Penyebab Darah Tinggi dan Darah Rendah; Berapa Tekanan Darah Normal?

Tekanan Darah Normal Manusia 120 per 80

Darah merupakan cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup, termasuk manusia, yang bertugas untuk mengirim zat yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga setiap organ tubuh bisa menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Darah juga merupakan alat transportasi yang membawa oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh sehingga proses metabolisme tetap terjaga. Bagi manusia, darah juga memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan. Darah mengangkut bahan kimia dan juga sebagai sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. Oleh karena itu, kadar dalam darah harus selalu normal agar keseimbangan tubuh tetap terjaga. Tensi normal orang dewasa sekitar 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg.

Bagaimana jika tekanan darah di atas atau di bawah ambang batas tersebut? Ada konsekuensi yang akan dirasakan oleh seseorang jika tekanan darah berada di atas ataupun di bawah normal. Jika tekanan darah lebih dari 120/80 mmHg, maka seseorang bisa terkena penyakit yang disebabkan tekanan darah tinggi. Begitu pula sebaliknya. Jika seseorang memiliki tensi darah di bawah normal, maka seseorang tersebut bisa dikategorikan memiliki darah rendah yang bisa mempengaruhi aktivitas orang tersebut. Baik darah rendah dan darah tinggi akan memberikan dampak kesehatan sehingga sudah sepatutnya kita menjaga tekanan darah tetap normal demi menjaga kesehatan tubuh.

Penyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Ada beberapa penyebabkan tekanan darah tinggi yang bisa mengganggu kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  1. Banyak Konsumsi Makanan Asin

Garam dianggap menjadi faktor utama penyebab tekanan darah tinggi. Jika dikonsumsi dalam batas yang wajar, garam memang bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan iodiumnya. Tapi jika berlebihan, kandungan garam yang terlalu banyak di dalam tubuh akan membuat kandungan natrium alami di dalam tubuh menumpuk. Hal ini berakibat pada pembuluh darah yang tersumbat akibat penumpukan tersebut sehingga menyebabkan aliran darah terhambat.

  1. Stress

Banyak pikira, stress, dan depresi juga bisa membuat seseorang memiliki tekanan darah yang tinggi. Stress akan mendorong tubuh melepaskan hormon kortisol, adrenalin, dan norepinefrin yang bisa meningkatkan denyut jantung dan mempercepat peredaran darah.

  1. Obesitas

Mereka yang memiliki berat badan berlebih juga memiliki resiko tekanan darah tinggi. Lemak yang tidak dicerna sempurna bisa terbawa dalam darah sehingga membuat jantung harus memompa dengan tekanan lebih tinggi. Sebagai akibatnya, tekanan darah bisa meningkat dan membuat resiko kematian semakin besar.

Penyebab Darah Rendah atau Anemia

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan tekanan darah tinggi, berikut uraian tentang tekanan darah rendah dan penyebabnya sehingga kita bisa menghindari penyakit anemia.

  1. Dehidrasi

Sekitar 70% tubuh kita adalah cairan, sekian persen diantaranya berbentuk darah. Jika kita kekurangan cairan tubuh dan terjadi dehidrasi, maka proses metabolisme tubuh akan terganggu sehingga tubuh terasa lemas sebagai gejala dari darah rendah.

  1. Hamil

Pada kasus wanita yang sedang hamil, biasanya mereka akan sering merasa lelah, lemas, dan pusing. Ini merupakan sesuatu yang wajar karena kehamilan membuat tekanan darah mengalami gangguan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena biasanya dokter kandungan juga memberikan obat penambah darah agar kebutuhan produksi darah merah tubuh tetap tercukupi.

  1. Gangguan Fungsi Jantung

Anemia yang sering terjadi juga bisa menjadi indikasi bahwa ada kelainan fungsi jantung yang harus diwaspadai. Pada beberapa kasus, seseorang yang memiliki lemah jantung bisa diawali dengan gejala anemia akut. Kondisi ini juga memerlukan pengobatan khusus agar perawatan tersebut tidak menimbulkan dampak negatif pada kesehatan tubuh.

Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia

Setelah mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan darah rendah dan darah tinggi, kini saatnya mengetahui berapa tekanan darah normal berdasarkan usia agar Anda tahu kondisi kesehatan masing-masing.

Tekanan Darah Bayi dan Anak

Untuk kasus bayi dan anak kecil, tekanan darah bisa berubah dan berbeda karena tekanan darah harus dibedah secara spesifik berdasarkan usia anak dan bobot tubuh. Oleh karena itu, tidak ada batas pasti tentang tekanan darah pada bayi dan anak.

Tekanan Remaja & Orang Dewasa

Tekanan darah untuk remaja dan orang dewasa yang normal berada di angka 120/80 mmHg. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika berada di atas atau di bawah batas normal tersebut maka harus dilakukan langkah antisipatif untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tekanan Darah Lansia

Berdasarkan data dari Livestrong, tekanan darah normal pada lansia berusia 60 hingga 64 tahun berada di angka 134/87 mmHg. Biasanya semakin bertambah usia maka tubuh membutuhkan tekanan yang lebih tinggi untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

Setelah membaca pembahasan ini, diharapkan Anda bisa mulai mawas diri dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih memperhatikan tekanan darah kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *