Penyebab Sariawan dan Tips Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami

Ada banyak jenis masalah kesehatan mulut yang bisa mengganggu aktivitas kita. Salah satu masalah mulut yang sering terjadi adalah sariawan. Ini merupakan sebuah kondisi dimana bibir mengalami luka kecil sehingga mengganggu aktivitas kita. Rasa sakit pada bagian tersebut bisa membuat kita kesulitan saat makan, mengunyah, atau bahkan saat berbicara. Bau mulut pun bisa terjadi saat sariawan muncul di bagian mulut. Perlu diketahui bahwa sariawan tak hanya muncul di area bibir saja, sariawan di tenggorokan juga merupakan salah satu kasus yang paling banyak terjadi di Indonesia. Hal tersebut membuat penderita merasa tersiksa saat menelan makanan atau menenggak minuman. Jadi tidak heran jika sariawan merupakan penyakit yang cukup serius dan harus segera diatasi.

Sariawan Bisa Diobati dengan Bahan Alami

Penyebab Terjadinya Sariawan

Dalam istilah medis, gangguan kesehatan ini disebut dengan canker sore. Luka biasanya terjadi di area mulut dan menimbulkan rasa sakit yang membuat penderitanya tidak nyaman. Luka tersebut biasanya berbentuk bulat dan berwarna putih kekuningan. Ukurannya pun bervariasi, mulai dari seperti bintik kecil atau bahkan terlihat seperti kawah berukuran besar di area mulut. Sariawan sendiri bukan jenis penyakit menular sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ada orang di sekitar Anda yang terkena masalah ini. Penyebab sariawan sendiri diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Virus

Infeksi bakteri ataupun virus yang mengendap di area mulut bisa menimbulkan luka pada dinding mulut, bagian bawah lidah, gusi, ataupun tenggorokan. Biasanya kasus ini terjadi pada orang yang tidak memperhatikan kesehatan gigi dan mulut.

  • Daya Tahan Tubuh yang Lemah

Sariawan juga bisa menjadi pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh kita sedang lemah. Saat daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12 atau asam folat, maka muncul luka kecil pada jaringan lunak di sekitar mulut. Untuk itulah Anda disarankan untuk rutin mengkonsumsi makanan sumber vitamin C agar tidak mengalami sariawan.

  • Faktor Eksternal

Penyebab sariawan yang lain adalah faktor eksternal, seperti saat lidah tergigit, mengunyah makanan yang terlalu keras sehingga melukai jaringan lunak pada rongga mulut, ataupun dipukul polisi sehingga terjadi luka terbuka pada area mulut.

  • Perubahan Hormon

Kasus ini biasanya terjadi wanita yang sedang ataupun akan mengalami menstruasi bulanan. Perubahan hormon yang terjadi membuat sariawan muncul secara tiba-tiba. Namun hanya sedikit perempuan yang mengalami masalah ini saat haid.

Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan dengan Obat Herbal

Pada umumnya, sariawan akan sembuh dengan sendirinya pada hari ke-3 atau ke-5 setelah kemunculannya. Tentu saja proses penyembuhan tersebut tergantung dengan besar kecilnya dan banyak tidaknya sariawan yang muncul. Dibutuhkan pula penanganan khusus dalam kondisi tertentu, misal minum dengan menggunakan sedotan agar lebih mudah. Anda juga diharuskan menghindari makanan yang terlalu panas atau terlalu pedas agar tidak memicu rasa nyeri tambahan.

Sedangkan obat yang digunakan sebagai cara cepat menyembuhkan sariawan bisa dipilih sesuai dengan kondisi penderita. Beberapa jenis obat sariawan yang alami meliputi:

  1. Air Garam

Garam mengandung senyawa anti radang dan anti bakteri yang bisa membunuh kuman dan bakteri yang bersemayam di rongga mulut. Anda hanya perlu menyeduh garam dengan air hangat pada sebuah gelas kecil. Lalu gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama 1 hingga 2 menit. Kumur pada bagian yang sakit secara perlahan, mungkin Anda akan merasa nyeri saat berkumur. Buang sisa kumur dan lakukan pada pagi dan malam sebelum tidur. Cara tersebut cukup efektif dalam meredakan nyeri dan mencegah sariawan membesar.

  1. Madu

Madu dikenal sebagai obat herbal alami untuk mengobati segala penyakit. Kandungan anti radang pada madu bisa mengurangi rasa nyeri sekaligus mempercepat penyembuhan luka akibat sariawan. Selain itu, rasanya juga lebih bersahabat dari pada larutan air garam. Anda pun hanya perlu mengoles madu pada bagian yang sakit. Cara tersebut bisa dilakukan kapan saja dan tidak ada batasan tertentu.

  1. Kantong Teh Bekas

Sering menyeduh teh kantong setiap pagi? Jangan buang sisa teh tersebut karena bisa digunakan sebagai obat sariawan di lidah. Anda hanya perlu menempelkan kantong teh bekas yang tidak terlalu panas pada bibir, lidah, ataupun rongga mulut. Teh mengandung senyawa asam alami yang bisa meredakan nyeri sekaligus sebagai antioksidan yang membunuh kuman di dalam mulut. Tempelkan selama 5 menit dan kumur dengan air bersih.

  1. Es Batu

Saat rasa nyeri terjadi dan sangat menyiksa, Anda bisa menggunakan es batu untuk mengompres bagian yang sakit. Pada dasarnya es batu tidak mengobati ataupun menyembuhkan sariawan, melainkan berguna untuk menetralisir rasa sakit dengan rasa dinginnya. Tapi jika sariawan sudah terlalu besar, disarankan untuk tidak mengompres dengan es batu.

  1. Minyak Kelapa

Buah kelapa sendiri memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Dalam aspek kesehatan, minyak kelapa asli dan murni bisa menjadi obat sariawan alami yang efektif dan ampuh. Kelapa juga dianggap bisa memberikan rasa sejuk karena sifat antiperadangan yang dikandungnya. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada bagian yang sakit sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Itulah 5 obat alami untuk mengobati sariawan pada bibir, lidah, ataupun rongga belakang mulut kita. Anda pun bisa mengkonsumsi obat kumur untuk sariawan di apotek yang dijual tanpa perlu resep dokter. Lakukan penanganan terbaik untuk mengobati sariawan dan gangguan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *