Penyebab Tidur Berjalan yang Perlu Diwaspadai

perawatan tidur berjalan

Penyakit tidur berjalan atau sleepwalking merupakan seseorang yang bergerak dan berjalan namun dalam keadaan tertidur, kondisi ini biasanya terjadi setelah seseorang tidur selama 1 hingga 2 jam. Keadaan tidur berjalan ini juga bisa terjadi mulai dari 5 hingga 20 menit setelah seseorang tertidur, sleep walker atau seseorang yang mengalami tidur berjalan bisa berjalan dalam keadaan mata tertutup maupun terbuka. Masalah tidur berjalan ini juga biasanya dialami saat tidur malam hari, keadaan ini tidak terjadi saat tidur siang karena saat tidur siang hari kondisi tidur tidak terlalu dalam.

Tidur berjalan juga memungkinkan seseorang untuk melakukan hal yang tidak wajar, seperti buang air kecil di tempat yang tidak seharusnya. Selain itu mereka juga tidak bisa mengingat apa yang telah terjadi pada saat tidur berjalan, tidur berjalan ini memiliki kaitan dengan masalah genetik, sehingga jika orang tua pernah mengalami hal ini maka anaknya juga bisa mengalaminya. Untuk penyebab memang belum dapat diketahui apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi, namun ada beberapa faktor seseorang bisa mengalami hal ini. Seperti kurang tidur, stres. kebiasaan tidur yang kurang teratur, ruangan tidur yang kurang nyaman, akibat penyakit tertentu, sleep apnea, hingga kejang.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi tidur berjalan ini diantaranya yaitu dengan menjaga keamanan. Seseorang yang mengalami tidur berjalan seperti ini bisa saja melukai dirinya sendiri atau bahkan berjalan ke luar rumah, dengan begitu bagi anda yang memiliki masalah ini atau untuk anda yang memiliki keluarga dengan kondisi seperti ini sebaiknya memastikan bahwa rumah terkunci dengan rapat pada saat malam hari, serta jauhkan benda tajam seperti pisau, gunting dan pastikan benda tersebut berada di tempat yang sulit untuk dijangkau.

Baca juga : 3 Fase Krusial Demam Berdarah, Gejala, dan Obat Herbal DBD

Tidak ada perawatan atau pengobatan secara khusus untuk menyembuhkan penyakit tidur berjalan. Namun ada cara yang bisa dicoba bagi orang dewasa yang mengalami hal ini, cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan hipnosis, tidur berjalan memang jarang berdampak serius. Ketika seorang anak sudah mulai tumbuh maka semakin hilang juga penyakit tidur berjalan, namun jika tidur berjalan ini sangat sering melukai penderita sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan tidur berjalan bisa dengan mengurangi faktor pemicunya, yaitu meminimalkan stres dan rasa cemas. Buat tubuh menjadi lebih rileks sebelum tidur, caranya seperti membaca, mendengarkan musik hingga mandi air hangat. Karena rasa lelah yang parah juga bisa menajadi pemicu seseorang tidur sambil berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *