Penyebab dan Gejala Rematik pada Tubuh

penyebab asam urat

mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan rematik, apakah anda tahu orang di sekitar anda menderita penyakit ini? Apakah ini merupakan penyakit yang berbahaya?

Rheumatoid Arthritis atau yang biasa dikenal dengan rematik merupakan penyakit autimun jangka panjang yang dapat menyebabkan nyeri sendi, selain itu rematik juga merupakan penyakit sistemik yang berarti akan berpengaruh pada seluruh tubuh. Rematik juga bisa menyerang seluruh bagian tubuh, namun yang lebih umum terjadi yaitu pada kaki dan tangan.

Gejala umum dari rematik yaitu persendian kaku terutama saat bangun tidur, selain itu terjadinya pembengkakan sendi, nyeri sendi hingga hilangnya fungsi dari sendi. Seseorang yang mengalami rematik terkadang memiliki ketidakseimbangan saat berjalan, demam, sampai terjadinya penurunan berat badan. Gejala yang akan dirasakan setiap orang berbeda-beda atau bervariasi dari ringan hingga berat. The Center of Disease Control and Prevention menyebutkan bahwa gejala yang biasanya terjadi dapat mempengaruhi sendi yang sama di kedua sisi.

Baca juga : Waspada Alergi Kucing Terhadap Kesehatan Tubuh

Hingga saat ini belum diketahui apa penyebab dari penyakit rematik, namun beberapa orang tampaknya mengalami hal ini akibat dari faktor genetik dan hingga adanya kelebihan berat badan. Selain penyebab diatas, ada beberapa faktor yang membuat seseorang lebih beresiko mengalami rematik, diantaranya seseorang diatas 60 tahun, wanita, orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas, hingga merokok.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk pengobatan penyakit rematik, diantaranya yaitu dengan mengkonsumsi obat atau melakukan perawatan yang bertujuan untuk mengurangi peradangan sendi, meringankan rasa sakit, memperlambat atau mencegah kerusakan sendi. Pilihan perawatan yang bisa dilakukan seperti terapi fisik okupasi hingga operasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *