Penyebab Penyakit Bipolar dan Cara Menyembuhkan Bipolar Disorder

Bipolar Disorder Merupakan Jenis Gangguan Jiwa

Penyakit bipolar disorder adalah suatu jenis kondisi mental yang menyebabkan penderitanya memiliki perubahan mood yang sangat cepat. Orang bipolar pada saat tertentu bisa merasa bahagia (mania) dan di saat tertentu merasa sangat sedih (depresi). Perubahan mood tersebut bisa terjadi begitu cepat meski saat kondisi normal, orang tersebut juga biasa dan baik-baik saja. Saat penderita bipolar merasa bahagia, ia akan selalu bersemangat dan ceria setiap hari. Kebahagian tersebut diekspresikan secara jelas baik secara verbal maupun dengan tindakan. Begitu pula sebaliknya. Saat mengalami episode mood yang sedih, kondisi pasien bisa sangat berbahaya karena merasa depresi, tertekan, kesepian, bahkan pada beberapa kasus muncul keinginan untuk mengakhiri hidup.

Kondisi psikis tersebut tentu berpengaruh terhadap kehidupan sang pasien. Saat dalam kondisi mood yang bahagia, kehidupannya akan terasa menyenangkan. Baik hubungan percintaan, pertemanan, maupun di lingkungan kerja akan terasa bahagia. Dan sebaliknya saat episode mood sedih datang, semua kebahagiaan yang sebelumnya terpancar bisa hilang seketika. Tentu saja hal tersebut akan berpengaruh dengan lingkungan sekitarnya, termasuk dengan pasangan, teman, dan bahkan pekerjaannya. Jadi gejala bipolar disorder ini harus diatasi sesegera mungkin agar tidak berimplikasi pada kehidupan pasien. Bahkan cara-cara khusus juga harus dilakukan guna menyembuhkan penyakit bipolar.

Penyebab Penyakit Bipolar

Namun sebelum kita berkenalan dengan cara penyembuhan gangguan bipolar, berikut beberapa penyebab bipolar disorder berdasarkan sudut pandang medis.

  1. Kondisi Otak

Secara medis, otak kita mengendalikan seluruh fungsi organ tubuh manusia. Otak juga bertanggung jawab terhadap sistem indera yang dimiliki oleh manusia. Jadi perasaan bahagia, sedih, rasa sakit, dan semua perasaan yang dialami oleh manusia merupakan sebab dari aktivitas kimia yang terjadi di otak kita. Pada penderita gangguan bipolar, perubahan zat kimia pada otak (neurotransmitter) terjadi begitu cepat sehingga perubahan mood bisa terjadi dalam hitungan hari saja.

  1. Faktor Keturunan

Gangguan jiwa bipolar juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Seseorang bisa menularkan gangguan jiwa ini kepada keturunannya. Jadi jika salah satu orang tua Anda memiliki riwayat penyakit bipolar, maka ada kemungkinan besar Anda juga akan mengalami perubahan episode mood yang begitu cepat.

  1. Lingkungan

Satu-satunya faktor eksternal yang bertanggungjawab terhadap penyakit bipolar adalah lingkungan sekitar. Berdasarkan penelitian ilmiah, bipolar disorder bisa disebabkan oleh faktor lingkungan tempat seseorang tinggal. Merasa tidak percaya diri dengan tubuhnya, stress berkepanjangan, mengalami suatu kehilangan yang tragis, atau bahkan trauma masa lalu yang masih teringat sampai sekarang juga bisa membuat perubahan mood yang begitu cepat dan menimbulkan gangguan jiwa berupa bipolar.

Ketiga penyebab penyakit bipolar tersebut memungkinkan siapa saja untuk mengalami gangguan jiwa ini. Jadi jika Anda mulai merasakan gejala bipolar, yakni sering merasakan perubahan mood yang begitu cepat, maka sebaiknya Anda mencari cara untuk menyembuhkan penyakit bipolar.

Cara Menyembuhkan Penyakit Bipolar

Perlu diketahui bahwa bipolar merupakan gangguan jiwa. Jadi perawatan ataupun cara penyembuhan tersebut tidak bisa menghilangkan sifat asli seseorang, melainkan hanya memastikan agar pasien memiliki mood yang stabil sehingga tidak mengganggu kehidupannya. Berikut beberapa cara menyembuhkan penyakit bipolar yang bisa dilakukan.

  1. Terapi Obat

Dokter meresepkan jenis obat tertentu yang bisa membantu menjaga mood tetap stabil. Penggunaan obat sesuai dosis dan anjuran dokter akan membantu pasien merasa lebih baik saat episode mood sedih datang. Jenis obat yang sering diberikan kepada penderita bipolar adalah antidepresan, antipsikotik, dan obat anti stress lain.

  1. Konseling dengan Psikiater

Konseling dengan Psikiater menjadi solusi paling mujarab untuk menyembuhkan penyakit bipolar. Peran psikolog adalah membantu pasien menemukan pemicunya; apa yang bisa membuatnya bahagia dan apa yang menjadikannya merasa depresi. Psikolog juga akan membantu pasien dalam menghadapi perubahan mood sehingga ada tindakan nyata untuk mencegah hal-hal buruk yang bisa menghancurkan kehidupan pasien. Selain itu, konseling biasanya dilakukan secara bertahap dan terus menerus hingga pasien benar-benar bisa mengendalikan perubahan mood yang bisa terjadi kapan saja.

  1. Perawatan Rumah Sakit

Perawatan di Rumah Sakit dengan pengawasan ketat perlu dilakukan jika pasien memiliki keinginan untuk mengakhiri hidup. Rasa depresi yang terus menerus dan sulit diatasi bisa membuat pasien nekat melakukan hal yang bisa melukai dirinya. Tak hanya itu saja, jika pasien tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri saat depresi, maka ada kemungkinan pasien untuk melukai orang yang ada di sekitarnya.

Kita tidak perlu takut kepada orang yang memiliki bipolar disorder karena mereka sama seperti manusia normal lain. Bahkan pasien bipolar sebenarnya sangat membutuhkan pertolongan dari orang-orang di sekitarnya agar saat mengalami perubahan mood dan mendadak depresi ia tidak melakukan hal buruk yang berdampak negatif dalam kehidupannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *