Pertolongan Pertama Saat Digigit Tomcat dan Perawatan Bekas Luka

Tomcat Mengandung Racun yang Mengiritasi Kulit

Tomcat merupakan serangga yang sempat menggegerkan pulau Jawa. Beberapa tahun yang lalu, serangan serangga ini membuat ratusan warga mengalami kulit kemerahan yang panas, gatal, bahkan membuat kulit melepuh. Istilah ‘digigit Tomcat’ pun sempat viral di Indonesia. Tomcat sendiri berukuran kecil, sekitar 1 cm saja dengan warna kombinasi hitam dan oranye. Serangga ini sering terlihat merayap meski memiliki sayap sehingga kita sering terlena dan beranggapan bahwa itu hanyalah seekor semut besar. Melihat bahaya Tomcat yang bisa mengganggu kesehatan kulit, ada baiknya kita mengetahui penanganan pertama jika kita digigit binatang ini.

Cara Mengobati Gigitan Tomcat secara Tradisional

Saat kita bersentuhan dengan Tomcat maka binatang ini akan mengeluarkan racun sebagai mekanisme perlindungan diri. Tapi sebagai akibatnya, racun tersebut bisa membuat kulit iritasi dengan berbagai gejala yang timbul. Jika hal tersebut terjadi, segera lakukan tindakan di bawah ini!

  1. Cuci Area Kulit

Jika hewan ini mendarat atau menggigit Anda di tangan, maka segera bersihkan area tersebut dengan air bersih agar racun tidak sepenuhnya terserap. Jangan menggosok kulit terlalu keras agar tidak merusak lapisan kulit luar. Bersihkan secara perlahan dengan air yang mengalir.

  1. Kompres dengan Air Dingin

Setelah mencuci bagian yang diserang, segera keringkan dengan handuk bersih. Lalu kompres area kulit yang ruam dengan air yang dingin untuk menghentikan rasa panas dan gatal. Hal tersebut juga mengurangi keinginan untuk menggaruk area yang diserang.

  1. Balur dengan Kunyit

Langkah selanjutnya, Anda bisa menumbuk dan menghaluskan satu ruas kunyit. Gunakan ramuan tersebut di sekitar luka agar tidak terjadi infeksi. Kunyit memiliki senyawa antiseptik dan anti inflamasi alami yang membantu mengobati iritasi kulit.

Baca juga : Khasiat Jus Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh Kita

  1. Jangan Pecahkan Benjolan

Jika muncul benjolan pada bekas gigitan Tomcat, jangan sekalipun berusaha memencet atau memecahkan benjolan. Cara tersebut juga bisa memperbesar resiko infeksi kulit dan waktu penyembuhan yang semakin lama.

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Tomcat

Setelah luka gigitan Tomcat sembuh, biasanya muncul masalah lain yang masih berkaitan. Ya, bekas gigitan Tomcat biasanya mengganggu keindahan kulit karena ada bercak hitam dalam jumlah yang banyak. Pada dasarnya, cara menghilangkan bekas gigitan tomcat bisa menggunakan krim atau salep kulit yang beredar di pasaran. Namun alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dianjurkan untuk memilih produk yang efektif menghilangkan bekas gigitan dan tidak menimbulkan masalah lain di kemudian hari.

Lama hilangnya bekas luka gigitan Tomcat juga bervariasi, tergantung dengan tingkat keparahan yang dialami oleh penderita. Jadi, Anda harus bersabar dalam proses perawatan bekas luka karena tidak ada yang instan. Yang paling penting, jaga kesehatan kulit agar regenerasi kulit berlangsung dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *