Obat Sariawan yang Ampuh untuk Dewasa, Anak, dan Bayi

Penyebab Sariawan pada Bibir

Ada banyak sekali masalah kesehatan mulut yang bisa mengganggu kita dalam mencerna makanan. Salah satu masalah kesehatan mulut yang sering terjadi adalah sariawan. Luka kecil yang kerap berwarna merah dan putih ini terasa sangat nyeri. Meski mulut tidak sedang digunakan untuk makan, sariawan sudah cukup menyiksa penderitanya. Apalagi jika Anda sedang mengunyah makanan, pasti akan sangat terganggu dengan penyakit yang satu ini. Oleh karena itu, tidak ada cara lain untuk mengatasi sariawan selain memilh obat sariawan yang ampuh.

Sariawan sendiri bisa saja terjadi karena benturan keras yang berakibat terjadinya luka di dinding bagian dalam mulut. Jika luka ini terjadi, maka Anda harus segera menghentikan pendarahan dengan mengkompres dengan es batu. Dengan demikian, kerusakan pada jaringan lunak dalam mulut tidak terlalu parah. Selain itu, sariawan juga bisa saja terjadi karena bibir Anda tergigit saat mengunyah makanan. Makanan keras yang sedang dikunyah juga bisa menggores bagian mulut dan menyebabkan luka terbuka. Sedangkan dalam kasus lain sariawan biasa saja terjadi akibat daya tahan tubuh yang menurun. Jika sistem imun tubuh kita lemah, sariawan bisa muncul di beberapa bagian dalam mulut.

5 Penyebab Sariawan di Mulut

Selain beberapa faktor di atas, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sariawan di mulut. Berikut 5 penyebab sariawan yang sering terjadi!

  1. Stress

Stress merupakan penyebab beberapa masalah penyakit di dalam tubuh kita. Tak terkecuali sariawan. Beberapa orang bisa mengalami sariawan ketika merasa stress.

  1. Hormon yang Tidak Seimbang

Hormon merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan dalam tubuh kita. Saat masa menstruasi tiba, beberapa wanita yang mengalami ketidakseimbangan hormon pun bisa mengalami sariawan.

  1. Kesehatan Gigi yang Buruk

Sariawan tidak bisa kita lepaskan kaitannya dengan bakteri di dalam mulut. Jika sariawan terjadi di sekitar gusi, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa kita memiliki kondisi kesehatan gigi yang buruk. Oleh karena itu, kesehatan gigi seseorang sangat mempengaruhi terjadinya dan proses penyembuhan sariawan.

  1. Kurang Nutrisi

Vitamin B12 dan Vitamin C merupakan nutrisi yang sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Jika tubuh kita kekurangan dua vitamin tersebut, maka beberapa jaringan tubuh bisa mudah terluka.

  1. Herpes Simpleks

Sariawan juga bisa terjadi sebagai akibat dari virus yang menular. Herpes Simpleks merupakan salah satu contoh virus yang bisa ditularkan ke orang lain dan menjadi sariawan. Penularan terjadi akibat terjadinya kontak langsung maupun tidak langsung.

Setelah mengetahui beberapa penyebab sariawan yang umum terjadi, ada baiknya jika Anda mulai memperhatikan faktor yang bisa menyebabkan munculnya sariawan. Meski bukan penyakit yang mematikan, tapi keberadaan sariawan cukup menyiksa. Dengan kata lain, siapapun Anda; tua, muda, pria ataupun wanita bisa saja menderita penyakit ini.

Obat Kumur untuk Sariawan

Obat Sariawan Paling Ampuh

Jika kini Anda sedang berjuang untuk menghilangkan sariawan di lidah maupun bagian mulut yang lain, ada beberapa pilihan obat paling ampuh untuk mengatasi sariawan yang bisa dicoba. Berikut ulasan lengkapnya!

  1. Air Garam

Ramuan ini sudah dikenal sejak lama sebagai obat kumur sariawan alami dan ampuh. Garam memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang bisa menyembuhkan luka terbuka dengan cepat. Anda hanya perlu melarutkan garam dengan air hangat dan menggunakannya sebagai obat kumur. Berkumurlah dengan air garam secara rutin untuk mendapatkan hasil yang efektif. Namun perlu diingat bahwa Anda mungkin akan merasa kesakitan saat berkumur dengan air garam.

  1. Madu

Opsi yang kedua adalah menggunakan madu sebagai obat sariawan alami. Sama seperti garam yang memiliki sifat anti radang dan anti bakteri, madu lebih ‘ramah’ karena tidak menimbulkan rasa perih saat Anda mengoleskan madu ke bagian yang sakit. Madu juga bisa mempercepat proses pemulihan luka, termasuk sariawan. Oleskan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

  1. Teh Celup Bekas

Jika Anda sering menyeduh teh celup, jangan buang kantung teh bekas seduh. Teh mengandung anti oksidan yang tinggi dan terbukti ampuh bisa membantu mempercepat penyembuhan luka dan melawan infeksi. Anda bisa mengompres sariawan dengan kantuh teh celup bekas. Teh mampu menetralisir mulut yang asam yang kerap menimbulkan rasa perih pada sariawan.

  1. Kelapa

Buah multifungsi ini memang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Kelapa diyakini bisa menjadi obat sariawan di lidah karena bisa mencegah radang pada luka sekaligus mengurangi rasa sakit. Anda bisa mengkonsumsi kelapa secara langsung atau mengolahnya menjadi minyak. Oleskan saja minyak kelapa pada sariawan secara langsung atau mencampurnya dengan madu.

  1. Lidah Buaya

Rasa panas dan perih akibat sariawan tentu akan mengganggu fungsi mulut untuk mengunyah. Untuk meredakannya, Anda bisa menggunakan getah dan daging lidah buaya dengan cara mengoleskannya pada bagian yang sakit. Tempel daging lidah buaya selama 3 hingga 5 menit. Ulangi dalam rentang waktu 3 kali sehari. Zat anti peradangan dan pereda nyeri alami pada lidah buaya bisa membantu mengatasi sariawan.

Demikian beberapa pilihan obat sariawan yang alami dan tidak memiliki efek samping berbahaya. Kelima pilihan tersebut pun cocok digunakan sebagai obat sariawan bayi, anak, maupun orang dewasa.

Baca juga : 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menggunakan Kawat Gigi

Obat Sariawan untuk Anak

Namun jika buah hati Anda mengalami sariawan yang cukup parah, Anda bisa mencoba beberapa obat sariawan anak di bawah ini.

– Ibuprofen atau Paracetamol

Dua obat ini bisa digunakan obat sariawan untuk anak karena bisa membantu meredakan rasa sakit sekaligus menurunkan panas. Namun perlu diketahui bahwa kedua obat ini memiliki efek samping. Jangan berikan ibuprofen pada bayi berusia kurang dari 6 bulan atau jika anak mengalami dehidrasi parah dan muntah terus menerus.

– Antasida Cair

Alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan pada anak adalah dengan memberikan antasida cair sebanyak 4 kali sehari sebagai obat kumur. Bagi anak berusia lebih dari 6 tahun, berikan antasida sebanyak satu sendok makan sebagai obat kumur. Sedangkan bagi anak kurang dari 6 tahun, teteskan antasida pada kapas untuk ditempel ke luka sariawan.

– Kompres Es Batu

Selain dua obat di atas, menggunakan es batu untuk mengompres bagian yang sakit karena sariawan juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada anak. Anda hanya perlu menempelkan es batu selama beberapa menit di bagian yang sakit.

Perlu diketahui bahwa memberikan obat-obatan pada anak memiliki resiko yang sangat besar. Ada baiknya untuk berkonsultasi telebih dulu dengan dokter agar Anda bisa memberikan obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jangan sampai anak justru merasakan penderitaan tambahan karena efek samping obat yang dikonsumsi tidak sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *