Penyebab Herpes dan Obat Alami untuk Meringankan Gejala Herpes

Herpes Menyerang Kulit dan Area Kelamin

Herpes sering dikaitkan dengan penyakit kelamin yang menular. Ya, fakta tersebut memang benar. Namun perlu diketahui pula tidak semua herpes ditularkan melalui alat genital manusia. Herpes adalah salah satu penyakit yang menyerang bagian kulit kita. Biasanya kulit akan melepuh, berwarna merah, dan terkadang muncul gelembung kecil berisi cairan yang bisa pecah jika digaruk atau terkena benda lain. Herpes sendiri disebabkan oleh virus sehingga cara menyembuhkan herpes harus dilakukan dengan membunuh virus tersebut. Celakanya, virus herpes bisa bertahan seumur hidup di dalam tubuh kita sehingga ada kemungkinan penyakit ini kambuh lagi meski sempat disembuhkan.

Virus Penyebab Penyakit Herpes

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengobati penyakit herpes, ada baiknya kita mengenal tentang virus yang bisa menyebabkan penyakit ini dan bagaimana cara agar terhindar dari penularan penyakit herpes. Pada dasarnya, penyakit ini disebabkan oleh virus herpes dimana ada dua jenis virus ini. Berikut informasi lengkapnya!

  • Virus HSV 1

Herpes Simplex Virus tie 1 adalah jenis virus yang menyebar dengan sangat cepat dan biasanya menyerang bagian mulut. Jika mulut terkena bagian kelamin, maka virus ini bisa menyebar ke alat kelamin. Jadi, kontak langsung bisa menularkan virus dari kulit ke kulit. Bahkan penggunaan peralatan makan atau pun kosmetik secara bersama-sama memungkinkan untuk menyebarnya virus ini.

Biasanya si penderita akan mengalamai demam yang disertai dengan rasa lemas dan nyeri pada beberapa bagian tubuh. Setelah itu, muncul rasa gatal dan seperti terbakar di bagian mulut. Kemudian muncul lesi kulit seperti melepuh yang berisi cairan dan akan kering dalam beberapa hari. Hal tersebut bisa membuat si penderita mengalami kesulitan saat makan dan menggerakkan bibir.

  • Virus HSV 2

Jenis yang kedua adalah Herpes Simplex Virus tipe 2 yang merupakan penyebab terjadinya herpes di area kelamin. Metode penyebarannya pun sama dengan HSV 1, yakni dengan kontak kulit secara langsung saat berhubungan seksual. Selain itu, penyebaran virus ini juga bisa terjadi melalui proses melahirkan sehingga sang bayi akan mewarisi virus HSV tipe 2 dari ibunya.

Gejala yang timbul saat terkena virus ini pun mirip dengan tipe yang pertama. Hanya saja lesi biasanya akan muncul di area kelamin yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, bahkan saat buang air kecil. Pada kasus yang terjadi pada perempuan, biasanya vagina juga akan mengeluarkan banyak cairan seperti keputihan.

  • VZV

Viracella Zoster Virus merupakan tipe terakhir yang menjadi penyebab penyakit cacar air. Virus ini dipastikan akan menginfeksi seseorang untuk pertama kalinya dan biasanya tidak akan muncul lagi seumur hidupnya karena tubuh telah memproduksi kekebalan yang bisa menangkal munculnya virus ini.

Viraxella Zoster Virus juga bisa menular melalui kontak langsung dengan orang yang menderita cacar air. Penularan juga bisa terjadi melalui udara, yakni saat penderita bersin dan cairan ludah menempel pada kulit orang lain. Biasanya penderitanya akan mengalami bintil pada kulit yang muncul di beberapa bagian tubuh. Bintil tersebut berisi air yang bisa pecah.

Khusus untuk virus VZV, anak berusia di bawah 12 tahun rentan terkena penyakit ini. Apalagi jika kondisi tubuh sedang lemah dan sistem imun tubuh rendah. Oleh karena itu, cara terbaik untuk melindungi anak Anda adalah dengan memebrikan vaksin agar terhindar dari penyakit ini.

Setelah mengetahui tiga jenis virus herpes yang bisa menyerang manusia, sekarang kita tahu bahwa herpes tidak selalu berkaitan dengan penyakit kelamin. Itu artinya semua orang memiliki resiko untuk terkena penyakit ini. Dengan mengetahui jenis virus yang menginfeksi tubuh, kita juga bisa tahu penyebab penyakit herpes dan bagaimana cara mencegahnya agar tidak tertular.

Herpes Tidak Bisa Diobati Tapi Bisa Dicegah

Pengobatan Penyakit Herpes

Seperti yang sudah disebutkan tadi, virus herpes akan menjangkiti tubuh kita seumur hidup. Dengan kata lain, tidak ada obat yang bisa menyingkirkan virus ini dari tubuh kita. Dokter pun biasanya hanya akan memberikan beberapa antivirus agar penyakit herpes tidak berkembang biak. Selain itu, obat antivirus ini juga berfungsi untuk mengurangi gejala dan meminimalisir terjadinya penularan virus ke orang lain.

Obat yang diberikan dokter biasanya berbentuk pil dan obat topikal untuk dioles pada area yang terkena herpes. Bahkan pada beberapa kasus, dokter juga kerap memberikan suntikan agar langsung diserap oleh tubuh. Berikut obat herpes yang diresepkan dokter.

  • Acyclovir

Ini merupaan jenis obat herpes yang bisa ditemukan dalam bentuk pil maupun salep. American Sexual Health Association menyatakan bahwa acyclovir terbukti aman digunakan setiap hari selama 10 tahun.

  • Valacyclovir

Ini merupakan kombinasi dari acyclovir sebagai bahan aktifnya agar bisa dengan mudah diserap oleh tubuh. Obat ini juga terbukti efektif untuk meminimalisir gejala dan mempercepat masa penyembuhan meski tidak bisa menghilangkan virus dari tubuh kita.

  • Famciclovir

Obat ini bekerja dengan menghentikan virus HSV berkembang biak semakin banyak di dalam tubuh. Dengan kandungan yang bisa bertahan lebih lama di dalam tubuh, Anda tidak perlu terlalu sering mengkonsumsi obat jenis lain.

Baca juga : Penyebab Kutil dan Obat untuk Menghilangkan Kutil yang Ampuh

Obat Herpes Alami untuk Pengobatan di Rumah

Selain dianjurkan untuk mengkonsumsi salah satu jenis obat yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa mencoba beberapa obat herpes alami dengan menggunakan bahan tradisional di sekitar kita. Cara ini memang tidak bisa menghilangkan virus yang telah menyerang tubuh kita tapi bisa efektif meringankan rasa tidak nyaman yang sering timbul akibat virus herpes.

Anda bisa mulai dengan rutin mandi dengan air hangat yang telah dicampur oleh garam. Zat anti inflamasi alami pada garam berguna untuk mengurangi rasa nyeri dan penyebaran infeksi. Untuk variasi Anda bisa menggunakan daun sirih untuk menjaga kesehatan kulit.

Proteleum Jelly juga bisa menjadi salah satu alternatif obat alami herpes yang dioles ke bagian kulit yang sakit. Anda pun bisa menggunakan losion calamine untuk mengurangi rasa gatal yang muncul akibat ruam. Jangan gunakan bedak karena justru bisa membuat kulit semakin parah. Anda pun disarankan untuk tidak menggaruk bagian yang sakit karena bisa merusak jaringan kulit dan menimbulkan infeksi yang bisa berbahaya.

Jika selama ini Anda sudah terinfeksi salah satu virus herpes, sebaiknya mulai menjaga kesehatan tubuh dengan mendapatkan istirahat yang cukup. Gunakan pakaian yang longgar agar luka cepat kering dan tubuh tidak mudah berkeringat. Jaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun. Dan yang paling penting, kurangi kontak fisik dengan orang lain agar orang di sekitar Anda tidak tertular penyakit ini.

Dengan melihat bagaimana virus ini menyerang tubuh kita, sudah seharusnya kita menjaga kesehatan tubuh dengan sungguh-sungguh. Kesetiaan dengan pasangan merupakan kunci utama untuk terhindar dari penyakit seksual menular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *