Penyebab dan Obat Herbal Asam Urat yang Alami dan Ampuh

Obat Herbal Asam Urat Bisa Meredakan Nyeri di Lutut

Pernahkah Anda merasakan nyeri di bagian sendi meski tidak melakukan aktivitas olahraga yang berat? Jika Anda sering merasakannya, bisa jadi Anda terkena encok atau yang juga disebut dengan asam urat. Kedua istilah tersebut merujuk pada jenis penyakit yang sama, yakni bentuk penyakit arthritis atau peradangan sendi yang terjadi karena kadar purin yang tinggi di dalam darah kita. Purin sendiri merupakan sejenis zat yang ada di dalam tubuh kita berupa zat asam. Jika berlebihan dan menumpuk di dalam tubuh, maka kristal-kristal tersebut bisa terbawa oleh darah dan menimbulkan gejala asam urat berupa rasa nyeri yang tajam di area sendi. Penumpukan kristal purin yang terus menerus bahkan bisa membuat jaringan lunak di tubuh kita juga terasa nyeri.

Banyak yang beranggapan bahwa penyakit asam urat hanya terjadi pada orang dewasa berusia antara 40 hingga 50 tahun. Akan tetapi, penyakit ini ternyata juga berpotensi mengancam orang dewasa yang masih muda. Gaya hidup yang tidak sehat dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi akan membuat resiko terkena asam urat semakin besar. Jadi, cara terbaik untuk mencegah terkena encok di masa tua adalah menghindari penyebab asam urat dan makanan pemicunya. Di bawah ini merupakan daftar makanan penyebab asam urat!

Makanan Penyebab Asam Urat

  • Minuman Soda dan Alkohol

Minuman yang mengandung soda, karbonasi, atau alkohol bisa memicu produksi Uric Acid meningkat di dalam tubuh. Zat tambahan pada jenis minuman tersebut juga membuat ginjal harus bekerja eksra keras untuk menyaring purin di dalam tubuh dan zat berlebihan lain. Dampak buruknya tak hanya membuat resiko terkena asam urat semakin besar, kerusakan ginjal pun bisa terjadi karena pekerjaan berat yang harus dilakukan oleh ginjal untuk membuat racun yang ada di dalam tubuh.

  • Daging Merah

Siapa yang tidak suka makan daging sapi, kambing, ataupun domba? Jenis hewan konsumsi berkaki empat ini memang populer akan kelezatannya. Tapi Anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi daging merah tersebut karena jika berlebihan, maka akan memicu produksi purin di dalam tubuh. Lebih baik mengkonsumsi daging merah 2 kali dalam 1 minggu.

  • Seafood

Makanan laut juga dikenal akan kelezatannya. Apalagi ada berbagai variasi seafood yang bisa Anda konsumsi, mulai dari kepiting, kerang, udang, lobster, hingga tiram yang menggoda selera. Makanan laut lain seperti ikan sarden, cumi, teri dan ikan tuna juga menjadi santapan favorit. Namun siapa sangka jika jenis makanan tersebut juga bisa berpengaruh terhadap produksi purin di dalam tubuh? Ancaman kolesterol juga menghantui mereka yang gemar mengkonsumsi seafood.

  • Jeroan Sapi

Masyarakat Indonesia memang familiar dengan jeroan sapi untuk dikonsumsi, seperti paru, hati, ampela, otak, ginjal, lidah, hingga usus. Sayangnya jeroan tersebut mengandung purin yang sangat tinggi sehingga Anda harus berhati-hati dalam mengatur porsi makanan jenis tersebut agar tidak terkena penyakit asam urat.

Selain karena disebabkan oleh makanan yang disebutkan di atas, penyakit asam urat juga bisa diakibatkan karena konsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa orang yang harus mengkonsumsi jenis obat tertentu dalam jangka waktu yang lama beresiko terkena asam urat.

Obat Herbal Asam Urat Mengobati Tanpa Efek Samping

Obat Herbal Asam Urat

Setelah mengetahui beberapa jenis makanan yang bisa menjadi penyebab asam urat, berikut ini merupakan obat herbal asam urat alami yang bisa membantu meringankan gejala penyakit asam urat. Apa saja?

  1. Tanaman Adas

Tumbuhan dengan nama lain Foeniculum vulgare Mill ini dikenal sebagai salah satu obat alami asam urat yang ampuh. Ada kandungan penting dalam adas yang bisa mengurangi rasa nyeri tajam asam urat, seperti minyak atsiri, anetol, limonena, dipentena, asam anisat, dan lainnya. Anda bisa merebus buah Adas kering sebanyak 3-9 gr dengan 3 gelas air. Rebus airnya hingga tersisa 1 gelas saja untuk selanjutnya diminum selagi hangat.

  1. Daun Salam

Obat herbal penyakit asam urat yang lain adalah daun salam yang sering digunakan sebagai penyedap masakan. Kandungan zat saponin pada daun salam berguna untuk menyerap diuretik sehingga kadar purin di dalam tubuh bisa terkontrol. Saponin juga membuat kinerja ginjal lebih baik sehingga bisa bekerja menyaring racun di dalam tubuh. Anda bisa merebus 19 lembar daun salam dengan air dan meminum air rebusan tersebut.

  1. Akar Alang-Alang

Tanaman alang-alang juga dikenal sebagai obat asam urat yang alami dan ampuh. Kandungan Sakarosa, Asam Malat, Silindrin, dan Koiksol berguna dalam menurunkan kadar purin melalui peluruh kemih. Anda hanya perlu meminum air rebusan akar alang-alang secara rutin untuk menurunkan kadar purin di dalam tubuh.

  1. Buah Ceplukan

Buah mungil yang terlihat seperti tomat kecil ini ternyata memiliki khasiat untuk mengobati asam urat. Tanaman ini kaya akan asam klorogenat dan fisalin yang bisa menurunkan kadar asam urat tinggi. Anda bisa memakan buah ceplukan secara langsung, mengolahnya dengan merebus dan meminum airnya, atau bahkan mengkonsumsi ekstrak ceplukan yang kini tersedia dalam bentuk kapsul.

  1. Anting-Anting

Ini bukanlah jenis perhiasan pada telinga yang sering digunakan wanita. Anting-anting merupakan jenis tanaman herbal yang berguna menurunkan kadar asam berkat kandungan saponin dan tanin yang cukup tinggi. Anda bisa mengolah tanaman ini sebagai obat asam urat dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu. Lalu merebusnya dan meminum air rebusan tersebut.

  1. Cuka Apel Asli

Selain dikenal sebagai obat herbal untuk sakit kepala, cuka apel juga bisa mengobati asam urat dan rematik. Tingkat keasaman cuka apel bisa membantu mengurangi rasa sakit yang akut pada penderita asam urat. Anda hanya perlu mencampur sesendok cuka apel dengan segelas air lalu mengkonsumsinya secara rutin. Jika rasanya terlalu asam, Anda bisa menambahkan madu sebagai penetralisir.

  1. Jahe

Tanaman ini dikenal sebagai obat mujarab untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, termasuk asam urat. Jahe memiliki kandungan zat anti inflamasi dan anti peradangan yang bisa mengurangi rasa sakit di dalam tubuh. Anda bisa mengolah jahe sebagai wedang jahe atau menggunakannya sebagai bahan masakan. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan jahe tumbuk, lalu direndam pada air hangat, dan menggunakannya sebagai kompres di bagian sendi yang terasa nyeri.

  1. Es Batu atau Air Dingin

Terakhir, Anda bisa menggunakan es batu atau air dingin untuk mengurangi rasa nyeri akibat asam urat. Anda bisa menggunakan sebagai alat kompres pada area yang sakit. Biasanya es batu juga digunakan pada asam urat yang menyebabkan pembengkakan di area sendi. Anda pun bisa merendam kaki atau tangan pada air dingin untuk mengurangi nyeri berkepanjangan.

Itulah beberapa alternatif obat asam urat alami yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri. Jika kondisi asam urat semakin parah, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk perawatan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *