Penyakit dan Pencegahan di Lidah yang Berbulu

penyakit lidah

Mungkin beberapa waktu yang lalu anda pernah mendengar mengenai lidah berbulu atau lidah yang memiliki lapisan hitam seperti rambut atau bulu, mungkin hal ini terdengar menakutkan. Namun tidak perlu khawatir, karena kondisi lidah berbulu ini biasanya tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah agar tidak terjadi hal seperti ini yaitu dengan menjaga kebersihan mulut dengan baik. Lidah berbulu hitam juga diakibatkan oleh terlalu banyaknya bakteri atau pertumbuhan jamur di mulut, bakteri ini tumbuh pada proyeksi bulat kecil di lidah yang disebut dengan papila, dan bakteri ini tersebar di seluruh permukaan lidah. Bakteri papila bisa tumbuh 15 kali lebih panjang dari ukuran normal, dan biasanya berwarna putih keabu-abuan. Jadi ketika tumbuh, pigmen dari makanan, minuman, hingga bakteri ini terperangkap pada papila, dan akhirnya membuat permukaan lidah berubah warna. Keadaan ini tentunya dipengaruhi oleh gaya hidup dan kebiasaan seseorang. Misalnya seperti kebersihan mulut yang buruk, merokok terlalu banyak, minum kopi, dehidrasi, dan kekurangan air liur.

Baca juga : Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Orang Dewasa dan Anak Kecil

Selain lidah yang berbulu dan berwarna hitam, biasanya lidah berbulu tidak disertai dengan gejala lain. Namun beberapa orang bisa mendapatkan gejala seperti sensasi terbakar, rasa logam di mulut hingga mual.

Adakah Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Lidah Berbulu?

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah lidah berbulu sangat mudah, anda bisa mulai berlatih untuk menjaga kesehatan mulut dengan baik, pastikan untuk menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari, jangan lupa untuk menyikat lidah secara lembut, minum air yang cukup sepanjang hari agar mulut tetap bersih, selain itu pastikan anda diharapkan untuk tidak merokok dan juga harus mengkonsumsi makanan berserat dan bergizi.

Jika lidah berbulu tidak kunjung sembuh dan membaik, sebaiknya segeralah memeriksakan kondisi tersebut ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *