Pengobatan Asam Urat secara Medis dan Obat Tradisional

Asam Urat Bisa Terjadi pada Pergelangan TanganAsam urat sering disebut masyarakat kita dengan nama encok. Tapi dalam perspektif medis, asam urat merupakan bentuk dari penyakit arthritis yang bisa menimbulkan bengkak dan rasa sakit pada sendi tulang Anda. Jadi, tidak sepenuhnya tepat jika menyamakan asam urat dengan encok karena proses penanganan asam urat dan cara mengatasi encok cukup berbeda. Apalagi asam urat ini bisa terjadi di semua bagian tubuh manusia meski kaki merupakan salah satu bagian yang paling sering menderita masalah kesehatan ini. Pada kasus lain, asam urat juga bisa terjadi pada tulang belakang meskipun kondisi seperti ini jarang ditemukan. Asam urat sendiri merupakan salah satu jenis penyakit kronis sehingga kita harus mengetahui penyebab asam urat dan obatnya. Selain itu, tindakan pencegahan juga sangat diperlukan agar kita tidak terkena penyakit asam urat.

Penyakit asam urat sendiri bisa terjadi pada siapa saja dan tidak pandang umur. Tidak ada kejala spesifik yang muncul saat terjadi asam urat pada tahap awal. Gejala baru bisa dirasakan ketika kondisi sudah akut sehingga sangat menyiksa penderita. Biasanya sendi mulai terasa bengkak di pagi hari dengan rasa yang sedikit ngilu. Rasa panas seperti terbakar juga sering dirasakan oleh penderita asam urat. Bahkan warna kemerahan pun muncul menyertai bengkak yang terjadi pada sendi-sendi kaki. Meski biasanya pada tahap awal gejala seperti ini bisa hilang setelah dua atau tiga hari saja, tapi dalam kondisi yang lebih parah gejala tersebut bisa bertahan selama beberapa minggu. Pasien bahkan bisa kembali mengalami asam urat meski sempat disembuhkan.

Asam urat sendiri terjadi karena banyaknya purin yang menumpuk di sekitar sendi. Purin merupakan sejenis zat yang banyak terkandung pada garam, jeroan, seafood, dan juga daging merah. Dalam kadar normal, purin memang diperlukan oleh tubuh. Namun jika kadar purin di dalam tubuh terlalu berlebihan maka tumpukan purin pada sendi bisa mengkristal dan membuat sendi merasa nyeri seperti ditusuk-tusuk dari dalam.

Asam Urat Tidak Sama dengan Encok

Tahapan Penyakit Asam Urat

Berdasarkan sudut pandang medis, ada 3 tahapan penyakit asam urat yang diurutkan berdasarkan tingkat keparahan penyakit. Berikut ketiga tahapan tersebut!

  • Tahap Pertama

Kadar asam urat biasanya sudah naik ke darah di tahap pertama. Biasanya memang belum ada gejala yang muncul sehingga tidak ada tanda-tanda rasa sakit pada sendi kaki maupun tangan. Tapi jika penderita mengalami penyakit batu ginjal di tahap ini, maka gejala asam urat mulai muncul dan menyiksa penderita.

  • Tahap Kedua

Dalam tahap ini kadar asam urat di dalam tubuh sudah sangat tinggi sehingga mulai menumpuk dan membentuk kristal. Hal ini umumnya terjadi pada sendi kaki bagian jari. Rasa nyeri dan pembengkakan mulai muncul meski biasanya akan hilang dengan sendirinya. Tapi seiring berjalannya waktu, jika tubuh terus memiliki kadar purin yang tinggi maka rasa nyeri pada sendi kaki maupun tangan akan terus terjadi. Jika Anda waspada dan mendeteksi asam urat pada tahap ini, maka penyakit asam urat bisa disembuhkan dengan cara-cara medis.

  • Tahap Ketiga

Pada tahap ketiga, penyakit asam urat sudah bisa menimbulkan komplikasi dan menyebabkan gangguan kesehatan lain. Kristal yang terbentuk akibat banyaknya purin yang menumpuk tidak hanya menyerang sendi saja, tetapi bisa menggumpal di bawah lapisan kulit sehingga rasa nyeri lebih terasa. Selain itu, kondisi tersebut juga bisa merusak tulang rawan dan membuat keadaan menjadi lebih parah.

Dengan mengetahui tahapan penyakit asam urat, maka Anda bisa melakukan langkah penanganan untuk mengatasi atau mencegah terjadinya gangguan yang lebih berat akibat penyakit asam urat.

Obat Asam Urat Tradisional

Dokter akan mengambil langkah tegas untuk mengobati asam urat yang sedang dialami oleh pasien. Pengobatan asam urat secara medis biasanya dilakukan tergantung dengan tahapan gejala asam urat. Pemberian obat untuk meringankan gejala asam urat dilakukan oleh dokter dengan memberi resep obat anti inflamasi non-steroid (OAINS). Sedangkan jika pasien tidak bisa mengkonsumsi kedua jenis obat tersebut, biasanya akan dianjurkan untuk mengkonsumsi kortikosteoid.

Pada kasus penderita yang mengalami asam urat tahunan, dokter akan memberikan obat jenis allopurinol guna menghilangkan nyeri yang menyiksa dan obat lain untuk mencegah terjadinya komplikasi. Sedangkan obat jenis Probenecid diberikan agar tubuh bisa melancarkan pembuangan purin yang berlebihan sehingga masalah ini tidak akan kambuh lagi di kemudian hari.

Selain mengikuti petunjuk dokter dalam mengkonsumsi obat yang direkomendasikan, Anda juga bisa mencoba beberapa obat asam urat tradisional untuk membantu meringankan gejala nyeri asam urat.

  • Cherry

Sifat antioksidan yang dimiliki oleh Cherry bisa membantu mengurangi gejala asam urat. Buah berukuran kecil yang mirip anggur ini juga mengandung anthocyanin yang bisa mengurangi peradangan pada sendir dan meminimalisir resiko kambuh. Penderita dianjurkan untuk mengkonsumsi 15 hingga 20 buah Cherry per hari.

  • Pisang

Jika buah Cherry sulit untuk ditemukan, maka Anda bisa mengkonsumsi pisang yang kaya akan potassium. Senyawa tersebut bisa mengubah kristal asam urat yang mengendap pada sendi agar mencair dan bisa dikeluarkan dengan mudah saat buang air kecil. Rutin mengkonsumsi buah pisang bisa mencegah terjadinya asam urat pada lansia.

  • Baking Soda

Bahan yang kerap digunakan untuk membuat roti ini juga bisa membantu mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Anda bisa mencampurkan setengah sendok teh baking soda dalam segelas air untuk dikonsumsi. Tapi Anda hanya diperbolehkan mengkonsumsi minuman ini maksimal 3 kali dalam sehari.

  • Cuka Apel

Kadar keasaman yang terkandung pada cuka apel bisa mengurangi rasa sakit pada sendi. Anda pun bisa menambahkan madu untuk mengurangi rasa asam sekaligus sebagai zat anti peradangan. Alternatif lain, Anda bisa mencampur satu sendok teh cuka apel ke dalam segelas air dan meminumnya setiap pagi.

  • Jahe

Jahe dikenal sebagai jenis rempah yang bisa mengobati berbagai macam penyakit, termasuk asam urat. Minum wedang jahe secara rutin bisa membantu peradangan pada sendi yang nyeri dan mengurangi pembengkakan. Jahe pun bisa ditumbuk hingga halus dan membentuk pasta, lalu diaplikasikan pada area yang sakit untuk memberikan efek hangat.

Untuk pengobatan luar lainnya, Anda bisa menggunakan air dingin untuk mengurangi rasa nyeri saat asam urat sedang kambuh. Rendam kaki atau tempelkan es batu ke area sendi yang sakit dan biarkan selama 15 menit. Rasa dingin akan mengurangi rasa nyeri karena mematikan sensor kulit.

Obat tradisional asam urat di atas bisa digunakan sebagai pendamping pengobatan medis yang sedang dijalani. Asam urat memang sebaiknya ditangani oleh dokter dengan cepat agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lain yang berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *