Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh di Apotek

Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh di Apotek

Gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang harus dirawat dan dijaga dengan baik. Apalagi jika dibandingkan dengan anggota tubuh yang lainnya, gigi merupakan satu-satunya anggota tubuh yang tidak bisa memperbaiki diri jika mengalami kerusakan. Berbeda dengan anggota tubuh lain yang punya mekanisme pemulihan alami, jika gigi kita berlubang, maka gigi tidak akan bisa menutup lubang secara alami. Kita membutuhkan dokter gigi dan obat sakit gigi untuk mengatasi masalah tersebut.

Perlu diketahui pula bahwa pertumbuhan gigi manusia akan berhenti saat kita mengalami pubertas. Misalkan gigi Anda tanggal saat masih kecil, maka akan tumbuh gigi baru sebagai pengganti gigi lama. Namun jika Anda sudah mengalami masa puber, maka gigi yang tanggal tidak akan bisa digantikan dengan gigi baru. Inilah alasan utama mengapa kita harus benar-benar menjaga kesehatan gigi kita agar tidak mengalami kerusakan yang cukup parah.

Masalah Gigi Paling Umum

Selama ini, ada beberapa masalah gigi yang perlu diketahui sebelum kita menentukan tindakan atau obat sakit gigi paling ampuh. Berikut uraian singkat tentang masalah gigi geraham dan gigi seri kita.

  1. Karang Gigi

Jika kita tidak rajin menggosok gigi secara rutin, karang gigi akan muncul di bagian yang tidak terjangkau sikat gigi. Karang gigi merupakan sebuah masalah yang tidak terlalu berat. Namun kita juga tidak bisa menyepelekan masalah ini karena keberadaan karang gigi berpotensi untuk mengundang penyakit gigi lain. Untuk mengatasi karang gigi juga perlu dilakukan tindakan medis berupa pembersihan karang yang harus dilakukan oleh dokter gigi.

  1. Gigi Sensitif

Beruntung jika Anda memiliki kondisi gigi yang normal karena beberapa orang tersiksa dengan gigi sensitif mereka. Gigi sensitif merupakan sebuah kondisi dimana garis gusi surut hingga membuat akar gigi menjadi terbuka. Hal tersebut membuat penderitanya tersiksa karena akan merasa ngilu saat mengkonsumsi makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas. Untuk masalah yang satu ini, anda harus berkonsultasi dengan dokter gigi langsung agar tahu bagaimana cara merawat gigi sensitif.

  1. Masalah Gusi

Ada beberapa masalah gusi yang kerap dialami, seperti radang gusi yang terjadi karena bakteri plak gigi karena tidak membersihkan gigi secara rutin dan menyeluruh. Sebagai akibatnya, gusi bisa menjadi bengkak atau bahkan berdarah. Penyakit gusi erat kaitannya dengan masalah gigi yang lain sehingga Anda harus segera mengatasi masalah ini sebelum mengalami kerusakan yang lebih parah.

  1. Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan masalah yang paling umum terjadi. Kebiasaan malas menggosok gigi membuat kuman dan bakteri berkembang menggerogoti lapisan gigi. Tak berhenti sampai di situ saja, bakteri tersebut bisa membuat gigi keropos dan lubang tersebut bisa membuka akar dan saraf gigi sehingga akan terasa nyeri jika digunakan untuk mengunyah makanan. Tidak ada obat sakit gigi berlubang yang bisa mengatasi gigi berlubang selain melakukan tambal gigi sebelum terlambat. Jika kondisi lubang gigi sudah semakin parah, ada baiknya untuk mencabut gigi agar bakteri tidak menyebar ke bagian gigi yang lain.

Baca juga : Mengenal Penyakit Hernia: Penyebab, Jenis Hernia, dan Cara Pengobatannya

Setelah mengetahui masalah dasar yang kerap mengganggu kesehatan gigi, kini saatnya untuk mengetahui obat yang tepat untuk mengobati nyeri pada gigi. Ada dua pilihan yang bisa diambil untuk mengatasi masalah gigi. Pertama, Anda bisa menggunakan obat sakit gigi alami yang sudah terbukti ampuh bisa meredakan nyeri pada gigi. Alternatif kedua adalah memilih obat-obatan apotek untuk mengobati masalah gigi yang sedang dialami.

Obat Sakit Gigi Alami

Obat Sakit Gigi Alami

  1. Bawang Putih

Bawang putih dikenal memiliki sifat anti inflamasi, yakni bisa mengurangi nyeri dan bengkak yang diakibatkan karena kuman maupun bakteri. Bawang putih pun dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi gigi berlubang ataupun gusi yang bengkak. Anda hanya perlu mengunyah bawang putih di bagian gigi yang sakit. Bawang putih akan melepaskan zat allicin, sebuah minyak alami yang akan melawang bakteri gigi.

  1. Air Garam

Air garam dikenal sebagai opsi pertama untuk mengatasi masalah gigi yang ringan. Kandungan asin pada garam bersifat desinfektan yang akan mengangkat kuman pada gigi. Tak hanya membersihkan gigi saja, air garam pun bisa menyembuhkan luka di mulut maupun tenggorokan yang diakibatkan oleh bakteri pada mulut.

  1. Es Batu

Penggunaan es batu dikenal sejak lama bisa meringankan nyeri pada gigi. Anda pun bisa menggunakan es batu untuk mengompres gigi yang sakit ataupun gusi yang bengkak. Rasa dingin dari es batu akan menghentikan sinyal nyeri ke otak kita sehingga nyeri akan hilang untuk sementara.

  1. Ekstrak Cengkeh

Cengkeh juga dikenal sebagai obat sakit gigi gusi bengkak sejak lama berkat kandungan eugenol yang berperan sebagai anestesi alami. Akan tetapi, Anda harus memperhatikan betul jumlah penggunaan ekstrak minyak cengkeh, apalagi jika Anda memiliki gigi sensitif. Anda hanya membutuhkan 2 tetes minyak cengkeh yang bisa dituang ke kapas, lalu ditempelkan pada gigi yang bermasalah.

Setelah mengetahui beberapa obat sakit gigi yang alami, berikut beberapa pilihan obat sakit gigi di apotik yang bisa dicoba sebagai alternatif lain.

  1. Ibuprofen

Ibuprofen tersedia dalam berbagai pilihan seperti tablet, sirup, kapsul, bahkan obat tetes. Meski dikenal untuk mengobati migrain dan sakit kepala, Ibuprofen juga manjur untuk mengurangi rasa sakit yang diakibatkan gigi berlubang.

  1. Paracetamol

Jika mencari obat sakit gigi anak, Paracetamol bisa dipilih karena bisa meredakan nyeri karena masalah gigi. Selain itu, Paracetamol juga membantu menurunkan panas pada anak.

  1. Asam Mefenamat

Obat ini akan mengurangi peradangan saat mengalami masalah gigi. Asam Mefenamat bekerja dengan mengentikan produksi prostaglandin, yakni zat yang membuat nyeri pada tubuh. Selain itu, obat ini akan membantu meredakan nyeri.

  1. Cataflam

Alternatif lain untuk meredakan nyeri akibat masalah gigi adalah Cataflam, yang merupakan jenis obat analgetik yang berfungsi meredakan nyeri pada luka terbuka.

  1. Natrium Diklofenak

Pada dasarnya, hampir semua obat sakit gigi di apotik memiliki fungsi yang sama yakni meredakan nyeri. Natrium Diklofenak akan mengurangi produksi prostaglandin sehingga rasa nyeri pada gigi bisa diminimalisir.

Perlu diketahui bahwa obat-obatan di apotek memiliki dosis, efek samping, dan juga cara pemakaian yang berbeda-beda. Kami tidak menganjurkan Anda untuk membeli obat sakit gigi tanpa berkonsultasi dengan dokter gigi secara langsung. Obat sakit gigi tradisional pun hanya bisa mengatasi masalah gigi yang ringan sehingga dampaknya tidak begitu besar jika Anda sedang mengalami masalah gigi yang serius. Bagaimanapun juga, dokter gigi merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah gigi yang sedang Anda rasakan. Semakin cepat Anda mengatasi masalah gigi, semakin kecil pula kemungkinan buruk akan terjadi. Dan jangan lupa, menggosok gigi secara rutin merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *