Penyebab Penyakit Pneumonia dan Obat Alami Radang Paru-Paru

Paru Paru Basah Disebabkan Oleh Bakteri, Virus, dan Organisme

Paru-paru merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting dalam hidup manusia. Ia merupakan satu-satunya organ sebagai tempat untuk menyaring udara yang masuk dan membuat kita tetap hidup. Jika fungsi paru-paru terganggu maka penderitanya akan mengalami berbagai masalah serius hingga ancaman kematian. Namun sayangnya hanya sedikit orang yang menjaga paru-paru mereka, contohnya adalah kaum pria yang sering merokok. Padahal ada banyak ancaman yang bisa menyerang paru-paru kita, seperti paru-paru basah misalnya. Bahaya penyakit paru-paru basah akan kami ulas secara mendalam dalam artikel kali ini.

Dalam istilah medis, paru-paru basah disebut dengan pneumonia. Ini merupakan sebuah kondisi dimana muncul kantung udara di dalam paru yang menimbulkan radang dan pembengkakan. Kantung udara tersebut bisa berisi dengan cairan atau bahkan lendir sehingga mengganggu fungsi paru-paru dalam menyaring udara yang masuk. Data dari WHO menunjukkan bahwa balita memiliki resiko yang paling berbahaya dan rentan terhadap penyakit ini. Bahkan di Indonesia sendiri, rata-rata 2 hingga 3 balita meninggal setiap jam karena pneumonia. Orang dewasa pun memiliki resiko untuk terkena paru-paru, terutama mereka yang memiliki kebiasaan buruk merokok, begadang, dan tidur di lantai tanpa alas apapun.

Jenis dan Penyebab Penyakit Pneumonia

Pneumonia disebabkan oleh beberapa faktor seperti jamur, virus, hingga bakteri dimana cara penularan penyakit ini adalah melalui udara. Berikut penjelasan beberapa jenis penyakit paru-paru basah yang dibedakan menurut dengan penyebabnya.

  • Pneumonia Bakterial

Sesuai dengan namanya, penyakit ini terjadi karena infeksi bakteri di paru-paru yang diakibatkan karena streptococcus pneumoniae. Selain jenis bakteri tersebut, ada pula jenis bakteri lain yang bisa menjadi penyebab penyakit pneumonia.

  • Pneumonia Viral

Pada kasus pneumonia anak, virus menjadi penyebab penyakit ini. Berbeda dengan radang paru paru disebabkan oleh infeksi bakteri, pneumonia yang diakibatkan karena virus tidak terlalu berbahaya. Bahkan pada beberapa kasus penyakit ini terjadi dalam tempo yang singkat. Meski demikian, pemeriksaan intens dengan dokter spesialis anak harus tetap dilakukan guna memastikan kesehatan si buah hati.

  • Pneumonia Mycoplasma

Mycoplasma merupakan sejenis organisme yang tidak masuk dalam kategori bakteri maupun virus. Namun organisme ini bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit pneumonia. Biasanya pneumonia yang disebabkan karena bakteri Mycoplasma terjadi pada remaja dengan rentang usia 16 hingga 25 tahun.

  • Pneumonia Jamur

Terakhir, jamur juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit paru-paru basah. Kasus ini sering terjadi pada orang yang sedang mengalami penyakit kronis atau saat kondisi sistem kekebalan seseorang sedang rendah.

Itulah beberapa penyebab penyakit pneumonia dan jenis yang bisa menyerang umat manusia. Sebenarnya, masih ada beberapa jenis pneumonia yang dibedakan menurut tempat terinfeksinya virus dan cara penularannya. Jika tidak ingin terkena penyakit ini maka Anda harus benar-benar menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Paru Paru Basah Sering Menyerang Balita

Ciri Ciri Penyakit Paru Paru Basah

Saat virus atau bakteri yang menjadi penyebab paru paru basah sedang aktif, biasanya tubuh akan menimbulkan beberapa gejala tertentu yang membuat kesehatan kita menurun. Beberapa ciri ciri penyakit paru paru basah yang sering terjadi, antara lain:

  • Batuk dan Nyeri Dada

Salah satu tanda yang sering muncul saat terjadi pneumonia adalah munculnya batuk disertai dengan dahak yang kental. Biasanya batuk tersebut terjadi secara terus menerus sehingga menimbulkan nyeri pada dada. Hal ini membuat penderitanya tersiksa karena sulit untuk mengendalikan nafas.

  • Demam Tinggi

Seperti penyakit lain pada umumnya, pasien penderita pneumonia juga menunjukkan gejala demam tinggi. Biasanya disertai dengan keringat dan badan yang menggigil di malam hari.

  • Hilangnya Nafsu Makan

Ciri ciri lain yang muncul ketika terjadi pneumonia adalah menurunnya nafsu makan. Rasa mual dan muntah juga sering muncul sebagai akibat batuk yang terus menerus terjadi.

Dari sekian banyak gejala yang harus diwaspadai, tanda yang paling mudah untuk mendeteksi pneumonia adalah batuk yang terus menerus terjadi. Jika Anda sudah batuk selama 1 minggu lebih dan tidak ada tanda-tanda membaik, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendeteksi apakah Anda terkena pneumonia.

Cara Mengobati Infeksi Paru Paru di Rumah

Berkonsultasi dengan dokter merupakan langkah yang tepat untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dokter juga akan memberikan saran terkait perawatan yang diperlukan guna menghentikan penyakit paru-paru basah. Selain menuruti apa yang dikatakan oleh dokter, Anda juga bisa mencoba beberapa cara mengobati infeksi paru paru di rumah dengan obat tradisional. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk meringankan pneumonia.

  1. Meredakan Batuk

Saat pneumonia mulai menyerang dan menimbulkan gejala batuk yang terus menerus, maka Anda bisa meringankan batuk tersebut dengan beberapa cara alami. Salah satunya adalah dengan berkumur dengan air garam selama 30 detik. Cara ini akan membantu untuk mematikan bakteri atau virus yang hinggap di tenggorokan. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali sehari.

Cara lain adalah dengan mengkonsumsi minuman hangat yang bisa melegakan tenggorokan. Teh Peppermint bisa menjadi pilihan terbaik untuk meringankan batuk berdahak yang terus menerus terjadi. Rasa hangat dari Peppermint juga bisa melegakan tenggorokan.

  1. Mengatasi Nafas Pendek

Akibat batuk yang terus menerus terjadi, penderita paru-paru basah akan memiliki nafas yang pendek. Sesak nafas pun bisa terjadi jika batuk tidak segera dihentikan. Untuk mengatasi nafas yang pendek, Anda bisa menghirup udara yang hangat dan lembap. Anda bisa menghirup uap dari air panas atau air teh untuk mengatasi sesak nafas.

  1. Meredakan Nyeri Dada

Batuk yang terjadi akan membuat dada terasa nyeri. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan meminum ramuan herbal alami bernama teh kunyit. Campuran kunyit yang sudah diperah dan teh yang diseduh dengan air panas akan membantu meredakan nyeri di bagian dada. Kunyit memiliki sifat anti peradangan yang akan menghentikan rasa nyeri. Untuk kombinasi lain, Anda juga bisa membuat teh jahe.

Baca juga : Penyebab Radang Tenggorokan dan Tips Mengobati dengan Cara Alami

  1. Meredakan Demam

Demam merupakan cara alami tubuh ketika kesehatan kita menurun. Demam biasanya akan muncul di tahap awal terjadinya penyakit paru-paru basah. Dokter biasanya akan memberikan obat penurun panas seperti paracetamol atau ibuprofen. Untuk mempercepat penurunan demam, Anda diharuskan mengkonsumsi banyak air putih agar tubuh tidak dehidrasi. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres dahi dengan air hangat.

Setelah mengetahui betapa berbahayanya penyakit ini, alangkah baiknya jika kita mulai menerapkan hidup sehat dan mencegah terjadinya paru-paru basah. Cara terbaik untuk mencegah pneumonia adalah dengan menjaga sistem imun tubuh tetap sehat. Jika Anda mulai merasa demam atau flu, mulailah mengurangi aktivitas agar bisa beristirahat dengan cukup. Penggunaan masker di tempat umum juga bisa meminimalisir terjadinya penularan bakteri atau virus penyebab paru-paru basah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *