Penyakit Pemicu Sesak Nafas Selain Asma

obat sesak nafas alami

Sesak nafas merupakan kondisi seseorang tidak dapat menarik nafas atau tidak mendapatkan udara yang cukup untuk paru-paru, beberapa orang mengalami sesak nafas secara tiba-tiba serta tidak berlangsung lama, namun beberapa orang lain juga bisa mengalami sesak nafas yang tiba-tiba dengan jangka waktu yang lebih lama, bahkan hingga terjadi selama berminggu-minggu.

Sesak nafas bisa menjadi sebuah peringatan akan adanya masalah kesehatan pada tubuh, banyak kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan tubuh mengalami sesak nafas, namun yang paling umum terjadi diantaranya seperti pneumonia atau infeksi pernapasan lainnya, emboli paru, tersedak, pneumothorax, serangan jantung, gagal jantung hingga reaksi alergi berat.

Dalam kondisi sesak nafas yang kronis ada beberapa kondisi kesehatan lain yang menjadi penyebab, seperti penyakit paru obstruksi kronik, otot jantung yang kaku, obesitas, serangan panik, kanker paru-paru hingga anemia. Anda dapat mengatasi sesak nafas dengan beberapa cara, mulai dari perawatan di rumah hingga perawatan medis. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membantu mengurangi sesak nafas.

Cara Mengatasi Sesak Nafas

  • Posisi Duduk dengan Kepala Ditopang Bantal

Hal yang perlu anda lakukan yaitu duduk di kursi dan ambil meja yang diletakkan didepan tempat duduk anda, selanjutnya anda juga bisa meletakkan bantal dan simpan diatas meja yang berada didepan anda, lalu miringkan kepala dan letakkan diatas bantal.

  • Berdiri dan Sandarkan Punggung ke Tembok

Berdiri dapat membantu merilekskan tubuh, pastikan kaki kanan dan kiri anda memiliki jarak serta letakkan tangan anda di paha, rilekskan bahu dan sedikit condongkan bahu kedepan.

Baca juga : Dampak Gula Darah Rendah atau Hipoglikemia Bagi Tubuh

  • Berbaring dan Tinggikan Posisi Lutut

Anda bisa mencoba berbaring diatas tempat tidur, dan pastikan anda berbaring dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi, selanjutnya pastikan lutut anda lebih tinggi dari biasanya. Caranya anda bisa menyimpan sebanyak satu atau dua buah bantal dibawah area lutut, setelah itu pastikan punggung anda dalam keadaan lurus ketika berbaring. Posisi ini dapat membantu tubuh dan saluran udara anda menjadi lebih rileks.

  • Pernapasan Diafragma

Untuk melakukan gaya pernapasan ini, cara yang anda lakukan yaitu dengan duduk di kursi dan rilekskan seluruh tubuh anda, selanjutnya letakkan tangan di perut, lalu bernapaslah secara perlahan. Anda juga harus lebih menekankan proses menghembuskan nafas dari pada saat anda menghirup udara, ulangi kegiatan ini selama 5 menit.

Selanjutnya untuk mengurangi timbulnya sesak nafas yang berulang, anda juga dapat merubah gaya hidup sehari-hari, misalnya anda yang merokok pastikan untuk berhenti merokok, hindari polutan, alergen, menurunkan berat badan jika anda merupakan seseorang dengan kelebihan berat badan atau obesitas, mengkonsumsi makanan yang sehat, tidur yang cukup, dan pastikan untuk memeriksakan kondisi kesehatan anda secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *