Penyebab dan Obat Asam Urat Tradisional yang Ampuh

Soda dan Alkohol Salah Satu Penyebab Asam Urat

Menua merupakan proses alami yang tidak bisa dihindari oleh setiap insan manusia. Dengan bertambah tua usia kita, beberapa organ tubuh pun mengalami penurunan fungsi. Tidak hanya itu saja, mekanisme tubuh juga mulai terganggu akibat penurunan fungsi beberapa organ di dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak heran jika orang tua kerap mengalami masalah kesehatan. Salah satu masalah yang dialami oleh orang tua adalah asam urat. Meski sudah ada obat asam urat, namun penyakit ini terkadang kambuh dan kembali menyiksa penderitanya.

Penyakit asam urat memang identik dengan orang tua karena pada dasarnya mereka yang sudah berumur 40 hingga 50 tahun kerap mengalami masalah ini. Berdasarkan riset kesehatan, ternyata fakta membuktikan bahwa laki-laki memiliki potensi lebih tinggi untuk menderita asam urat jika dibandingkan dengan wanita. Sedangkan wanita umumnya mulai menderita penyakit asam urat setelah masa menopause tiba. Selain itu, faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab seseorang menderita asam urat. Dengan melihat fakta tersebut, bukan berarti Anda aman dari penyakit ini. Gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi salah satu penyebab asam urat di usia muda.

Asam urat sendiri terjadi akibat kadar purin yang terlalu berlabihan di dalam tubuh. Purin merupakan sejenis protein yang diproduksi oleh tubuh dan juga terkandung pada makanan yang dikonsumsi. Dalam kondisi normal, kadar purin ini bermanfaat bagi tubuh. Namun jika berlebihan, purin yang beredar dan terbawa pada pembuluh darah ini bisa menyumbat urat. Jika penyumbatan itu terjadi, purin yang menumpuk bisa berubah menjadi kristal yang menyebabkan nyeri pada urat ataupun sendi pergelangan. Biasanya rasa nyeri tersebut akan hilang dalam dua atau tiga hari. Akan tetapi, pada kasus lain beberapa orang menderita asam urat akut yang sangat menyiksa.

3 Penyebab Asam Urat

Oleh karena itu, kita harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab asam urat. Berikut 3 faktor yang menyebabkan penyakit asam urat!

  1. Efek Samping Obat

Bagi mereka yang diharuskan mengkonsumsi obat jenis diuretik dalam jangka waktu yang lama bisa menderita penyakit asam urat. Hal tersebut dikarenakan obat diuretik membuat kita lebih sering buang air kecil. Jika seseorang kekurangan cairan tubuh, maka sisa cairan yang tersisa bisa mengendap, mengkristal, hingga pada akhirnya menjadi pemicu terjadinya asam urat.

   2. Gangguan Kesehatan Lain

Pada dasarnya, gijal memiliki tugas yang amat penting dalam menjaga keseimbangan zat-zat baik di dalam tubuh. Dalam kondisi yang sehat, ginjal bisa menetralkan kadar purin yang terlalu tinggi. Namun bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan pada ginjal, kadar purin yang tinggi membuat tubuh tidak bisa mengeluarkan zat yang berlebih sehingga menjadi penyebab asam urat. Selain mereka yang menderita penyakit ginjal, penderita Obesitas juga berpotensi mengalami asam urat.

  3. Faktor Makanan dan Minuman

Terakhir, faktor yang punya peran paling besar terhadap penyakit asam urat adalah asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Pada dasarnya, tubuh memproduksi purin dalam kadar normal. Namun tambahan purin dari sari-sari makanan dan minuman membuat kadar purin meningkat. Alkohol dan minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi dan bisa mempercepat produksi purin di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, konsumsi daging merah yang berlebih juga bisa menjadi penyebab asam urat.

Baca juga : Mengenal Penyakit Ambeien, Penyebab dan Obat Alami Ambeien

Dengan melihat 3 faktor penyebab asam urat, setiap orang sebenarnya memiliki potensi untuk menderita penyakit ini. Jika kini Anda sudah mulai merasakan betapa menyiksanya asam urat, maka Anda perlu mengganti pola hidup ke arah yang lebih baik.

Nyeri Asam Urat pada Sendi Kaki

Obat Asam Urat Alami

Salah satu cara untuk meringankan sekaligus mencegah asam urat kambuh adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Namun jika Anda sudah tersiksa dengan penyakit ini, ada baiknya untuk mulai mengkonsumsi obat asam urat dan kolesterol yang ampuh. Salah satunya adalah dengan memilih obat herbal asam urat yang bisa kita temui di sekitar kita.

  1. Jus Seledri

Sayuran hijau yang satu ini sudah terbukti ampuh dan dikenal sebagai obat tradisional asam urat. Seledri mengandung banyak antioksidan serta asam fenolik dan quecetin yang bermanfaat bagi tubuh untuk mengurangi peradangan, termasuk rasa nyeri yang sering timbul akibat asam urat. Anda bisa mengkonsumsi jus selederi secara rutin agar badan tidak pegal-pegal.

  1. Minyak Ikan

Alternatif lain yang bisa dipilih sebagai obat asam urat adalah minyak ikan yang kaya akan Omega 3. Zat tersebut berfungsi dalam mencegah peradangan di seluruh jaringan tubuh. Tak hanya itu saja, kandungan magnesium juga bisa memperlambat produksi purin. Kombinasi tersebut membuat minyak ikan efektif untuk mengurangi nyeri akibat asam urat.

  1. Sari Cuka Apel

Apel memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Laman HealthLine juga merilis riset tentang efektivitas sari cuka apel dalam menurunkan berat badan. Taknya menurunkan kolesterol saja, sari cuka apel juga bisa menjadi pilihan untuk mengobati asam urat.

  1. Lemon

Selanjutnya, Lemon bisa menjadi pilihan lain bagi Anda yang ingin mencoba mengobati asam urat dengan cara tradisional. Kaya akan Vitamin C, Lemon bisa meredakan rasa nyeri berkat kalium yang terkandung di dalamnya. Tak hanya itu saja, zat asam pada lemon juga bisa menyeimbangkan kadar pH dan mencegah terjadinya pembentukan kristal asam urat.

  1. Jahe

Terakhir, Jahe memiliki peran dalam meringankan peradangan di sendi atau urat-urat kaki. Anti inflamasi yang terkandung di dalam jahe berupa gingerols dan shogaol bisa mempercepat penyembuhan saat asam urat menyerang.

Obat Asam Urat di Apotik

Selain mencoba ramuan herbal untuk asam urat, tidak ada salahnya untuk menggunakan obat asam urat di apotek guna mempecepat penyembuhan dan menghilangkan rasa nyeri. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut daftar obat asam urat yang bisa diperoleh di apotek terdekat.

  1. Obat Anti-Radang Non-Steroid

Ada beberapa pilihan obat anti-radang yang bisa dipilih untuk menghilangkan nyeri akibat asam urat dan bisa dibeli di apotek seperti Celecoxib (Celebrex) atau Indomethacin (Indocin) yang memiliki dosisi yang cukup tinggi dan lebih cepat dalam menghilangkan rasa nyeri.

  1. Colchicine

Pilihan lain adalah Colchicine (Colcrys, Mitigare) yang merupakan salah satu jenis obat pereda nyeri yang bisa bekerja langsung menghilangkan rasa sakit. Pastikan Anda mengkonsumsi obat ini sesuai dosis yang berlaku dan tidak berlebihan.

  1. Kortikosteroid

Jika dua obat sebelumnya kurang manjur dalam meredakan rasa nyeri asam urat, Anda bisa memilih obat jenis Kortikosteroid yang efektif untuk meredakan rasa sakit. Namun, efek samping obat jenis ini juga cukup berbahaya jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

  1. Obat untuk Meminimalisir Produksi Uric Acid

Terakhir, Anda bisa memilih obat untuk mengurangi produksi purin. Obat seperti Xanthine Oxidase Inhibitor (XOIs) dan Febuxostat bisa menurunkan kadar asam urat yang berlebihan di dalam darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *