Perbedaan Radang Tenggorokan vs. Amandel dan Obat Tradisional yang Ampuh

Amandel Berbeda dengan Radang Tenggorokan

Apakah Anda pernah merasakan nyeri saat menelan makanan? Apakah rasa nyeri di tenggorokan tersebut dibarengi dengan suhu tubuh yang meningkat? Jika iya, maka bisa dipastikan Anda mengalami gangguan pada tenggorokan. Selama ini banyak orang yang langsung memvonis bahwa mereka sedang mengalami radang tenggorokan. Namun kenyataannya prediksi tersebut tidak selalu sepenuhnya tepat. Ada beberapa masalah serius yang bisa terjadi pada tenggorokan Anda. Salah satunya adalah amandel. Oleh karena itu kita harus mengetahui penyebab tenggorokan sakit untuk memberikan vonis dan penanganan yang tepat terhadap masalah tersebut.

Selain bisa mengalami radang tenggorokan, Anda pun bisa mengalami masalah pada amandel yang tentu saja berbeda dengan radang tenggorokan. Jika radang tenggorokan terjadi karena adanya virus ataupun bakteri yang menginkubasi faring manusia, maka amandel merupakan radang yang terjadi pada kelenjar tonsil, yakni salah satu kelenjar yang bertugas sebagai sistem kekebalan tubuh dalam membunuh kuman ataupun virus yang melewati saluran pernapasan. Dengan kata lain, terjadinya radang amandel juga bisa menjadi indikasi bahwa ada virus atau bakteri yang mencoba menyerang tubuh kita. Melihat kondisi tersebut, penanganan kedua jenis masalah tersebut pun berbeda.

Radang tenggorokan bahkan sering disepelekan sebagai panas dalam sehingga bisa diobati hanya dengan rutin kumur dengan air hangat dicampur garam. Sedangkan untuk mengobati radang amandel dibutuhkan penanganan khusus agar bisa segera diatasi.

Penanganan Radang Amandel

Gejala pada radang tenggorokan dan amandel memang hampir sama. Biasanya penderita akan mengalami demam disertai rasa sakit untuk menelan. Tapi pada radang amandel, biasanya terjadi pembengkakan pada tonsil. Selain itu kalenjar tersebut juga terlihat lebih merah dari biasanya. Terkadang juga muncul warna putih atau kuning di area sekitar tonsil. Jadi jika suatu ketika tenggorokan Anda terasa sakit, coba gunakan kaca dan senter untuk melihat kondisi tonsil. Jika terjadi gejala yang disebutkan, maka Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan penanganan yang tepat. Apalagi jika kondisi berlangsung selama 4 hari tanpa menunjukan gejala yang membaik.

Cara mengobati amandel menurut dokter adalah dengan memberikan antibiotik yang harus diminum sampai habis agar sistem kekebalan tubuh kita kembali normal. Obat penghilang rasa nyeri dan rasa sakit juga diberikan kepada pasien agar bisa menelan secara normal tanpa merasakan sakit. Untuk sementara, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lembut dan mudah dikunyah seperti bubur, pisang, jelly, dan lain-lain. Disamping itu pasien juga harus mendapatkan air minum yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi. Istirahat yang cukup merupakan sesuatu yang wajib didapatkan agar proses pemulihan berlangsung lebih cepat.

Perlukah Operasi Amandel?

Selama ini banyak yang merasa khawatir jika terkena radang amandel karena berpikir bahwa harus dilakukan operasi untuk mengatasi masalah ini. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena operasi amandel biasanya hanya dilakukan pada anak kecil. Indikasi lain yang mengharuskan dokter melakukan operasi amandel adalah jika masalah ini muncul hingga 7 kali dalam 1 tahun karena penggunaan antibiotik sudah tidak bisa mengatasi amandel. Jika pasien mengalami kesulitan dalam bernapas atau pendarahan yang terus menerus, maka dokter baru akan mempertimbangkan apakah akan melakukan operasi. Tentu saja tindakan bedah dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal lain tergantung kondisi pasien.

Tentu saja hanya dokter yang bisa menentukan apakah bedah ringan perlu dilakukan. Dokter juga akan memberi tahu beberapa efek samping pasca operasi, prosedur operasi yang diambil, serta resiko infeksi yang bisa mempengaruhi kesehatan. Jangan ragu untuk bertanya pada dokter dan selalu berikan gambaran kondisi penyakit amandel Anda secara detail agar segera diatasi dengan baik.

Amandel Bisa Diatasi dengan Madu dan Air Lemon

Obat Tradisional Amandel Bengkak

Karena amandel merupakan jenis penyakit yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita, pengobatan alternatif yang dilakukan pun hanya sebatas memperkuat sistem imun tubuh. Dengan demikian antibodi bisa bekerja secara efektif dalam membunuh kuman penyebab infeksi amandel. Kami telah merangkum beberapa obat tradisional amandel bengkak yang bisa dikonsumsi untuk meringankan masalah ini.

  1. Bawang Putih

Selama puluhan tahun bawang putih sudah dikenal sebagai obat tradisional untuk menjaga kekebalan tubuh. Zat antioksidan dan anti bakteri serta senyawa antiviral pada bawang putih terbukti ampuh mematikan virus penyebab flu, pilek, dan juga amandel. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau jika tidak suka dengan rasa dan aroma bawang putih maka Anda bisa mencampurkan dengan minuman hangat.

  1. Kumur Air Garam

Garam yang dilarutkan pada air hangat lalu digunakan untuk berkumur setiap pagi dan sore bisa membantu meringankan rasa sakit pada tenggorokan. Garam mengandung antiseptik alami yang bisa mengatasi bakteri dan virus pada tenggorokan dan bagian dalam mulut. Kumur selama 1 menit dengan air garam dan biarkan selama 3 menit sebelum akhirnya mengkonsumsi air putih atau air teh untuk menghilangkan rasa asin di mulut.

  1. Kayu Manis

Bahan penyedap masakan yang memiliki aroma khas ini juga dikenal sebagai obat amandel yang alami. Kayu manis punya sifat anti mikroba yang menghambat penyebaran bakteri dan mikroorganisme di dalam tubuh. Anda bisa menyeduh kayu manis dengan air hangat dan mengkonsumsinya secara rutin. Rasa hangat akan membantu melegakan tenggorokan dan aroma kayu manis akan mengurangi bau mulut akibat radang amandel.

  1. Kunyit

Obat tradisional lain yang memiliki sifat antivirus adalah kunyit. Tanaman jenis temu temuan ini terbukti ampuh melawan infeksi di dalam tubuh kita, termasuk saat tonsil diserang bakteri. Campurkan kunyit yang telah ditumbuk pada segelas susu untuk diminum selama 2 hingga 3 malam berturut-turut.

  1. Air Lemon dan Madu

Campuran air lemon dan madu memang berkhasiat untuk mengembalikan daya tahan tubuh yang melemah. Kombinasi tersebut mengandung bahan yang sangat komplit. Lemon mengandung vitamin C yang berguna dalam menjaga kekebalan tubuh kita. Sedangkan madu memiliki sifat anti bakteri dan anti bakteri yang bisa membantu melawan virus dan penyakit. Anda bisa mencampurkan kedua bahan tersebut dengan air hangat dan menjadikannya sebagai minuman wajib pendamping antibiotik dari dokter.

Itulah 5 obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi amandel dan tentu saja bisa meringankan radang tenggorokan atau panas dalam. Perlu diingat bahwa kunci utama dalam mengatasi radang amandel adalah dengan menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Selama kita sehat dan mendapatkan asupan gizi yang cukup, maka tubuh secara alami bisa melawan berbagai jenis virus dan bakteri yang menyebabkan berbagai jenis penyakit.

Begitu pula jika Anda sudah terkena salah satu jenis penyakit tersebut, maka cara terbaik untuk melawan adalah dengan mengembalikan daya tahan tubuh kita. Lakukan anjuran dari dokter, konsumsi makanan bergizi, dan dapatkan istirahat yang cukup agar proses pemulihan bisa lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *