebih berbahaya seperti;

Bronkitis

Radang yang terjadi pada lapisan di bawah tenggorokan yang terhubung ke paru-paru disebut dengan bronkitis. Saluran tersebut berfungsi membawa udara dari dan ke paru-paru. Jika terinfeksi virus, saluran ini akan mengeluarkan lendir yang tebal dan berwarna.

Pneumonia

Pneumonia adalah radang yang terjadi di bagian paru-paru yang diakibatkan oleh virus, jamur, ataupun bakteri. Awalnya, penderita hanya mengalami batuk biasa hingga akhirnya muncul dahak setelah beberapa haru. Yang paling ekstrim, dahak bisa keluar bercampur dengan darah.

Asma

Ini merupakan penyakit menahun yang menyiksa penderitanya karena kerap membuat kita sulit bernapas. Batuk disertai dengan dahak pun bisa menjadi pertanda gejala awal asma.

Post Nasal Drip

Gangguan pernapasan ini ditandai dengan adanya dahak pada saluran hidung. Tak hanya itu saja, tenggorokan pun terasa sakit karena adanya lendir yang tersangkut di bagian dalam leher kita. Hal ini biasanya terjadi karena adanya iritasi pada saluran pernapasan.

Itulah beberapa resiko yang bisa terjadi saat seseorang menderita batuk berdahak. Sebelum penyakit ini merenggut kesehatan Anda lebih lama, ada baiknya untuk mengetahui beberapa ramuan obat batuk berdahak alami yang bisa dicoba di rumah.

Baca Juga : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan untuk Penderita Virus Rubella

Obat Batuk Berdahak Alami

Sebelum memilih obat batuk berdahak di apotek, ada baiknya untuk mencoba beberapa obat alami batuk berdahak yang bisa ditemukan di dapur rumah kita. Berikut ulasan lengkapnya!

  1. Jahe dan Madu

Jahe dikenal memiliki sifat antiradang yang bisa melawang bakteri penyebab batuk berdahak. Sedangkan madu dikenal sebagai obat sekaligus makanan penuh nutrisi yang bisa memperkuat imun tubuh. Buatlah wedang Jahe dengan campuran madu saat batuk menyerang. Selain itu, rasa hangat juga akan meringankan sakit pada tenggorokan.

  1. Air Garam

Dengan kandungan Iodium yang tinggi, garam tak hanya menyembuhkan penyakit gondok saja tapi juga bisa meredakan dahak pada tenggorokan. Anda hanya perlu berkumur dengan air garam secara rutin. Senyawa pada air garam akan membilas dahak yang menempel di tenggorokan.

  1. Bawang Putih

Kandungan Allicin pada bawang putih akan membunuh bakteri penyebab batuk berdahak. Selain itu, sifat Antimikroba pada bawang putih juga dinilai ampuh untuk melawan infeksi pada tenggorokan. Bawang putih merupakan obat batuk alami untuk ibu hamil karena tidak memiliki efek samping berbahaya.

Setelah mengetahui informasi tentang batuk berdahak, kini saatnya untuk membahas batuk kering yang juga sering mengganggu aktivitas kita.

Penyebab Batuk Kering

Batuk kering merupakan masalah pernafasan ringan berupa batuk yang tidak disertai dengan dahak. Obat dan juga penanganan terhadap penderita batuk kering pun berbeda meski kedua jenis batuk ini memiliki sumber masalah yang sama, yakni infeksi virus dan bakteri pada tenggorokan. Selain itu, batuk kering juga bisa disebabkan karena GERD asam lambung.

Batuk kering sangat mengganggu karena saat batuk menyerang, penderita kesulitan untuk menghentikan batuk yang terus menerus terjadi. Akibatnya, penderita bisa kesulitan tidur dan berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, rasa gatal di tenggorokan dan suara siulan saat menghembuskan nafas kerap menyiksa penderitanya.

Obat Batuk Kering Alami

Bagi Anda yang sedang berjuang untuk melawan batuk kering, berikut beberapa pilihan obat tradisional untuk meringankan batuk kering yang disertai gatal pada tenggorokan.

Teh Lada Hitam

Masyarakat Cina secara turun temurun menggunakan teh lada hitam sebagai obat batuk alami yang mujarab. Lada hitam akan merangsang sirkulasi udara dan lendir agar tidak masuk ke tenggorokan. Sedangkan antioksidan pada teh akan membantu tubuh melawan virus penyakit yang sedang aktif. Kombinasi teh dan lada hitam juga disebut sebagai antibiotik ringan.

Biji Rami

Biji Rami (Flaxseed) merupakan salah satu jenis biji-bijian utuh yang kerap dijadikan sebagai bahan dasar tepung dan ekstrak minyak. Ternyata, biji Rami juga bisa digunakan untuk mengatasi batuk kering. Anda hanya perlu merebus biji Rami hingga mengeluarkan cairan putih yang agak lengket. Campur dengan air hangat dan madu untuk rasa yang lebih enak.

Teh Kombucha

Kombucha merupakan teh olahan yang difermentasi dengan memasukkan bakteri ragi. Alhasil, teh ini mengandung asam amino esensial, vitamin C, vitamin B, dan mineral lain. Teh Kombucha akan membantu menjaga sistem imun tubuh sehingga batuk kering akan hilang lebih cepat.

Air Putih Hangat

Rasa gatal di tenggorokan kerap membuat kita merasa tak nyaman. Oleh karena itu, disarankan untuk minum segelas air putih setiap 2 jam untuk meredakan rasa gatal. Konsumsi air putih juga menjaga daya tahan tubuh tetap fit dan tidak kehilangan banyak cairan akibat flu. Air putih disarankan sebagai obat batuk kering pada anak karena tidak memiliki efek samping.

Selain mencoba obat alami batuk kering tersebut, Anda pun bisa memilih obat-obatan apotek berupa supresan atau antitusif guna meringankan batuk. Dua jenis obat tersebut akan meminimalisir frekuensi batuk sehingga Anda bisa beristirahat dengan cukup. Namun jika batuk tidak sembuh dalam 2 minggu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *