Penyebab Periode Menstruasi Terlalu Cepat

haid terlalu cepat 2 minggu

Menstruasi merupakan siklus yang akan dialami setiap wanita setiap bulannya, siklus menstruasi setiap orang memang berbeda-beda, namun bagaimana jika menstruasi datang terlalu cepat dari waktu yang seharusnya? sebenarnya apa yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi?

Siklus menstruasi berkisar antara 21 hingga 39 hari, namun jika menstruasi terlalu cepat maka hal tersebut disebabkan karena beberapa hal, diantaranya sebagai berikut.

Penyebab Haid Terlalu Cepat

  • Olahraga yang Berlebihan

Olahraga yang intens dan berlebihan dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur, bahkan bisa berhenti beberapa bulan. Hal ini terjadi ketika olahraga yang anda lakukan membakar kalori jauh lebih banyak dari pada kalori yang anda makan. Dengan begitu, tanpa energi yang memadai maka tubuh tidak akan menghasilkan hormon reproduksi yang dibutuhkan untuk ovulasi secara normal.

  • Stres

Stres yang parah dapat mengganggu kerja hormon, tentu hal ini dapat mengganggu siklus menstruasi anda. Hal ini juga dapat terjadi pada seseorang yang sering mengalami kecemasan atau seseorang yang baru saja mengalami peristiwa tertentu yang dapat membuat stres, hal ini akan membuat hormon menjadi rusak. Tidak hanya mempengaruhi siklus mentruasi, stres juga dapat mempengaruhi penurunan berat badan, sulit tidur, hingga kesulitan menstruasi.

  • Infeksi Menular Seksual

Infeksi menular seksual seperti klamidia atau gonore merupakan penyakit seksual yang biasanya tidak memiliki gejala, namun seseorang yang mengalami penyakit ini dapat mengalami bercak darah sebelum masa menstruasi.

  • Penyakit Tiroid

Kondisi tiroid akan membuat tubuh lebih banyak atau lebih sedikit memproduksi hormon tiroid dari yang dibutuhkan oleh tubuh, dan hormon ini sangat penting bagi tubuh. Fungsi hormon tiroid diantaranya untuk metabolisme dan siklus mentruasi, gejala penyakit tiroid ini berbeda-beda untuk setiap kasusnya. Selain mempenaruhi siklus mentruasi ada gejala lain yang dapat timbul, diantaranya yaitu detak jantung berdetak lebih cepat, sulit tidur, hingga penurunan atau kenaikan berat badan yang signifikan.

  • Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan yang melapisi rahim mulai tumbuh di luar rahim, gejala yang biasanya terjadi yaitu perdarahan yang tiba–tiba, kram menstruasi yang parah, hingga rasa sakit selama atau setelah hubungan seksual.

  • Masa Pubertas

Pubertas biasanya dimulai ketika seorang wanita berusia 8-13 tahun, hormon reproduksi akan mempengaruhi siklus menstruasi ketika masa subur. Beberapa tahun pertama ketika mendapatkan menstruasi, hormon ini menjadi tidak teratur yang menyebabkan jumlah hari atau periode menstruasi anda lebih pendek dari yang seharusnya.

Baca juga : Bahaya dan Penyebab Makan Sabun dan Tanah

  • Perimenopause

Perimenopause merupakan masa transisi menuju menopause, biasanya terjadi pada usia pertengahan hingga akhir 40 tahun, masa ini biasanya terjadi selama 4 tahun dan kadar hormon akan berfluktuasi pada masa ini, sehingga mengakibatkan ovulasi terjadi secara tidak teratur. Contohnya menstruasi bisa datang lebih cepat atau lebih lambat.

  • Perubahan Berat Badan yang Drastis

Periode menstruasi yang datang terlalu cepat biasanya dikaitkan dengan penurunan berat badan yang sangat cepat, hal ini dapat terjadi ketika seseorang melakukan diet ekstrim atau mengalami gangguan makan, sehingga tubuh dapat berhenti memproduksi hormon reproduksi yang akibatnya akan membuat periode menstuasi tidak teratur.

beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya periode menstruasi yang datang lebih cepat

  1. tidur yang cukup setidaknya 8 jam setiap malam.
  2. konsumsi makanan yang sehat.
  3. Hindari olahraga yang berlebihan.
  4. pertahankan berat badan yang ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *