Penyebab Kutil dan Obat untuk Menghilangkan Kutil yang Ampuh

Kutil Sering Muncul di Area Ruas Jari Tangan

Kutil dikenal sebagai salah satu penyakit kulit yang cukup mengganggu. Meski tidak menyebabkan kerusakan tubuh yang cukup parah hingga menurunkan tingkat kesehatan, tapi munculnya bintil yang keras di lapisan permukaan kulit sudah cukup membuat kita malu. Apalagi jika kutil muncul di area kulit yang luar tidak bisa ditutupi seperti leher, wajah, atau bahkan di jari tangan dan kaki. Tentu hal tersebut bisa membuat Anda merasa tidak percaya diri dengan penampilan. Anda harus mengetahui cara menghilangkan kutil di leher dan wajah yang aman dan cepat agar masalah yang satu ini bisa segera diatasi dan Anda kembali menemukan rasa percaya diri.

Kutil sendiri merupakan jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus. Jenis virus yang paling sering menyebabkan kutil adalah Human Papilloma Virus (HPV) yang berakibat pada munculnya tumor jinak di lapisan kulit. Pertumbuhan kutil sangat cepat sehingga jika Anda terkena virus ini, maka ada kemungkinan kutil akan menyebar di beberapa bagian tubuh. Bahkan kutil bisa menular secara langsung melalui kontak fisik sehingga jika Anda memiliki penyakit ini, sebaiknya kurangi kontak fisik secara langsung dengan orang lain pada bagian yang sakit. Bahkan penggunaan peralatan pribadi secara bersama-sama seperti handuk, sisir, atau gunting cukur juga bisa menularkan penyakit kutil.

Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami Dan Cepat

Bagi Anda yang ingin menghilangkan kutil secara alami dan cepat, ada beberapa cara untuk menghilangkan kutil di wajah, leher, ataupun tangan dan kaki Anda.

  1. Asam Salisilat

Cara pertama untuk menghilangkan kutil adalah dengan memanfaatkan asam salisilat. Zat tersebut diyakini bisa menghilangkan beberapa jenis penyakit kulit, termasuk kutil. Anda bisa menggunakan salep obat kutil berbentuk cair ataupun krim yang mengandung asam salisilat. Anda hanya perlu mengoleskan secara rutin dan sesuai dosis hingga kutil mengering dan hilang dengan sendirinya.

  1. Menggunakan Lakban

Cara yang ini mungkin terdengar sangat aneh, tapi percaya atau tidak, menggunakan lakban untuk menghilangkan kutil terbuktfi efektif dan murah. Bahkan cara ini dianggap jauh lebih baik daripada menggunakan nitrogen cair sebagai terapi untuk menghilangkan kutil. Menutup lakban pada kutil akan memblokir oksigen sehingga pertumbuhan kutil akan terhambat dan jaringan kutil yang keras menjadi lebih lunak. Anda hanya perlu menutup kutil dengan lakban dan menggantinya setiap hari selama satu minggu. Setelah itu, lepaskan lakban dan rendam area kulit dengan air hangat sambil digosok hingga runtuh. Jika belum bersih sempurna, keringkan dan tempel dengan lakban selama beberapa hari sebelum kembali merendamnya dengan air hangat sembari menggosok kutil hingga bersih.

  1. Bawang Putih

Bawang putih menjadi obat kutil tradisional yang ampuh mengingat bawang putih memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang bisa mempercepat penyembuhan suatu penyakit. Anda bisa menumbuk beberapa bawang putih dan mengolahnya menjadi sebuah pasta. Setelah menjadi pasta, tempelkan ke area kutil hingga merata dan tertutup rapat. Balut area tersebut dengan kain dan biarkan selama beberapa hari. Ganti bawang putih jika area perban sudah kotor.

  1. Cuka Apel

Cuka apel memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan manusia. Selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan, sifat asam pada cuka apel juga bisa memecah terjadinya mutasi sel kulit yang berlebihan. Hal ini akan membantu menghambat perkembangan jaringan kutil di leher, wajah, ataupun ruas jari Anda. Cara menggunakan cuka apel untuk menghilangkan kutil cukup mudah, Anda hanya perlu menempelkan kapas yang sudah ditetesi cuka apel asli pada kutil dan mendiamkannya selama beberapa jam. Setelah selesai, bilas dengan air bersih yang hangat. Ulangi cara tersebut selama beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Keempat cara tradisional tersebut sering digunakan untuk menghilangkan kutil di permukaan kulit kita. Jika ternyata kutil tidak juga hilang dan justru berkembang semakin banyak, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Ini merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *